yamaha jatim
yamaha jatim
ALAT SERVICE MOTOR INJEKSI

Kampung Warna Warni Kalilo merupakan tempat yang sempat kang Majid kunjungi juga saat di Banyuwangi. Lokasi kampung ini masih berada di sekitaran pusat kota Banyuwangi, kalau kita berada di depan Masjid Agung Baiturrahman, kita tinggal geser kanan sedikit kurang lebih 50 meteran maka kita sudah bisa menjumpai kampung warna warni kalilo, lokasinya terlihat jelas dari bahu jalan raya.

Kampung warna warni sebenarnya banyak juga dijumpai di kota-kota yang ada di jawa, seperti di Yogyakarta, Malang dan juga di Banyuwangi. Gerakan warna warni ini membuat kampung yang dulunya kumuh menjadi terlihat bersih. Seperti Kalilo, kampung yang secara administrasi ada di kelurahan Singonegaran, Banyuwangi ini terlihat bersih, sungai yang membelah kampung terlihat bersih tanpa adanya sampah plastik yang umumnya banyak kita jumpai di sungai.

Penamaan Kalilo

Penamaan nama kalilo berasal dari dua unsur yakni sungai dan nama pohon. Nama lain dari sebuah sungai di jawa adalah kali dan pohon elo yang merupakan jenis pohon bringin yang dulunya banyak dijumpai di tepi kali. Dari dua unsur tersebut, jadilah nama kalilo yang sekarang ini kita kenal.

keyless

Penamaan kalilo sendiri ternyata sudah lama banget, bahkan sudah ada sejak jaman penjajahan belanda. Hal ini dibuktikan dengan adanya peta banyuwangi tahun 1915, di peta ada tulisan K.Loh, dimana huruf K merupakan singatan kali. Memang banyak sekali wisata di kabupaten Banyuwangi, namunĀ  kalau sudah ke banyuwangi maka saran kang Majid sempatkan untuk mampir ke Kalilo. Kampung warna warni yang bersih, dan keren.

Dari wisata Kampung Wara Warni Kalilo, kang Majid melanjutkan perjalanan Maxi Yamaha Virtual Touring menuju hutan yang lagi ngehits. Hutan purba peninggalan jaman belanda ini sangat instagramable, hutan ini dikatakan netizen seperti hutan yang ada di film Lord Of The Rings. Kali ini ngak perlu ke New Zealan untuk bisa menikmati pemandangan hutannya, cukup di Banyuwangi ada kok…

Hutan tersebut adalah De-Jawatan yang lokasinya ada di Desa Bencukul, Kecamatan Cluring, Banyuwangi. Dari Kampung warna warni kalilo kurang lebih 33 Km arah selatan. Ikuti terus ya perjalanan kang Majid, untuk hutan jawatan artikelnya bisa dilihat disini. (cicakkreatip)

2 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Comment moderation is enabled. Your comment may take some time to appear.