Remap ECU

Dalam motor baru, pabrikan telah memprogram ECU motor dengan spesifikasi tertentu. Spesifikasi yang dijadikan standar pada kendaraan dibuat berdasarkan beberapa pertimbangan, diantaranya dari sisi internal pabrikan dan regulasi pemerintah. Karena itulah ECU standar di program dengan beberapa batasan-batasan, contoh yang paling sering kita temui adalah batasan rpm, saat grip gas kita putar maksimal, maka akan terdengar suara mesin yang dibatasi (ngelimit), motor brebet. Bener kan?.

Bagaimana jika kita bisa menghilangkan batasan-batasan tersebut, bagaimana jika kita bisa memetakan ulang setingan? Pastinya ini akan membuat performa motor makin maksimal, motor makin galak. Pemetaan atau seting ECU standar ini populernya disebut dengan remap, maping ulang, reflash, atau pemetaan ulang. Banyak sekali bahasa bahasa yang muncul mengenai seting ECU motor standar.

Beberapa motor bisa di remap ulang dengan tool kusus (tergantung jenis ECU) yang bisa kita beli dan pelajari, makanya kang Majid akan bahas disini, supaya semuanya bisa remap ECU, atau minimal tau bahwa ECU standar bisa di remap. Mudah mudahan ini bisa menjadi solusi bagi yang suka performa, dan bagi bengkel, remap ECU bisa menjadi menu baru di bengkelnya. Okey, sudah tau istilah tentang remap ECU, sekarang kita bahas kelebihannya. Apa sih kelebihan dari repam ECU standar?

  • Kelebihan Remap ECU Standar?

Bagi pengguna motor injeksi yang suka memburu performa motor, solusi remap ECU standar ini sangat efektif dalam mendongkrak performa motor. Berikut poin-poin kelebihan dari remap ECU motor standar:

  1. Karena yang di Remap ECU motor standar, maka kita tidak perlu beli ECU racing
  2. Tidak perlu mengubah wiring/jalur kabel ECU, tetap mempertahankan standar pabrik
  3. Karena ECU standar pabrik, untuk kualitas, ketahanan, tidak perlu dipertanyakan lagi
  4. ECU dapat di remap berulang ulang sesuai keinginan kita
  5. Setingan remap yang kita lakukan tidak akan berubah (permanen)
  6. Setingan remap yang dilakukan bisa di kembalikan ke standar pabrik
  7. Peningkatan pada Horse Power (Hp) & Torque akan terasa signifikan
  8. Hasil remap bisa dipakai berkendara harian ataupun jarak jauh (touring)
  9. Masih banyak lagi keuntungan lainnya yang didapat bikers
  • Keuntungan Bagi Bengkel?

Bagi bengkel remap ECU ini bisa menjadi bisnis yang menjanjikan, saat ini belum banyak bengkel yang bisa mengerjakan remap ECU motor standar, kue nya masih besar, makanya peluang ini masih terbuka lebar, sangat lebar, tergantung kita mau mengambil kue yang masih besar itu apa tidak.

Untuk masalah income sendiri kang Majid bilang lumayan menggiurkan. Harga remap ECU standar sekarang ini paling murah adalah Rp 750 ribu hingga 1 jutaan per motor, coba bayangkan kalau sebulan kita bisa menerima konsumen minimal sepuluh atau dua puluh konsumen saja. Sudah kebanyangkan penghasilan kita berapa? Bisa bisa 20 juta tembus dalam satu bulan, wah bisa auto kaya hehehe.

  • Tool Remap ECU? Ada Software & Hardware

*Adaptor obd 2

1. Hardware : Tool disini dibagi menjadi dua, ada hardware dan software. Bagi ECU yang masih menggunakan K-Line sebagai komunikasinya, maka kita bisa memakai hardware adaptor OBD 2 (Gbr. diatas). Jadi nanti PIN dari adaptor yang jumlahya ada 16 tersebut dipakai sesuai kebutuhan motor, pin disesuaikan dengan soket K-Line tiap-tiap motor. Umumnya cuma 3 pin yang dipakai. Adaptor OBD 2 ini sebagai jembatan komunikasi antara ECU motor dengan perangkat komputer/laptop yang sudah terinstal software buat remap ECU. Adaptor OBD 2 bisa dibeli disini…atau lihat list tabel pembelian dibawah.

Gbr. Tampilan menu aplikasi HondaECU

2. Software Flash : Tiap merek memiliki software yang berbeda, untuk software kang Majid ambil satu contoh untuk motor Honda. Software yang umum dipakai buat remap motor Honda adalah HondaECU, software bisa dibeli. Software dibutuhkan untuk membaca data ECU yang memiliki format BIN dan menulis/flash kembali BIN yang sudah di remap atau di seting ulang ke perangkat ECU motor.

Gbr. Tampilan TunerPro

3. Software Editor : Sofware editor juga kita butuhkan, tanpa software editor kita tidak bisa remap atau memetakan ulang setingan ECU. Untuk software editor kita bisa memakai tool gratisan dan berbayar. Yang versi gratisan ada TunerPro yang versi berbayar ada EcuTuner.

TunerPro merupakan software yang bisa kita buat remap ulang, ingat hanya remap ulang. Untuk memasukkan hasil setingan (flash) ke ECU kita tetap pakai software HondaECU atau software khusus untuk membaca dan menulis kembali data ECU seperti HondaECU diatas.

Bedanya apa TunerPro dengan EcuTuner? Kalau pakai TunerPro kita harus memiliki file BIN dan XDF. File ini tiap motor beda beda, file BIN dan XDF nantinya sebagai bahan editor di TunerPro, tanpa file tersebut jangan harap bisa memetakan atau remap ECU. Untuk file BIN dan XDF bisa dibeli disini…atau lihat list tabel pembelian dibawah.

ECU Tuner

Beda dengan TunerPro. EcuTuner merupakan software yang sudah dirancang bagus,  bisa dibilang software mirip TunerPro tetapi didalamnya sudah dilengkapi dengan file BIN dan XDF berbagai merek motor (Yamaha, Honda, Suzuki, Kawasaki, Ect.). Jadi saat menggunakan EcuTuner kita ngak usah bingung cari file BIN dan XDF lagi.

Untuk bisa remap memakai software EcuTuner kita cukup install software secara gratis dan kita beli linsensinya, pembelian lisensi bisa per motor, jadi disesuaikan kebutuhan. Saat kita sudah membeli lisensi, maka kita sudah bisa remap data ECU yang nantinya kita bisa flash ulang ke ECU motor. Beli software dan lisensi EcuTuner bisa dilakukan disini…atau lihat list tabel pembelian dibawah.

Okey, sekarang sudah tau kan tentang keperluan yang harus dilengkapi supaya bisa remap ECU. Kang Majid ulangi lagi ya, ada tiga item yang kita butuhkan untuk remap ECU, ada Software, Hardware, dan File XDF & BIN, sisanya skill atau seni dari masing masing tuner dalam remap.

Sudah siap untuk remap ECU? Sudah siap buat motor kamu lebih kencang, sudah siap untuk dongrak omset bengkel? Langsung ambil tindakan, kumpulkan keperluan remap ECU mulai dari sekarang.

*Halaman ini masih tahap updating/pengerjaan