Teknologi Clutch By Wire Lagi Dipatenkan Honda

Diposting pada

Cicakkretaip.com – Friend, teknologi terus berkembang, yang dulunya cuma masuk angan angan kini mulai terealisasikan. Ketika kita mengenal Throtle By Wire yang merupakan teknologi throtle tanpa kabel seling, kini ada istilah baru nih, Clutch By Wire. Ini merupakan teknologi yang didaftarkan oleh Honda dalam hak paten, melihat namanya teknologi ini diterapkan pada sistem pemindah tenaga yakni kopling.

Clutch By Wire cara kerjanya atau prinsip kerjanya sama seperti throttle by wire, dimana selongsong gas sudah tidak lagi menggunakan kabel seling, tapi mengandalkan sensor dan aktuator yang mengendalikan komponen throttle.

Jadi friend, clutch by wire nanti juga sama tidak memerlukan kabel seling utuk menggerakkan sistem kopling, tapi cukup memakai sensor dan kabel. Tuas kopling nanti akan dimonitor secara elektronik, dan semuanya dikontrol oleh ECU.

Pasti lebih ringan jika kita menarik tuas kopling, karena main sensor, bisa saja terjadi, tetapi dalam teknologi ini Honda menyematkan alat reactive force generation device. Ini nih, alat ini fungsinya adalah memberikan sensasi kopling konvensional, ini dibutuhkan bagi para pengendara yang tetap menginginkan sensasi kopling yang ada pada saat ini.

Jika melihat gambar paten nya, sistem kopling elektronik ini akan tetap menggunakan tuas seperti biasa. Terlihat masih menggunakan tekanan hidrolik juga, cuman pada gambar juga terlihat layaknya motor elektrik. Clutch By Wire, impressinya gimana ya kopling tanpa kabel seling atau hidrolis.  (cicakkreatip)

Gambar Gravatar
Saya kang Majid selaku admin sekaligus penulis di cicakkreatip.com. Blog ini kang Majid kelola secara independen, mudah mudahan semua artikel yang ada di Blog ini bisa bermanfaat bagi teman teman sekalian. Jika perlu menghubungi kang Majid bisa melalui contact ini ; WhatsApp/Telp/SMS (085 733 637 733) E-Mail (adm.cicakkreatip@gmail.com) Happy reading :)

One thought on “Teknologi Clutch By Wire Lagi Dipatenkan Honda

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *