Tips Merawat Motor: Jangan Sampai Belum Tau Poin Poin Ini

Diposting pada

Cicakkreatip.com – Tips Merawat Motor selalu diinformasikan oleh pabrikan guna menjaga kondisi motor konsumennya supaya tetap prima. Tidak hanya sekedar prima, usia motor juga dipengaruhi oleh pewaratan motor itu sendiri loh…

Nah bicara mengenai perawata motor nih, ada informasi khusus yang diberikan oleh pabrikan Garpu Tala. Yamaha Jatim atau PT. Surya Timur Sakti Jatim selaku main dealer Yamaha Motor di Jawa Timur, Nusa Tenggara dan Kalimantan memberikan informasi Tips Merawat Motor, tips ini berkaitan dengan poin-poin yang harus diperhatikan saat kita memiliki motor baru.

Tips Perawata Motor ini diberikan langsung oleh Instruktur servis Yamaha Jatim, Dwi Suwanto mengatakan, “sebelum punya motor, konsumen wajib tau bagaimana perawatannya. apa saja yang harus diperhatikan supaya motor bisa awet” katanya.

Menurut Dwi Suwanto terdapat tiga komponen utama yang menjadi perhatian khusus demi menjaga motor dari kerusakan parah, tiga hal tersebut yang ada hubungannya dengan mesin, body (chasis), kelistrikan. Yuk kita simak baik-baik, apa saja perlakuan ke tiga piranti tersebut.

Perawatan Mesin:

Pemilik kendaraan bermotor harus memperhatikan kesehatan mesin, mulai dari check oli menjadi hal kecil yang paling paling gampang dan utama. Oli menjadi komponen penting bagi motor, tanpa pelumas, mesin akan mudah berkarat dan menyebabkan motor cepat rusak. Konsumen harus menjadwalkan pergantian oli mulai dari 2000 km – 3000 km atau setiap 2 bulan sekali, ini pun masih tergantung saran dari mekanik berdasarkan pertimbangan aktual di lapangan.

Selain oli, juga terdapat komponen penting untuk motor yaitu memperhatikan air radiator.  standar penggantian air radiator yaitu setiap satu tahun sekali. Airnya pun tidak diperkenankan menggunakan air biasa karena dikhawatirkan akan meninggalkan kerak, karena mudah menguap saat terkena panas mesin.

Dwi Suwanto menyarankan untuk menggunakan cairan khusus air radiator, bagi pengguna motor Yamaha dapat menggunakan Yamaha coolen. Cara mengetahui air radiator habis atau belum dengan mengecek sendiri airnya di tangki recovery / tangki penampung (Tangki Reservoir).

Perawatan Body:

Perawatan body motor juga menjadi syarat penting kendaraan tetap awet. Konsumen dianjurkan menjaga kebersihan motor. “Kebersihan itu penting, supaya komponen motor tidak cepat berkarat. Misal habis kehujanan kena lumpur tidak dicuci berminggu-minggu. dalam jangka waktu yang panjang akan mengakibatkan karat dan body cepat rusak”, ujar Dwi Suwanto.

Konsumen juga dianjurkan rutin mengecek ban dan menjaga tekanan ban di posisi normal, tidak keras dan juga tidak gembos, ban yang gembos dan digunakan terus menerus akan membuat velg bengkong.

Selain itu, wajib melakukan penggantian rem, apabila terasa rem sudah mulai blong atau habis, dianjurkan untuk segera diganti ke bengkel resmi, supaya menjamin keselamatan berkendara dan menjaga kondisi motor untuk selalu dalam kondisi terbaik.

Perawatan Kelistrikan:

Hal penting lainnya yang harus diperhatikan, karena aki atau baterai ini memiliki pengaruh terhadap lampu, starter dan komponen pendukung motor lainnya.

“Cek aki sebetulnya mudah karena kalau di motor besar seperti maxi sudah ada notifikasinya di speedometer, total voltase aki. Tapi  lebih mudahnya lagi ya disarankan pakai Y-connect terutama pengguna All new NMAX dan All New Aerox.”

Meskipun begitu, konsumen juga dianjurkan untuk rajin melakukan servis rutin ke bengkel resmi Yamaha. Informasi lebih detail mengenai servis rutin dan segala hal yang berhubungan dengan servis dapat mengunduh aplikasi My Yamaha di ponsel kesayangan. Lebih mudah motor tetap aman.

Nah Friend, itulah Tips Merawat Motor, tipsnya diberikan langsung oleh pabrikan. Ternyata simpel banget ya…. Teapi, meskipun terdengar mudah dan merupakan hal umum, tetapi biasanya perawatan motor seringkali terabaikan gara-gara padatnya aktivitas kita. Mudah mudahan dengan adanya Tips Merawat Motor ini kita makin rajin untuk merawat motor, yuk jaga motor kesayangan supaya tetap prima. (cicakkreatip.com)

Gambar Gravatar
Saya kang Majid selaku admin sekaligus penulis di cicakkreatip.com. Blog ini kang Majid kelola secara independen, mudah mudahan semua artikel yang ada di Blog ini bisa bermanfaat bagi teman teman sekalian. Jika perlu menghubungi kang Majid bisa melalui contact ini ; WhatsApp/Telp/SMS (085 733 637 733) E-Mail (adm.cicakkreatip@gmail.com) Happy reading :)

One thought on “Tips Merawat Motor: Jangan Sampai Belum Tau Poin Poin Ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *