Warna Oli Mesin Motor Hitam Bukan Berarti Waktunya Ganti

Diposting pada

Cicakkreatip.com – Friend, kang Majid mau tanya terutama bagi yang doyan ganti oli mesin. Berdasarkan indikator apa kalian mengganti oli mesin? Pasti ada yang jawab kilometer/jarak tempuh, satu lagi pasti berdasarkan warna oli. Jawaban pertama sih benar seperti yang direkomendasikan pabrik, tapi kalau jawaban kedua agak agak kurang yakin kang Majid, kenapa? Tau ngak sih warna oli mesin motor hitam belum tentu oli sudah jelek, ini seperti penjelasan Dwi Suwanto selaku Instruktur Yamaha Training Center Surabaya.

Dwi Suwanto selaku instruktur servis Yamaha Jatim mengatakan, “Oli sudah waktunya ganti kalau sudah lebih dari sebulan atau sudah mencapai maksimal 3000km. Tapi kalau semisal kita lupa kita bisa cek sendiri dengan menilai kualitas oli. Oli yang berwarna hitam itu belum tentu harus diganti” jelasnya.

Menurut Dwi, oli menghitam memang menjadi efek dari perubahan warna cairan yang disebabkan oleh perubahan suhu panas pada mesin sehingga meskipun masih satu minggu warnanya sudah menghitam bukan berarti olinya sudah tidak bisa di pakai.

“caranya mengetahui oli yang masih bisa dipakai ya harus dilihat, bisa pakai kuku gampangnya. Apabila masih ada warna bening diluar cairan hitam, artinya oli masih bisa dipakai. Kecuali oli menjadi hitam pekat dan tidak meninggalkan minyak sedikitpun.” ujarnya.

Oli memang menjadi salah satu komponen penting pada kendaraan bermotor. Pemilihan oli yang tetap juga menjadi pengaruh berapa lama oli dapat melumasi mesin dengan maksimal. Jadi, bagi pemilik motor Yamaha, sangat direkomendasikan untuk konsultasi dengan teknisi resmi Yamaha, tipe oli apa yang sesuai dengan motor konsumen.

oli-mesin-yamalube

Ada tingkatan oli yang masih bagus sampai sudah waktunya ganti. Ketika oli mesin di sentuh di kuku dan warnanya masih ada bening artinya oli masih bagus dan bisa di pakai. Berbeda jika warnanya benar-benar hitam pekat bahkan saat diletakan di kuku, artinya sudah waktunya ganti dengan oli yang baru. Pastikan untuk tetap menggunakan produk original dan melakukan servis kendaraan secara rutin.

Nah friend, sampai sini sudah tau kan kalau warna oli mesin motor hitam itu tidak bisa dijadikan indikator utama, tetapi sampai saat ini diluar sana masih banyak pakai indikator warna oli sebagai tanda waktunya ganti. (cicakkreatip)

Gambar Gravatar
Saya kang Majid selaku admin sekaligus penulis di cicakkreatip.com. Blog ini kang Majid kelola secara independen, mudah mudahan semua artikel yang ada di Blog ini bisa bermanfaat bagi teman teman sekalian. Jika perlu menghubungi kang Majid bisa melalui contact ini ; WhatsApp/Telp/SMS (085 733 637 733) E-Mail (adm.cicakkreatip@gmail.com) Happy reading :)

One thought on “Warna Oli Mesin Motor Hitam Bukan Berarti Waktunya Ganti

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *