Teknik Pengecatan Celup, Bikin Rangka Yamaha Terproteksi !

Diposting pada

Cicakkreatip.com – Kang Majid mendapat informasi menarik saat berkunjung di pabrik Yamaha yakni PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) yang ada di Pulo Gadung, Jakarta Timur, saat menghadiri acara Factory Visit pada hari Kamis, 31 Agustus 2023.

Selain berkunjung di bagian perakitan, ada beberapa sesi produksi yang menarik perhatian kang Majid. Termasuk cara Yamaha memproduksi rangka yang hampir zero dari insiden patah karena keropos.

keyless

Ternyata dari penjelasan pihak Yamaha dan dari melihat perakitan langsung yang ada di Pulo Gadung, Yamaha memiliki standart global dalam pembuatan rangka motor, salah satunya standart ketebalan material pipa baja yang digunakan serta standart pengecatan.

Dalam memilih ketebalan plat Yamaha tidak main-main, plat rangka Yamaha memiliki ketebalan 2,3mm. Nah ketebalan inilah yang berpengaruh terhadap durability rangka itu sendiri. Sedangkan untuk menghindari korusi akibat endapan air, selain telitih dalam menempatkan lubang drainase, Yamaha juga menerapkan teknik painting model celup (rangka langsung dimasukin cat cair).

Teknik pengecatan ini lebih efektif, karena dapat melapisi rangka bagian luar maupun setiap sudut atau lekukan rangka yang ada di dalam lubang. Ini membuat rangka Yamaha, hampir zero insiden patah karena terkena Korusi yang diakibatkan karena air. Proteksi rangka Yamaha melapisi luar dan dalam rangka. Sangat bagusđź‘Ť

Meski hampir tidak ada claim customer prihal permasalahan rangka keropos ataupun patah, jika didapati ada konsumen yang mengalami kejadian diatas, tetap akan dilayani Yamaha sesuai dengan regulasi yang diterapkan oleh Yamaha dengan mengikuti atau yang mengacu pada peraturan pemerintah disetiap negara.

Dyonisius Beti selaku Presiden Director & CEO PT Yamaha Indonesia Motor Manufaturing menambahkan bahwa jika ada kejadian rangka patah atau keropos “Claim sesuai prosedur, akan diganti baru denga estimasi 2 bulan produksi karena rangka merupakan part khusus. Namun jika ada kerusakan diluar part khusu atau part fast mofing yang tersedia di jaringan Yamaha, maka bisa langsung diganti di dealer tanpa nunggu produksi pabrik”.

Nah itu ya teman-teman, kenapa selama ini jarang ada rangka Yamaha yang patah karena korusi. Ternyata standart pembuatan rangka dari pabrikan Yamaha dijaga dengan sangat baik, sehingga insiden atau kasus rangka patah sangat minim. (cicakkreatip)

Gambar Gravatar
Saya kang Majid selaku admin sekaligus penulis di cicakkreatip.com. Blog ini kang Majid kelola secara independen, mudah mudahan semua artikel yang ada di Blog ini bisa bermanfaat bagi teman teman sekalian. Jika perlu menghubungi kang Majid bisa melalui contact ini ; WhatsApp/Telp/SMS (085 733 637 733) E-Mail (adm.cicakkreatip@gmail.com) Happy reading :)

2 thoughts on “Teknik Pengecatan Celup, Bikin Rangka Yamaha Terproteksi !

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.