Suara Tek Tek di Knalpot Saat Mesin Dimatikan

Diposting pada

Cicakkreatip.com – Friend, pernah ngak kalian mendengar suara tek-tek di area knalpot saat motor baru di parkir? Yakin rata rata kalian pasti sudah pernah mengalaminya. Hal ini cenderung terjadi hampir semua motor, terlebih motor baru keluar dari dealer. Tau ngak sih penyebab timbulnya bunyi tersebut dari mana? Yuk kita bahas bareng.

Penyebab Bunyi

Dari beberapa informasi yang kang Majid peroleh. Bunyi tek tek yang terjadi pada knalpot sepeda motor sebenarnya adalah bunyi antar plat knalpot yang menyusut secara tiba tiba. Knalpot yang semua memuai karena panas, telah berangsur angsur menyusut seiring suhu knalpot turun karena mesin dimatikan. Karena perbedaan kecepatan menyusut itulah timbul bunyi tek tek.

Dilarang Keras

Nah ini juga sekedar tips buat teman teman semua. Kenapa kita dilarang mencuci motor saat motor yang baru saja dipakai? Alasannya ada hubungannya dengan pemuaian tadi, jika kita paksa mengguyur bagian mesin dengan air, maka akibatnya sangat fatal.

Air akan membuat perubahan suhu yang drastis pada permukaan mesin yang memuai, akibatnya dalam waktu yang lama apabila terus dilakukan berpotensi membuat blok mesin retak dan menguning. Pernah kan mengalami gelas yang baru saja di isi air panas habis itu di isi air es. Yang terjadi? yaps Retak.

Okey, itulah penyebab bunyi tek tek pada knalpot saat mesin baru dimatikan. Ngak usah panik, karena motor kalian masih normal normal saja. Jika punya pengalaman lain, yuk share disini friends. (cicakkreatip)

Gambar Gravatar
Saya kang Majid selaku admin sekaligus penulis di cicakkreatip.com. Blog ini kang Majid kelola secara independen, mudah mudahan semua artikel yang ada di Blog ini bisa bermanfaat bagi teman teman sekalian. Jika perlu menghubungi kang Majid bisa melalui contact ini ; WhatsApp/Telp/SMS (085 733 637 733) E-Mail (adm.cicakkreatip@gmail.com) Happy reading :)

One thought on “Suara Tek Tek di Knalpot Saat Mesin Dimatikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *