Sejarah berdirinya ISIS…!! Awal Mulanya Adanya Kelompok ISIS Itu Kapan..?

Diposting pada

sejarah-berdirinya-isis-awal-mulanya-adanya-kelompok-isis-itu-kapan

Bro dan sis semua… ISIS, apa sih ISIS itu (baca disini…) Berdasarkan catatan Wikipedia, ISIS telah terbentuk karena adanya sebuah gejolak didalam negara Irak dan Suriah. Awal mula terjadinya hal ini ketika pasukan Amerika Serikat telah menyerang Irak karena di tuding telah membuat senjata  pemusnah masal pasa tanggal 18 Maret 2003 yang lalu.

Saat itu di bawah pimpinan presiden Hussein, Irak dengan mudahnya dapat di kalahkan oleh tentara tentara koalisi dari Amerika Serikat. Namun…tidak untuk rakyat rakyatnya, dimana beberapa rakyat Irak yang telah terhimpun dalam jajaran kelompok gerilyawan telah memilih untuk  mempertahankan negaranya dari serangan tentara AS.

Tepat pada 15 Agustus 2005, kelompok gerilyawan tersebut telah mempersatukan diri dengan membentuk sebuah Majelis Syura Mujahidin, dimana dengan berdirinya majelis tersebut akhirnya tepat 13 Oktober 2006, Negara Islam Irak telah di deklarasikan dengan mengangkat Abu Umar al-Baghdady sebagai pemimpinnya.

sejarah-berdirinya-isis-awal-mulanya-adanya-kelompok-isis-itu-kapan

Dengan berjalannya waktu, akhirnya Abu Umar al-Baghdady telah tutup usia dalam pertempuran, dan kala itu bersamaan dengan revolusi yang terjadi di beberapa Negara di Jazira Arab dan beberapa Negara di Afrika utara (mesir, Tunisia, Libya) maka posisi dari Abu Umar al-Baghdady telah di gantikan oleh Abu Bakar al-Baghdadi per 15 Mei 2010.

Pada waktu itu pula sebenarnya Suriah telah di landa demonstrasi besar besaran untuk menurunkan Presiden Bahsar Assad, tetapi sebuah upaya upaya tersebut telah disambut dengan aksi aksi kekerasan oleh tentara Suriah, maka dari situlah rakyat rakyat Suriah telah melakukan sebuah perlawanan melalui kelompok kelompok bersenjata yang ada.

sejarah-berdirinya-isis-awal-mulanya-adanya-kelompok-isis-itu-kapan

Lebih hebatnya lagi…kelompok kelompok bersenjata tersebut telah mendapatkan bantuan dari para pejuang di luar negeri, yang mana salah stunya adalah dari Negara Islam Irak. Imbas bantuan yang ada setidaknya membuat kelompok pejuang rakyat Suriah tersebut mampu untuk membebaskan beberapa kota.

Kota yang berhasil di bebaskan tersebut termasuh kota perbatasan dengan Irak, dengan adanya pembebasan tersebut, maka menyatulah beberapa kota yang ada di Irak dengan kota Suriah, yang mana penyatuan tersebut telah di naungi oleh Negara Islam Irak.

Nah…karena hal inilah yang telah menyebabkan pada 9 April 2013 terjadi pendeklarasian Negara Islam Irak dan Syuriah atau lebih kita akrab dengan sebutan ISIS dengan pimpinan Abu Bakar al-Baghdady. Tercatat hingga Maret 2014 ini, wilayah yang di kuasai ISIS telah meliputi 400.000 km2 di dua Negara tersebut. Ok…itulah sepenggal asal muasal pergerakan Islam state of Syiriyah and Irak ini, semoga berguna – cicakkreatip.com

Sumber: http://simomot.com/

=====================================================
Email          : adm.cicakkreatip@gmail.com                                                                    Facebook    : cicakkreatip@gmail.com                                                                                   Twitter       : @cicakkreatip

Artikel terkait :

[display-posts offset=”7″]

Gambar Gravatar
Saya kang Majid selaku admin sekaligus penulis di cicakkreatip.com. Blog ini kang Majid kelola secara independen, mudah mudahan semua artikel yang ada di Blog ini bisa bermanfaat bagi teman teman sekalian. Jika perlu menghubungi kang Majid bisa melalui contact ini ; WhatsApp/Telp/SMS (085 733 637 733) E-Mail (adm.cicakkreatip@gmail.com) Happy reading :)

14 thoughts on “Sejarah berdirinya ISIS…!! Awal Mulanya Adanya Kelompok ISIS Itu Kapan..?

  1. organisasi politik yang mampu membuat negara yang tidak di akui dunia dan membuat geger dunia…sayangnya mengatasnamakan agama islam yang rohmatallil ngalamin untuk di politisir sehingga pandangan dunia islam terlihat sebagai teroris karena mungkin prilaku sebagian kecil umat islam dan orang yang membenci islam….untuk saat ini mungkin tidak begitu berdampak langsung akan tetapi mugkin keturunan anak cucu kita entah generasi ke berapa dari kita akan berasumsi islam agama teroris bila tidak hati hati kang karena propaganda multimedia saat ini

  2. Pada awalnya tujuan terbentuknya organisasi ini terlihat ‘baik’ dgn alasan mempertahankan negaranya. Tapi kok semakin kesini, semakin buruk saja kelakuan organisasi ini? Malah tampaknya mereka seperti menindas sesama warga masyarakatnya?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *