yamaha jatim
yamaha jatim
ALAT SERVICE MOTOR INJEKSI

Musim Hujan Membuat Rantai Motor Kaku…!! Cara Mengatasi dan Mengantisipasi…

Diposting pada

Image

Bro dan sis… Kira kira yang punya motor dengan pemindah tenaga akhir menggunakan rantai (chain) pernah ngak mengalami rantai kaku, seperti yang terlihat pada gambar diatas… Terlihat emang dari jebretan pada rantai motor sport XXX tersebut telah mengalami kaku, kangbro coba sentuh dan meluruskan pakai tangan…ternyata lumayan juga kerasnya…hem, kira kira apa ya penyebabnya…?

Bukan menjadi hal yang luar biasa lagi, dan bukan hanya bisa terjadi pada motor sport saja, melainkan hal ini bisa terjadi pada semua kendaraan yang menggunakan rantai, dimana semua ini bisa juga terjadi pada motor sampeyan jika perawatannya terbengkalai, mengingat akhir akhir ini musim hujan kerapkali menyapa kita, dan tentunya imbas air atau lumpur jalanan akan menempel di rantai dan akhirnya akan menimbulkan terbentuknya karat, akhirnya rantai ngak bisa flexible lagi alias kaku.

Image

keyless

Untuk mencegah terjadinya hal tersebut, pastinya kita kudu rutin cek up kondisi rantai dan selalu membumbui dengan pelumas, minimal Oli lah…mengingat oli juga mempunyai zat anti karat dan juga bersifat sebagai bantalan, jadi cocoklah. Tapi bukan berarti Oli mesin selalu bagus, soalnya oli mesin juga bisa mengundang kotoran, terutama debu…jadi cocoknya apa kalau begitu..? kalau secara std. ya pakai pelumas khusus oli yang direkomendasika, sepertihalnya chain lub dan kawan kawannya.

Jika sudah terlanjur keras rantai kita, gimana dong..? yang bisa kita lakukan adalah mencuci rantai dengan bensin, atau sejenisnya, atau bisa juga dengan air sabun, kita cuci sampai bersih, lumpur karat sikat habis (jika rantai yang pakai O-ring tidak disarankan di cuci pakai bensin, takutnya O-ringnya bisa ngembang). Setelah bersih baru kita lumasi sama Oli atau yang lebih joss lagi yo pakai pelumas khusus rantai. Mudeng br…?  Jika ada yang mau nambai artikel ini monggo…!!

Nah bro…gimana dengan rantai motor sampeyan…? Sudahka sampeyan lumasi…? 😀

Salam cicak kreatip.com I By : Abd. Majid

Artikel terkait :

[display-posts offset=”7″]

Gambar Gravatar
Saya kang Majid selaku admin sekaligus penulis di cicakkreatip.com. Blog ini kang Majid kelola secara independen, mudah mudahan semua artikel yang ada di Blog ini bisa bermanfaat bagi teman teman sekalian. Jika perlu menghubungi kang Majid bisa melalui contact ini ; WhatsApp/Telp/SMS (085 733 637 733) E-Mail (adm.cicakkreatip@gmail.com) Happy reading :)

0 komentar

  1. persis rantai motorku 😀 kemarin punyaku aku rendam pake bensin, terus disikat-sikat.
    habis itu pasang dan kasih chain lub. lumayan, sekarang sudah gak keriting lagi.

  2. wahh….ane lg nyari solusi rantai motor ane yang kaku…singkat cerita.. pas ngeliat gambar rantai motor di atas…yg muncul dlm pikiran ane…masih ada yg lebih parah dr rantai ane ternyata,,wkwkwkwk
    makasih gan infox….

  3. wah ternyata masih ada yg lbih parah dr rantai motor ku !! tp saya blm paham bos tntang rantai Orings kok gak boleh dbersihin pke bnsin ,, rantai orings itu yg bgmna sih bos?? kalo motor saya honda blade 125 pgm f1 itu rantai orings bkn ya ?? honda bner2 payah msak bru umur 3bln rantai udh kaku !!! mohon pncerahan nya mas , !?? thankssss

    1. Oring yang kang majid tau adalah..rantau yg mrmakai ring jenis karet…rantainya memiliki ring karet yg berbentuk ‘o’ jika ring karet kena bensin pastinya molor..makanya ngak boleh di cuci bensin. 😀 scorpio contohnya

  4. Mw tanya Mas…saya sudah bersihkan rantai, direndem pk bensin kisaran 20 menit (alhmd ringnya gak ngembang :D), lalu dibersihkan satu persatu pakai koas dan tusukan gigi. Eh…nemu 3 potong yang kaku. Sampai saat ini kakunya masih saja gak bisa dilenturin, padahal sudah saya coba luruskan paksa pakai palu, obeng, dkk Kira2 tipsnya spt apa ya Mas?

Tinggalkan Balasan