Kapan Service CVT Yamaha Grand Filano?

Diposting pada

Cicakkreatip.com – Selain perawatan mesin, kelistrikan, dan sistem injeksi, teman-teman perlu juga merawat piranti sistem pemindah tenaga atau transmisi. Kalau pada motor matic dinamakan Continuously Variable Transmission (CVT). Memang transmisi ini kerjanya otomatis, tetapi perawatannya ngak ikut ikutan otomatis juga ya friend šŸ˜, CVT tetap dibutuhkan service rutin, seperti CVT punya motor classy Yamaha Grand Filano Hybrid Connected yang kali ini akan kang Majid bahas.

Kapan Waktunya Service CVT?

CVT memiliki peranan penting terhadap penyalur tenaga mesin menuju ke roda belakang. Jika bagian CVT bemasalah, maka tenaga mesin bakal loyo, konsumsi BBM menjadi boros, bahkan parahnya motor tidak bisa jalan. Makanya CVT dibutuhkan perawatan yang dilakukan secara priodik.

Informasi yang kang Majid dapat dari Aris Siswanto (2709) selaku Service Advisor (SA) dari Yamaha PT STSJ, “Untuk service CVT standar nya dilakukan setiap 12.000 kilometer dan kelipatannya. Service CVT sendiri meliputi pembersihan ruang CVT, penggantian grease komponen Secondary Sheave”

Apa Hanya Itu?

Tidak hanya grease saja yang perlu diganti teman-teman, ada dua piranti lagi yang perlu di chek atau diganti ketika sudah melewati waktunya. Piranti tersebut adalah oli gearbox belakang dan juga V-Belt.

keyless

Pengecekan kedua part ini dilakukan secara berkala setiap 3000 kilometer. Sedangkan untuk penggantian wajib oli gearbox ada di setiap 10.000 kilometer dan kelipatannya, untuk V-Belt sendiri dilakukan penggantian setiap 25.000 kilometer dan kelipatannya.

Pengerjaan & Jasa

Pengerjaan service CVT terutama Yamaha Grand Filano umumnya bisa diselesaikan kurang lebih 30 menitan. Sedangkan untuk jasa perawatan seperti ganti grease konsumen siapkan budget kurang lebih Rp. 75 ribu sampai Rp.100 ribu. Kalau ganti V-Belt siapkan budget tambahan buat beli V-Belt di kisaran Rp. 100 sampai 150 ribu-an.

“Untuk perawatan CVT tetap kita rekomendasikan di Yamaha Service Shop (YSS) karena jaminan penanganan oleh teknisi yang sudah bersertifikat serta Kami menjamin part original,” Imbuh Aris

Disetiap daerah mungkin harganya tidak sama, cuma selisihnya ngak jauh-jauh amat selagi masih dalam lingkup bengkel resmi Yamaha. Itu ya friend rekomendasi Yamaha buat service CVT khusunya pada Yamaha Grand Filano. Service CVT ini juga berlaku buat semua motor matic Yamaha seperti Fazzio, Nmax, Aerox dan kawan kawan-nya. Okey, sementara itu saja informasinya, next kita sambung lagi ya friend. šŸ˜ (cicakkreatip)

Gambar Gravatar
Saya kang Majid selaku admin sekaligus penulis di cicakkreatip.com. Blog ini kang Majid kelola secara independen, mudah mudahan semua artikel yang ada di Blog ini bisa bermanfaat bagi teman teman sekalian. Jika perlu menghubungi kang Majid bisa melalui contact ini ; WhatsApp/Telp/SMS (085 733 637 733) E-Mail (adm.cicakkreatip@gmail.com) Happy reading :)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.