Imbas Paking Knalpot Bocor…!! Sepele tapi berpengaruh…

Diposting pada

paking knalpot

Knalpot merupakan part yang memiliki peran penting di motor, apabila sosok knalpot ini dihilangkan (dicopot) atau mengalami kerusakan, penurunan tenaga mesin akan kita jumpai. Kerusakan kenalpot dapat digolongkan mulai hal yang kita anggap sepele sampai ke tingkat yang tinggi, dimana seperti yang akan kang Majid bahas ini, paking knalpot bocor…spele sih, tapi berpengaruh.

▪ Pasang knalpot Over racing di Yamaha R25..!! Jiah kok zo Punel suaranya…!

Paking knalpot…! part yang berbentuk lingkaran dan biasanya terbuat dari material kuningan, asbes dan lain sebagainya ini (Gbr. di atas) akan kita jumpai di sambungan antara ujung leher knalpot yang menempel dengan dudukan di kepala silinder. Biasanya kebocoran knalpot yang diakibatkan oleh paking ini dipengaruhi oleh usia motor itu sendiri atau karena adanya penggantian knalpot baru, karena kontur paking yang lama sudah penyok, maka terjadilah kebocoran.

perbedaan-motor-injeksi-dengan-karburator-fungsi-karburator-dengan-throttle-body-mbah-bogang-bertanya-bedanya-apa

▪ Apa dampak dari paking knalpot yang bocor ❓

Paking knalpot yang bocor akan berdampak pada konsumsi bahan bakar serta tenaga mesin akan mengalami drop. Tidak hanya itu saja sih…karena bocornya gas buang imbas lainnya adalah mesin mengalami over heating (panas yang berlebihan).

Hal ini terjadi karena ikut keluarnya campuran bahan bakar baru bersama sisa gas pembakaran secara baypass melalui kebocoran paking tersebut. Hal ini mengakibatkan BBM yang harusnya masih tertahan di knalpot ikut keluar bersama gas sisa pembakaran.

▪ Gimana cara mendeteksi paking knalpot bocor ❓

Sekarang ini coba dicek ya, terutama bagi penyemplak kuda wesi yang suka gonta ganti knalpot, atau yang merasa usia motor sudah tua, monggo di cek dengan mendengarkan secara langsung suara knalpotnya, hal ini bisa kita lakukan dengan mendengarkan suara desisan (ngowos 😀 ) disaat mesin dalam konsisi stationer ataupun dengan memainkan rpm mesin.

▪ Aplikasi Knalpot Over Racing Pada Yamaha R25, Tenaga tembus 33.3 dk dan torque 21.6..Kok yo Mantep.!!

Jika masih tidak terdengar, coba tutup ujung lubang knalpot dengan majun (kain) dan dengarkan suaranya sambil sesekali membetot gas, jika terdengar suara ngowos di leher knalpot, sudah pasti hal tersebut diakibatkan karena paking bocor, atau bisa juga leher knalpot yang kropos.

▪ Gimana cara mengatasinya ❓

Cara pengatasinya cukup simpel, monggo diganti paking dengan yang baru…pemasangannya juga diperhatikan mas bro ya…jangan di dobel sama paking lama, tapi usahakan paking lama di buang dan diganti dengan yang baru saja, pasalnya paking yang lama untuk materialnya sudah gepeng dan keras jadi tingkat kerapatannya juga sangat kecil.

Okey….itu dulu cerita mengenai knalpot ngowosnya 😀 mudah mudahan bermanfaat, oh zo…ye’opo knalpot motormu rek!! ngowos opo ora? 😀 – cicakkreatip.com

Artikel terkait :

[display-posts offset=”7″]

Gambar Gravatar
Saya kang Majid selaku admin sekaligus penulis di cicakkreatip.com. Blog ini kang Majid kelola secara independen, mudah mudahan semua artikel yang ada di Blog ini bisa bermanfaat bagi teman teman sekalian. Jika perlu menghubungi kang Majid bisa melalui contact ini ; WhatsApp/Telp/SMS (085 733 637 733) E-Mail (adm.cicakkreatip@gmail.com) Happy reading :)

21 thoughts on “Imbas Paking Knalpot Bocor…!! Sepele tapi berpengaruh…

  1. Punya ane baru seminggu ganti koq langsung bocor lagi ya bro apa gara2 beli pakingnya yg se harga 6rban aja ya

    1. bisa jadi bro…tingkat materialnya yang kurang bagus 😀 tapi bisa juga akrena pemasangan yang kurang tepat alias miring bisa juga jadi penyebabnya…monggo di cek 😀 tq sudah mampir bro.. 😀

      1. Iya bro sama2 soalnya artikel ente nyambung sama yg lagi ane alami
        Oh iya kalo yg bagus itu harga standarnya berapa ya bro

  2. Ping-balik: Acuan Ketika Ganti Knalpot Aftermarket..! berikut salah satu kunci simpelnya… | cicakkreatip.com
  3. Udh ganti, si pies klo gk salah sama am bebeknya yamaha(lupa2 ingt cz udh lama) gk ampe 5rb trus bli 2 skalian, awet ampe skarang yg 1nya lum kpake

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *