ECU Honda Vario 150 Keyless Jebol Gara Gara Bengkel Main Jumper Kabel…

Diposting pada

Sebenarnya pengalaman ECU jebol sudah tidak begitu asing di era motor injeksi, penyebab ECU jebol (rusak) ini biasanya dipicu karena adanya hubungan pendek (short) pada rangkaian wiring yang menuju ke ECU, contohnya seperti kesalahan dalam pemasangan aksesoris, atau mekanik bengkel main jumper kabel dalam penyelesaian trouble shooting. Contoh ke dua ini persis banget yang baru saja teman kang Majid alami, ECU Honda Vario 150 Keyless Jebol Gara Gara main Jumper Kabel, apa yang harus dilakukan kalau sudah terlanjur jebol?

Ceritanya kang Majid jabarkan dulu ya. ECU honda vario 150 keyless milik teman kang Majid asal Surabaya ini sebelumnya masih normal normal saja, setelah remote dan id remote motornya hilang, barulah menjadi awal permasalahan ECU jebol. Saat motor dibawa ke bengkel umum terdekat, mekanik mencari insiatif supaya motor bisa nyala dengan remote, akhirnya beberapa kabel ada yang di jumper dan knob bisa di ON, speedometer pun bisa nyala. Mungkin ya dalam fikiran mekanik bilangnya YESSSS BERHASIL, tetapi tidak cukup di situ teman… karena ini keyless (smart key sistem) meski speedo nyala, motor tidak bakal bisa dinyalakan karena remote tidak ada di samping motor. Jadi sia sia teknik jumper yang dilakukan oleh mekanik saat itu.

Awalnya ngak tau kalau dari proses jumper tadi ECU sudah jebol, meski saat itu sudah ditandai dengan salah satu sekring utama putus karena short (konslet). Usaha pertama gagal, motor masih tidak bisa dinyalakan, saat itu barulah teman kang Majid pergi ke beberapa dealer terdekat, ternyata untuk mengatasi remote & id remote hilang harus ganti ECU, Receiver, Remote. Bisa dibilang penggantian secara set (assy). Karena harga penggantian lumayan mahal dengan estimasi sama ongkos pasang 3 juta lebih, maka disini teman kang Majid minta bantuan kang Majid supaya dibikinkan ID remote baru supaya ngak usah ganti sparepart komplit, tetapi cukup beli remote baru seharga 300 ribu saja.

ID remote berhasil kang Majid buatkan, remote baru juga sudah berhasil di register, knob bisa di ON dan kelistrikan semua nyala normal. Disinilah ketahuan, saat knob ON ternyata logo engine chek injeksi di speedometer nyala terus yang artinya ECU tidak merespon signal dari Receiver/SCU. Hal ini terbukti, ketika motor coba dinyalakan, motor tidak bisa nyala, ACG stater tidak mau berputar. Ini mulai muter kepala, ECU jebol kuy… harganya ECU saat itu beli di part shop Honda kurang lebih Rp. 1.250.000.

Kang Majid saat itu chek balik kondisi ECU, coba tancepin scanner Honda Versi Android, dan ternyata benar, ECU tidak bisa terkoneksi ke scanner dan saat itu juga ditandai dengan lampu MIL (engine check) nyala terus. Yaudah fig ECU jebol. Karena sudah yakin, maka saat itu ECU baru telah di tebus dan dipasang deh ECU baru dengan terlebih dahulu meregister id dari Receiver/SCU ke ECU baru. Yaps, saat terpasang semua, motor akhirnya bisa dinyalakan kembali. Perjuangan mahal, itulah yang dirasakan teman kang Majid, pengalaman berharga, pasalnya baru pertama kali memakai motor dengan keyless.

Jadi buat teman teman, jangan mudah jumper jalur kelistrikan ya, apalagi motor injeksi. Rawan banget, harga ECU ngak murah hehehe. Bagi teman teman pengguna motor keyless, namanya teknologi smart key system, meski kelistrikan masuk, speedometer nyala, motor tidak bakal bisa dinyalakan selagi remote tidak ada di dekat motor.

Jika remote hilang… mending ganti sparepart komplit ke Dealer/ Ahass terdekat, atau bisa pakai cara alternatif dengan dibuatkan ID remote baru seperti teman kang Majid ini. Jangan sampai maunya irit, malah habis banyak gara gara salah penanganan 🙂 (cicakkreatip)

  tonton langsung di youtube : https://youtu.be/W62yPLFdknQ

Gambar Gravatar
Saya kang Majid selaku admin sekaligus penulis di cicakkreatip.com. Blog ini kang Majid kelola secara independen, mudah mudahan semua artikel yang ada di Blog ini bisa bermanfaat bagi teman teman sekalian. Jika perlu menghubungi kang Majid bisa melalui contact ini ; WhatsApp/Telp/SMS (085 733 637 733) E-Mail (adm.cicakkreatip@gmail.com) Happy reading :)

2 thoughts on “ECU Honda Vario 150 Keyless Jebol Gara Gara Bengkel Main Jumper Kabel…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *