Ciri Ciri Battery Remote Keyless Yamaha Habis

Diposting pada

Motor Yamaha Freego sudah menggunakan smart key system, cukup dengan mendekatkan remote motor sudah bisa dinyalakan. Remote dibekalai dengan battery, seiring pemakaian motor maka battery akan habis, nah dari sinilah kita perlu mengganti battery jika habis. Bisa ganti sendiri atau bisa dibawa ke bengkel resmi Yamaha terdekat.

Tanda Tanda Battery Mau Habis/Habis

  • Jika battery mau habis buzzer answer back tidak bisa bunyi
  • Hanya lampu sein saja yang berkedip saat tombol answer back di tekan
  • Jika battery habis maka knob tidak bisa di putar (ON/Off)
  • Motor tidak bisa dinyalakan (kecuali pakai mode darurat)

Yang Perlu Diperhatikan

Ganti battery sesuai dengan spesifikasi, dalam remote Yamaha battery bermerek Panasonic, 3 Volt. Ingat harus sesuai, kita bisa membeli battery di bengkel Yamaha (jika stock tersedia), di toko/tukang reparasi jam (biasanya stock banyak), atau di toko elektronik. Kalau enggan berpergian bisa juga memanfaatkan market place seperti Bukalapak, Tokopedia, Shopee, Lazada dan lainnya. Yang perlu di perhatikan sekali lagi, spesfikasi harus sama!

Efek Salah ganti Battery?

Bentuk sama, voltase sama, tapi merek beda. Secara rangkaian ngak bakal merusak remote, tetapi pengaruhnya pada fungsi remote saja, kenapa? Saat battery yang dipasang tidak sesuai bawaan, remote tidak bisa berfungsi, motor tidak bisa dinyalakan. Ini kang Majid temukan dari teman kang Majid yang ada di Yamaha Indo Perkasa Jombang, Cak Udin.

Konsumen pengguna Yamaha Freego S datang ke bengkel, mengeluhan remoteya ngak bisa dipakai. Dari cerita konsumen batterynya habis, terus diganti battery sendiri. Setelah di chek teknisi Yamaha, ternyata batterynya tidak sesuai spesifikasi. Tindakan yang dilakukan saat itu remote lansung diganti dengan battery remote yang sesuai dengan spesifikasi dan remote lansung bisa dipakai. Kesimpulannya, spesifikasi wajib pas. Ini gambar battery bawaan sama battery yang tidak sesuais pesifikasi.

Mudah mudahan artikel ini bisa membantu menjawab pertanyaan teman teman yang mengalami kendala serupa, habis ganti battery tetapi remote belum bisa aktif. Ingat, masalahnya sepele, ganti battery yang sesuai bawaan motor. (cicakkreatip)

Gambar Gravatar
Saya kang Majid selaku admin sekaligus penulis di cicakkreatip.com. Blog ini kang Majid kelola secara independen, mudah mudahan semua artikel yang ada di Blog ini bisa bermanfaat bagi teman teman sekalian. Jika perlu menghubungi kang Majid bisa melalui contact ini ; WhatsApp/Telp/SMS (085 733 637 733) E-Mail (adm.cicakkreatip@gmail.com) Happy reading :)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *