Service SGCU Yamaha Lexi Kode Er1

Diposting pada

Cicakkreatip.com – Kerusakan SGCU atau ECU memang banyak variannya, seperti yang kang Majid tangani kali ini, SGCU Yamaha Lexi keluar kode Er1. SGCU ini kiriman dari mas Ogi dari bengkel RJM Motor yang ada di kota Bandung Jawa Barat. Kejadian ini menimpa motor salah satu pelanggnya. Saat ini motor bisa nyala, namun tidak bisa dimatikan, meski kotaknya posisi off.

Keruskan Er1 juga juga membuat Idle Speed Control (ISC) tidak berfungsi dan saat di konekin scan tool tidak bisa terhubung. Kejadian ini muncul setelah ganti kabel body, dimana sebelumnya kabel body motor ini sudah banyak di jumper. Makanya indikasi timbulnya keruskan ini muncul disebabkan adanya konslet pada kabel body.

keyless

Jika melihat user manual Yamaha. Kode Er1 memang disebabkan karena adanya kerusakan pada internal sirkuit. Pengalaman kang Majid biasanya terjadi karena kabel body gandeng (short), bisa juga karena adanya konsleting pada komponen sensor-sensor dan pemasangan aksesoris kelistrikan.

Setelah kang Majid chek, memang benar, salah satu pengaman tegangan masuk ke SGCU jebol. Komponen tersebut berupa dioda short key. Komponen ini sebagai pengaman apabila ada short pada jalur input sehingga komponen vital SGCU lainnya bisa terselamatkan.

Habis di ganti langsung dicoba di motor, kebetulan kang Majid punya Yamaha Lexi. Alhamdulillah motor normal, bisa menyala, kode kerusakan sudah hilang dan motor bisa on-off normal. Kode Er1 Yamaha Lexi sudah teratasi. Insya Allah besok langsung dikirim balik ke konsumen. Thanks (cicakkreatip)

Gambar Gravatar
Saya kang Majid selaku admin sekaligus penulis di cicakkreatip.com. Blog ini kang Majid kelola secara independen, mudah mudahan semua artikel yang ada di Blog ini bisa bermanfaat bagi teman teman sekalian. Jika perlu menghubungi kang Majid bisa melalui contact ini ; WhatsApp/Telp/SMS (085 733 637 733) E-Mail (adm.cicakkreatip@gmail.com) Happy reading :)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.