Sensor Yang Berperan Pada Teknologi YECVT Nmax Turbo!

Diposting pada

Cicakkreatip.com – Terdapat penambahan sensor di bagian CVT yang tidak kita temukan pada motor matic sebelumnya. Penambahan sensor ini dibutuhkan untuk menunjang kerja dari teknologi Yamaha Elektronik CVT (YECVT) yang di klaim Yamaha pertama kali di dunia dipasang pada kendaraan roda 2 Yamaha Nmax Turbo.

Sensor yang berperan penting di teknologi YECVT supaya bisa bekerja dengan maksimal ada 3, yakni Sensor Motor Position Primary, Speed Sensor Scondary dan Throtle Position Sensor. Fungsinya apa?

keyless

Sensor Motor Position Primary

Sensor ini letaknya ada di bagian pully primary, letaknya ada di atas dengan casing hitam layaknya sensor TPS di Throtle body.

Sensor ini memakai resistor untuk mendeteksi pergerakan motor YECVT atau mendeteksi sudut dari pully primary. Jika sensor ini tidak bekerja, maka motor tidak akan bisa nyala.

“Yang terjadi indikator engine check terutama CVT akan berkedip, saat motor di stater akan nyala sebentar habis itu mati lagi karena sensor belum singkron” penjelasan Fery selaku Instruktur Service PT. YIMM saat acara workshop kemarin (21/06).

Sepeed Sensor Scondary

Sensor ini terdapat di bagian pully Scondary, sensor ini layaknya sensor speed yang dipasang di bagian roda. Sensor ini difungsikan untuk mendeteksi putaran pully Scondary, yang nantinya dilanjutkan menuju Tranmission Control Unit (TCU) dan Starting Generator Control Unit (SGU).

Sensor ini membaca tonjolan di Scondary Sheave yang berjumlah 8. Merut informasi yang kang Majid dapat, berbeda dengan sensor primary, jika terdapat kerusakan pada sensor ini motor masih bisa dinyalakan, tetapi YECVT tidak bisa bekerja dengan normal.

Throtle Position Sensor (TPS)

Sensor ini merukapan piranti yang bekerja pada sistem fuel injection, namun sensor ini juga berkontribusi untuk memberi masukan pada Tranmission Control Unit (TCU). TPS berperan membaca sudut bukaan gas yang akan membuat TCU bisa mengambil tindakan untuk membuat motor YECVT bekerja dengan tepat.

Kemarin kang Majid sempat mencoba diatas dynotest, saat membuka gas secara tiba tiba maka mode Yshif akan langsung berubah ke mode 1 tanpa dipencet tombol Yshift. Bukan hanya itu, saat mode Yshift kang Majid seting di angka 3, dan saat itu gas di tutup tiba tiba ternyata modenya berubah 0 atau netral, ini menandakan bahwa Tranmission Control Unit (TCU) juga dapat inputan dari sensor TPS.

Okey, jadi itu informasi baru terkait teknologi YECVT pada Nmax Turbo yang kang Majid dapat saat acara Workshop bersama Yamaha kemarin (21/06). Mudah mudahan bermanfaat. Thanks! (cicakkreatip)

Gambar Gravatar
Saya kang Majid selaku admin sekaligus penulis di cicakkreatip.com. Blog ini kang Majid kelola secara independen, mudah mudahan semua artikel yang ada di Blog ini bisa bermanfaat bagi teman teman sekalian. Jika perlu menghubungi kang Majid bisa melalui contact ini ; WhatsApp/Telp/SMS (085 733 637 733) E-Mail (adm.cicakkreatip@gmail.com) Happy reading :)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.