Teknologi MotoGP Pun Sudah Dipakai Nmax Lite Version!

Diposting pada

Cicakkreatip.com – TCS merupakan fitur yang membantu mendeteksi perputaran atau kecepatan roda depan dan belakang, hal ini bertujuan untuk mencegah terjadinya ban selip saat sedang berakselerasi. Terutama ketika berada di landasan yang licin karena memiliki potensi untuk membuat ban selip. Nah yang menarik teknologi yang sebelumnya sering kita jumpai di MotoGP sekarang sudah ada di Yamaha.

Teknologi TCS sudah diterapkan di Yamaha Nmax Lite Version. TCS ini sengaja dibuat demi meningkatkan keamanan berkendara. Fitur ini mendukung kinerja rem ABS yang memberikan hasil pengereman lebih mulus. Pengendara yang melakukan rem mendadak di jalanan yang licin, tingkat kecelakaan lebih kecil dibandingkan tanpa fitur tersebut.

keyless

Cara kerja fitur TCS ini menggunakan sensor speed yang bisa mendeteksi apabila terjadi perputaran ban yang berlebihan ketika akselerasi, menjadi sebuah pertanda akan terjadinya slip. Informasi tersebut dikiriman ke Electronic Control Unit (ECU) untuk mengatur sistem melakukan pengereman tanpa mematikan mesin, dibantu dengan teknologi Anti-lock Braking System (ABS).

Nah, yang perlu diketahui juga, fitur TCS bisa di ON dan OFF. Karena ngak semua medan jalan mendukung fitur ini aktif, ada kalanya saat konsi jalan tertentu seperti kondisi motor kejebak di lubang, maka TCS wajib ditiadakan. Makanya Yamaha membuat fitur ini konsional. Bagaimana cara off/on fitur TCS? Berikut cara mudah untuk mengoperasikan TCS guna menyesuaikan dengan kebutuhan pengendara. 

  • Tekan tuas pengatur speedometer yang berada di balik setir sebelah kiri, tombol tersebut pas berada di atas rem belakang.
  • Operasikan tuas pengatur tampilan spedo dengan menekan tuas sambil memperhatikan perubahan pengaturan di speedometer.
  • Pilih pengaturan dengan bertulisan TCS sebelah kiri bawah dengan tulisan informasi on/off  di sebelah kanan bawah.
  • Kemudian tekan tuas hingga 3 detik untuk untuk mengaktifkan atau mematikan fitur TCS.
  • TCS yang dinonaktifkan ditandai dengan logo TCS yang menyala berwarna orange di bar notifikasi speedometer, begitu pula sebaliknya.
  • Untuk kembali ke pengaturan awal, tekan tuas satu kali untuk menu odometer.

Bagaimana friend, sudah tau kan bahwa teknologi TCS sudah ada di motor harian. Oke…sementara itu dulu ya friend informasi yang kang Majid bagi. Untuk informasi tentang motor Yamaha lebih detailnya bisa berkunjung di website resmi Yamaha Jatim (PT STSJ) di www.yamaha-stsj.com (cicakkreatip)

Gambar Gravatar
Saya kang Majid selaku admin sekaligus penulis di cicakkreatip.com. Blog ini kang Majid kelola secara independen, mudah mudahan semua artikel yang ada di Blog ini bisa bermanfaat bagi teman teman sekalian. Jika perlu menghubungi kang Majid bisa melalui contact ini ; WhatsApp/Telp/SMS (085 733 637 733) E-Mail (adm.cicakkreatip@gmail.com) Happy reading :)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.