Asal Usul Frame Delta Box Yamaha!

Diposting pada

Cicakkreatip.com – Dalam dunia otomotif, ternyata penggunaan frame atau rangka sepeda motor itu terdapat dua golongan pembeda. Yang pertama frame dibedakan berdasarkan Klasifikasi dan Bentuk Model, sedangkan yang kedua dibedakan berdasarkan material yang digunakan untuk meracik rangka itu sendiri.

Kalau berdasarkan model adalah jenis rangka diamon, crandel backbone, unit swing engine, square pipe dan delta box. Sedangkan kalau berdasarkan material ada jenis steel pipe, aluminum alloy, steel plate frame dan steel pipe steel plate. Semu jenis bakal panjang kalau diulasa satu persatu, makanya pada artikel kali ini kang Majid akan ulasa satu jenis dulu, jenis delta box. Digunakan dan seperti apa rangka ini?

keyless

Delta Box

Frame jenis delta box ini terdiri dari sisi rangka utama yang tergabung dengan garis lurus dari bagian kemudi ke bagian pivot belakang, sehingga bentuk dari rangka terlihat seperti segitiga jika dilihat dari sisi samping. Frame ini disebut delta box karena layout frame yang berstruktur rongga. Bentuk penampang memiliki struktur kotak. Dengan meningkatkan luas penampang, dapat menghasilkan rigitas yang sangat tinggi serta ringan. Bahkan claim dari Yamaha sendiri frame jenis ini mempunyai kekauan 4x lipat dari frame pada umumnya.

Aplikasi di Motor

Frame jenis ini semula hanya ada pada motor super sport Yamaha saja, tetapi setelah terjadi evolusi, jenis rangka ini diterapkan pada kendaraan lainnya terutama dari keluarga R seris seperti kendaraan MotoGP YZR 500. Jika di Indonesia sendiri, frame delta box mulai  populer di tahun 2007, dimana Yamaha Indonesia saat itu memakai frame jenis delta box pada motor sport 150cc yakni Yamaha Vixion dan R15.

Saat itu rangka jenis ini menjadi primadona. Selain mempunyai teknologi tinggi, desain nya banyak disukai para pecinta motor sport 150cc. Tampilan motor terlihat makin kokoh dan tentunya menjadikan motor sangat ganteng maksimal. Wajar di era motor sport masih belum tergilas motor matic, sport Yamaha yang sudah memakai frame delta box pasti menjadi pilihan wajib.

Sudah tau kan bagaimana asal usul frame delta box Yamaha? Btw… mumpung lagi ngomongin frame nih, sudah tau belum kalau saat ini Yamaha Indonesia lagi mengeluarkan gebrakan baru tentang frame. Seperti yang diinformasikan oleh  PT STSJ selaku Main Dealer Yamaha Jatim. Yamaha Indonesia tahun ini (2023) mengeluarkan kebijakan baru terkait garansi frame motor matic nya. Yamaha memperpanjang garansi frame yang semula hanya 1 tahun sekarang berubah menjadi 5 tahun.

Ini adalah bukti komitmen kuat Yamaha untuk terus menjaga kepercayaan konsumen terhadap kualitas produk. Dengan berlakunya program extended warranty ini, Yamaha Indonesia menjadi satu-satunya brand otomotif yang pertama kali berani memberikan masa garansi frame paling lama. Oke… sementara ini dulu informasi yang kang Majid bagi, next disambung lagi ya… (cicakkreatip)

 

Gambar Gravatar
Saya kang Majid selaku admin sekaligus penulis di cicakkreatip.com. Blog ini kang Majid kelola secara independen, mudah mudahan semua artikel yang ada di Blog ini bisa bermanfaat bagi teman teman sekalian. Jika perlu menghubungi kang Majid bisa melalui contact ini ; WhatsApp/Telp/SMS (085 733 637 733) E-Mail (adm.cicakkreatip@gmail.com) Happy reading :)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.