yamaha jatim
yamaha jatim
ALAT SERVICE MOTOR INJEKSI

Enak enak nyantai di depan komputer sambil buka social media, kang Majid di japri mas Emon dari Bandung. Tau siapa mas Emon? Dia merupakan pengguna Yamaha Nmax 155 ABS, motornya ini sudah menggunakan smart key system (remote). Mas Emon punya kendala pada motor barunya, dimana motor tidak bisa dinyalakan meski remote sudah dekat dengan motor, pakai mode darurat juga tidak bisa menyala, nah disini pertanyaannya mas Emon, kira kira kenapa? Apa ya penyebabnya?

Setelah di urut secara teliti sambil kang Majid berikan guidance dasar tentang penangan, ternyata biang kerok permasalahan ini adalah aki, bukan aki-aki yang dirumah ya, tapi aki atau bettery motor, aki motornya ternyata drop/sowak. Iya, wajar juga sih, dimana di era pandemi covid-19 ini pasti motor jarang dipakai, bilang mas Emon motor tidak dipakai kurang lebih satu mingguan, pantes saja hehehe. Untuk solusi supaya motor bisa kembali dinyalakan adalah dengan mengecas aki, dan… terbukti setelah aki di cas, motor bisa kembali dinyalakan dengan normal.

ALAT SERVICE MOTOR INJEKSI

Sebagai tambahan wasan saja bagi teman teman Jika Remote Nmax tidak bisa konek moto, penyebabnya seringkali sepele, bukan hanya masalah aki saja, yang sering kang Majid jumpai ada tiga faktor sepele, coba teman teman lihat beberapa penyebab yang kang Majid rangkum dibawah ini, ini berlaku buat semua motor yang sudah menggunakan remote untuk menyalakan motor :

1. Remote tidak sengaja Off

Remote bisa di on dan off. Caranya dengan menekan tombol yang ada di remote. Yang sering terjadi nih dengan tidak sengaja kita membuat remote off. Biasanya hal ini terjadi ketika remote kita dibuat mainan anak kecil yang suka menekan tombol remote, disinilah dengan tidak sengan menonaktifkan remote.

Remote off juga bisa kita sendiri yang melakukannya, baisanya karena baru pertama kali memakai motor dengan remote atau panik karena remotenya tidak bisa digunakan, kita berusaha untuk menyalakan motor dengan menekan tombol remote, dengan tidak sengaja saat itu kita membuat remote off. Solusinya jika hal ini yang kita alami, maka on kan kembali remote, caranya bsia melihat video kang Majid dibawah ini.

2. Remote Off Berkala

Remote off berkala pasti akan dijumpai dan tidak bisa dihindari, tau kenapa? Karena remote off berkala disebabkan karena battery remote yang sudah habis. Battery remote habis karena usia pemakaian. Disini kita jadi tau ya, jika battery remote memerlukan pergantian secara berkala.

Bagaimana untuk mengaktifkan remote kembali? Kita cukup mengganti battery remote dengan battery baru sesuai dengan spesifikasi. Spek battery bisa dilihat di buku panduan service pengguna atau paling gampang bisa dilihat pada sisi body battery.

3. Aki motor Soak / Drop

Aki, menjadi perangkat penting di motor yang sudah memakai smart key, Jika Remote Nmax tidak bisa konek motor bisa juga disebabkan karena receiver atau sistem smart key tidak mendapat suplay listrik dari battery motor/aki. Solusinya adalah cas aki atau ganti dengan aki baru.

Itulah beberapa hal spele yang membuat remote motor kita tidak bisa terkoneksi ke motor. Jadi tidak semua disebabkan karena kerusakan sarepart, melainkan cuma hal sepele saja. Ada pengalaman lain tentang smartkey? (cicakkreatip)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here