yamaha jatim
yamaha jatim
ALAT SERVICE MOTOR INJEKSI

Gbr. Kaskus

Japan Rail Pass atau JR Pass adalah kunci kenyamanan para wisatawan yang ingin mengunjungi negeri matahari terbit. Tidak ada metode ternyaman dan termudah untuk menjelajahi kota Jepang, selain memakai kereta yang menawarkan jaringan terluas. JR Pass adalah tiket khusus bagi turis asing yang travelling ke Jepang.

Pemakaian Japan Rail Pass

JR pas dapat dijadikan pilihan untuk perjalanan bus, kapal feri, dan kereta. Hampir seluruh transportasi utama yang ada di Jepang dibawah JR Group dapat digunakan, seperti kereta express, Shinkansen Bullet Train, kereta lokal, dan kereta limited express.

ALAT SERVICE MOTOR INJEKSI

Lalu untuk transportasi bus sendiri yang bisa memakai JR Pass ini ialah jalur lokal dari perusahaan JR Bus, diantaranya seperti JR Tohoku Bus, JR Hokkaido Buss, JR Kyushu Bus, JR Tokai Bus, JR Shikoku Bus, JR Chugoku Bus, JR highway dan JR West Japan Bus. Sementara untuk jalur kapal feri sendiri hanya melayani transportasi JR Miyajima.

Seberapa Penting JR Pass Bagi Para Wisatawan Asing?

Sebenarnya penggunaan JR Pass sendiri tergantung dari itinerary tiap-tiap wisatawan. Bagi Anda yang hanya berencana mengunjungi Osaka atau Kyoto saja, maka JR Pass kurang diperlukan penggunaannya. Tapi jika Anda ingin wisata dengan lintas prefektur, seperti Tokyo, Osaka dan Kyoto, tentu saja harus memilih JR Pass untuk menghemat budget Anda saat berkeliling Jepang.

Daripada mesti bolak-balik memesan tiket setiap Anda menaiki transportasi umum, tentu lebih praktis jika membeli JR Pass ini. Harga tiket pass sendiri lebih terjangkau bila kita membandingkannya dengan akumulasi semua tiket perjalanan yang dibeli tiap kali menggunakan kereta. Hanya dengan memiliki JR Pass ini, para wisatawan bisa mengakses seluruh moda transportasi Japan Railways.

Masa Berlaku JR Pass

Intuk masa berlaku tiket JR Pass sebenarnya dihitung dari pertama kali Anda menggunakannya. Misalnya, Anda membeli tiket JR Pass untuk keperluan 1 minggu dan kali pertama digunakan di tanggal 1 Agustus. Lalu, tanggal 8 Agustus dini hari tentu tiket pass Anda sudah tidak lagi berlaku.

Walaupun di hari kedua JR Pass tidak digunakan, namun masa berlakunya akan tetap berjalan. Maka dari itu, diperlukan itinerary yang akurat supaya trip ke negeri Jepang lebih hemat dan efisien.

Dimana Kita Bisa Membeli JR Pass?

JR Pass awalnya hanya dapat dibeli di negara Indonesia saja. Akan tetapi, JR Pass melakukan percobaan lewat penjualan Pass di Jepang hingga 31 Maret 2020 mendatang. Membeli tiket JR Pass saat di Jepang dapat menjadi pilihan bagi Anda yang tidak sempat membelinya di Indonesia. Menariknya lagi, para wisatawan asing dapat membeli JR Pass di negaranya sebelum keberangkatan mereka ke Jepang.

Ini artinya, Anda dapat membeli tiket JR Pass di tanah air terlebih dahulu. Para wisatawan yang berasal dari Indonesia bisa memesan JR pass via Traveloka tanpa perlu datang ke travel agent secara manual. Sehingga nantinya Anda hanya perlu memesan tiket pass secara online, kemudian membayar harga tiketnya dan menerima Exchange Order, sama seperti ketika Anda membeli tiket pesawat  atau kereta api di Traveloka.

Penggunaan JR Pass

Saat Anda membeli JR Pass sesuai keinginan, Anda akan langsung menerima exchange order. Selanjutnya simpan dokumen tersebut sebagai tanda bukti pembelian tiket Anda. Sesampainya di Jepang, ingatkan pihak petugas imigran agar mereka membubuhi paspor dengan cap kunjungan sementara atau temporary visitor. Sebelum Anda menggunakannya, maka Anda diharuskan berkunjung ke cabang kantor JR Pass agar dokumen yang dimiliki bisa ditukarkan dengan JR Pass.

Setelah Anda mempunyai JR Pass, selanjutnya Anda harus mendapatkan pintu masuk bagi pengguna JR pass. Tempat masuk tersebut biasanya berbeda dengan tempat masuk lain. Namun jika kebingungan, Anda hanya perlu menunjukkan kartu Japan Rail Pass ke pihak petugas stasiun ketika akan masuk atau keluar pintu. (cicakkreatip)

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here