yamaha jatim
yamaha jatim
ALAT SERVICE MOTOR INJEKSI

test dyno yamaha r25 masspro

Josss..bin makbrottt, hehe bro sis…unatan atau khitan emang hal yang wajib dilakukan oleh umat islam khususnya bagi kaum pria, namun meski demikian sunatan atau istilah potong memotong ini ternyata juga digunakan dalam dunia otomotif loh, yang mana istilah ini menjadi membuming ketika salah satu blogger pembeli R25 telah mendapati unit R25 miliknya mengalami penurunan tenaga kuda (HP) jika dibandingkan dengan pengetesan yang dilakukan oleh Otomotif beberapa waktu lalu.

Hal ini telah menjadi gosip membara di bulan ramadhan ini, dimana saling jawab menjawab antara pabrikan melalui media online dengan empunya R25 yang kebetulan mempunyai blog pribadi ini juga menghasilkan gesekan antar pabrikan dengan pemilik yang lumayan hoot 😀 , menindak lanjuti hasil pengujian yang dilakukan oleh empu R25, lek Leopold (www.7leopold7.com), berikut pencerahan dari pak Abidin selaku GM Service & Motorsport PT YIMM, monggo disimak…

ALAT SERVICE MOTOR INJEKSI

“Menjawab pertanyaan issue  ini, penurunan horse power adalah hal yang wajar jika masih berada diantara 2 dk, banyak hal yang mempengaruhi perbedaan tersebut. Jika menginginkan horse power yang sama pastikan beberapa hal berikut, yaitu 4M + 1 E. Faktor Manusia, Machine, Material & Method + Environtment,” ungkap M. Abidin.

“Faktor Manusia, pastikan cara pengoperasiannya standard dan sesuai, juga dilakukan orang yang sudah terlatih. Faktor Machine, mesin dynojet yang digunakan untuk mengukur high quality measurement tools. Memiliki reliability yang baik dan di maintenance dengan baik jika sering digunakan.”

“Faktor Material, dalam hal ini motor yang dipakai untuk tes, harus dalam kondisi yang sama. Artinya masih baru, pastikan KM nol benar-benar fresh dari final inspection & setting motor juga harus sama. Kemudian Faktor Metode, tata cara sesuai metodologi yang tepat. Artinya ada standardisasi yang dipakai oleh pemerintah setempat.”

“Faktor terakhir adalah Faktor Environment atau lingkungan, suhunya harus sama. Kalau di pabrik kami melakukan tes dynojet, suhu rata-rata adalah 20 derajat celcius. Pastikan kondisinya sama saat tes serta berada di ruang tertutup. Jika semua persyaratan ini terpenuhi maka kita baru bisa menarik kesimpulan.”

“selama ada salah satu hal saja yang tidak terpenuhi dari 4 faktor di atas, hasilnya pasti akan berbeda. Belum lagi jika melakukan pengetesan pada mesin dynojet portable yang bisa dibawa ke mana-mana. Deviasi pasti akan besar, karena banyak faktor yang berpengaruh.

Data resmi power Yamaha YZF-R25 yang dirilis YIMM :
Daya maksimum : 26,5 kW (36 PS) pada 12.000 RPM
Torsi maksimum : 22,6 Nm pada 10.000 RPM

Data Tabloid Otomotif :
Daya Maksimum : 29.21 dk
Torsi 19.09 Nm

Data Otomotifnet.com
Daya maksimal : 29,43 dk pada 12.100 rpm
Torsi maksimum : 19,2 Nm pada 10.200 rpm

Data Test Mas Leopold : 
Daya Maksimum : 27.63 dk pada 10.500 rpm
Torsi Maksimum : 18.67 Nm

Gimana Bro..sudah dapat pencerahannya apa belum 😀 monggo dikunya kunya dulu – cicakkreatip.com

Artikel terkait :

[display-posts offset=”7″]

24 KOMENTAR

  1. ikut nyimbrung disini….

    dari keempat faktor tersebut saya kira tidak menjumpai jugaa akan hasil tersebut..
    simaaaaaaaaaaaak……..

    toh…… yg di test bukan melaikan suhu material dan
    2 hal yang di sebutkan dan juga dr nolnya km.
    dan saya anggap setuju jikalo pihak konsumen mearasa kecewa terkecuali.. pihak yimm..
    mempublikan secara blak blaakan dan bukan basa basi… misal menjukan hasil yg dimaksud (hp&nm) pada mesin tersebut didasari ke 4 faktor tersebut dan juga 3-5 unit… di publikan pengetesanya di alat uji standart pabrikan kepada pihak yg bisa dipercaya… / bloger yang bersangkutan

    yang jadi simpulaanya. yg di test performa
    bukan bahan suhu ataw apapun tp peforma..
    biarpun saya bukan orang berpendidikan dan menyalahkan secara sepihak ke pada produsen tapi saya bisa unjuk pendapat akan masalah ini

    dan ingat….. 1 unit test read dan 2 unit konsumen
    survei. tetong…… oraaa podoooo
    arak ngomong opo… trs jikalo kesunat 2hp produk awet.. trs jika lanjut ke 36hp.. simpulnya cepet rusak donh….
    apa malah gak jadi produk gagal kalau demikian..

    yimmm ….. buktikan di alat test yg yimm maksud 2-5 uniy dan tunjukan kepada publik kalau smua itu hanyalah salah paham..
    agar permasalahn ini tidak mencoreng nama baik yimm sendiri…

    demikian dr saya..

    hanya ingin berpendapat…

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here