yamaha jatim
yamaha jatim

Jalan-jalan di Yogyakarta memang lebih asyik jika bisa dilakukan secara rombongan atau bersama-sama. Agar lebih nyaman, kamu bisa menyewa mobil di Yogyakarta dengan mudah. Ada banyak tempat wisata yang bisa dikunjungi secara lebih leluasa dengan waktu yang fleksibel. Apalagi, ongkos sewa mobil bisa ditanggung bersama alias urunan. Nah, sebelum menyewa mobil di Yogyakarta ada beberapa tips yang perlu diketahui sebagai berikut ini:

1. Pilih usaha sewa mobil yang resmi dan berizin.

Apapun usahanya pasti memiliki izin resmi dari pemerintah seperti izin usaha menjalankan bisnis. Pada dasarnya izin usaha ini juga dapat dijadikan dasar untuk melindungi konsumen jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

moladin

Oleh karena itu, pastikan hanya memilih tempat sewa rental yang sudah berizin. Misalnya tempat sewa rental yang sudah punya badan hukum seperti koperasi, CV ataupun dalam bentuk PT. Perusahaan yang direkomendasikan contohnya seperti TRAC yang menyediakan berbagai jenis kendaraan terawat, bersih, serta siap pakai saat dibutuhkan. 

2. Gunakan mobil yang nyaman dan irit bensin.

Upayakan untuk menyesuaikan jenis kendaraan yang akan disewa dengan tempat wisata dan kapasitas penumpang. Jika ada beberapa tempat yang cukup terjal atau memiliki medan berat, jenis kendaraan yang tepat adalah SUV.

Namun, jika hanya berkeliling kota dengan tempat wisata yang berada tidak jauh dari pusat kota, kamu bisa memilih jenis kendaraan MPV yang irit bahan bakar tetapi juga bisa menampung banyak penumpang.

3. Sesuaikan tarif sewa dengan layanan yang diberikan.

Jangan berpaku pada tarif sewa yang murah tetapi tidak memberikan value lebih bagi konsumen. Beberapa perusahaan sewa atau rental mobil saat ini berlomba-lomba memberikan layanan dan nilai lebih kepada pelanggan.

Value tersebut biasanya berupa asuransi perjalan serta beberapa bonus yang diberikan di dalam kendaraan seperti air mineral dan merchandise menarik. Value tersebut mungkin dianggap sepele tetapi berbeda dari perusahaan lainnya.

4. Catat beberapa tempat yang akan jadi tujuan.

Tujuan di Yogyakarta cukup banyak dan tidak mungkin bisa dikunjungi dalam satu hari. Beberapa paket yang ditawarkan malahan ada yang bisa sampai tiga hari lebih.

Agar lebih efisien dari segi waktu, bahan bakar dan juga urutan tempat yang dikunjungi, cobalah untuk mencatat beberapa tempat wisata yang direncanakan akan dikunjungi. Dengan begitu, kamu bisa menentukan mana saja yang harus dikunjungi pertama kali dan paling akhir untuk dikunjungi agar jalan yang ditempuh tidak harus memutar.

5. Pertimbangkan menggunakan sopir jika memang liburan dalam waktu singkat.

Jika kamu memiliki waktu yang singkat untuk liburan di Yogyakarta, sebaiknya sewa mobil dengan menggunakan sopir. Kecuali jika kamu memang berencana untuk mengendarai mobil rental secara bergantian.

Hal ini sangat penting karena menyetir mobil sendiri akan menguras tenaga, belum lagi kamu harus memiliki tenaga ekstra jika ingin menikmati tempat wisata. Jika liburan dilakukan dalam waktu singkat, keberadaan sopir sangat dibutuhkan karena bisa lebih efektif dan umumnya sopir merupakan warga lokal  yang lebih mengetahui medan jalan serta rute-rute tertentu yang lebih cepat dan lebih efisien sehingga memangkas waktu perjalanan.

Pada dasarnya ada banyak hal yang bisa dilakukan sebelum menyewa mobil di Yogyakarta entah itu untuk kebutuhan individu, keluarga maupun perusahaan. Ada banyak jasa rental mobil yang bisa dipesan secara online sebelum hari keberangkatan bahkan sebulan sebelumnya untuk menghindari kehabisan stok mobil. Hal tersebut perlu dilakukan utamanya pada saat musim libur panjang.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here