yamaha jatim yamaha jatim

Teman teman, setiap orang itu pasti pernah mengalami lupa akan suatu hal, jika kang Majid kutip dari buku Piskologi Umum Irwanto, lupa merupakan suatu gejala dimana informasi yang telah disimpan tidak dapat ditemukan kembali untuk digunakan, semua orang pasti mengalami kondisi ini, termasuk teman kang Majid pengguna motor Yamaha XMax yang sudah memakai teknologi Smart Key System, kita tau dengan teknologi ini Yamaha XMax tidak membutuhkan anak kunci untuk membuat main switch (kunci kontak) posisi ON, melainkan cukup dengan mendekatkan remote saja ke motor kita bisa membuat ON-OFF main switch. Nah tentang lupa nih, bagaimana jika remote hilang? Dan di bonusin lupa no-ID lagi hehehe.

Jika Remote Saja yang Hilang

Jika remote saja yang hilang sebenarnya sudah kang Majid jawab di artikel kapan hari, yakni bisa kita gunakan mode darurat dan di belikan remote baru… Bagaimana jika remote hilang dan lupa nomor ID remote? Ini yang akan kang Majid jawab. Jika remote Xmax hilang dan Lupa ID Remote maka ada rincian part yang harus di ganti baru, kenapa di ganti baru, karena part tersebut satu rangkaian yang ngak bisa di kawinkan ulang, kenapa? Karena hubungannya sama safety, jangan sampai dengan modal remote baru kita bisa bawa kabur motor orang, makanya jika ID remote saat itu tidak bisa masuk ke ECU maka ECU ngak bakalan mau menerima remote baru, jika mau nyala maka harus ditemukan dulu remote yang hilang, atau di ingat ingat no-ID remote, jika tidak… maka kita harus ganti part  smart key yang bisa kita bilang satu set. Apa saja? Yuk disimak baik baik ya.

moladin

Perlu kang Majid tekankan! Sekali lagi kang Majid ulangi, jika remote saja yang hilang namun kita masih ingat no-ID smart key, maka kita sementara masih bisa menghidupkan motor dengan mode darurat, caranya dengan memasukkan ID remote, dan perlu di garis bawahi, kita bisa beli remote baru dan dikenalkan di motor kita. Saat itu motor sudah bisa dipakai normal dengan remote barunya. Ingat! Itu jika remote hilang tetapi kita masih ingat ID remote. Jika saat itu remote hilang dan ID juga lupa, supaya bisa menyalakan motor dengan normal kita harus siap siap dana untuk beli beberapa komponen smart key, ada tiga part yang harus di remajakan, sebagai berikut :

  • Engine Control Unit (ECU) – Kode part : BG6-H591A-11
  • Remote Control Unit Assy (Smart unit & Smart Key) – Kode part : B74-116260-01

Untuk lebih jelasnya, teman teman bisa chek gambar dibawah ini, dibawah merupakan bentuk part smart key yang harus di ganti jika kita kehilangan remote sekaligus ID remote. Untuk antisipasi saja sekaligus mengingatkan, sebaiknya bagi teman teman yang motornya sudah menggunakan smart key dengan merek motor apapun, simpan baik baik ID remote, dan jaga kerahasiaan ID remote layaknya PIN ATM. Supaya aman dan tentunya ketika remote hilang kita tidak perlu ganti part assy, cukup remote saja. Yuk teman teman semua, sharing di kolom komentar yang ada di bawah. Yuk…. (cicakkreatip)

Contact pembelian Komponen Smart Key lewat cicakkreatip ➡

  • BBM   : 5CEC5AAC
  • WhatsApp  / Telp / SMS : 085733637733
  • Email : adm.cicakkreatip@gmail.com
  • Pembelian lewat Bukalapak.com klik DISINI…  
  • Pembelian lewat Tokopedia.com klik  DISINI…

12 KOMENTAR

          • Nah di atas itu kang. Kalo remote hilang dan id rusak harus beli engine control unit dan remote control unit assy. Kalo hilang remote tapi ingat id tinggal beli remote saja. Kalo yg rusak engine control unit hanya beli engine control unit saja.
            Yg saya tanyakan knp ketika remote hilang dan lupa id harus sepaket sama engine control unitnya? Dan berkebalikan ketika engine control unit saja rusak gk harus beli remote control unit assy

            • Jadi begini… Setau kang Majid, setiap kendaraan saat dihidupkan, nomor identifikasi (ID) smart key akan di daftarkan ke ECU/SGCU. Disitu ECU/SGCU akan menyimpan nomor identifikasi (ID) – nya.

              Kenapa ketika remote hilang dan lupa id harus sepaket sama engine control unitnya?

              Jika remote/id hilang, maka ECU tidak akan menerima nomor identifikasi yang sudah terdaftar (remote lama). Jika dikasih ID baru dengan cara mengganti remote atau smart unit ECU bakal menolak, ECU hanya menerima ID yang sudah terdaftar, karena ID tersebut yang sudah disimpan/dikenali oleh ECU/SGCU. Makanya jika remote/ID remote hilang wajib ganti remote, smart unit dan ECU baru. Pakai remote saja baru, percuma ECU/SGCU ngak mengenalinya.

              Sebaliknya. Kenapa ketika ECU/SGCU yang rusak ngak harus beli remote control unit assy?

              Karena ECU/SGCU baru masih belum terikat/menerima/menyimpan nomor identifikasi dari smart unit manapun, alias masih kosong (bujang) jadi masih bisa menerima no. identifikasi baru dari remote manapun, jadi ngak perlu ganti assy cukup ECU saja.

              • Mantap kang. Terima kasih penjelasannya. Kesimpulannya juga ECU/SGCU hanya dapat didaftarkan/mengenali 1 id saja. Tidak bisa dihapus atau dikasih id baru ketika sudah pernah dimasuki id. Begitu kang?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here