yamaha jatim yamaha jatim

Suzuki GSX 150 termasuk motor smart yang telah dibuat Suzuki, alasan ini karena Suzuki GSX sudah dibekali dengan fitur smart key / keyless. Untuk menghidupkan motor tanpa memakai anak kunci, melainkan hanya butuh remote yang didekatkan ke motor dengan jarak tertentu, istilah nya keyless. Nah dari pemakaian keyless ada satu hal yang menjadikan penggunanya berfikir jika remote hilang dan akhirnya muncul pertanyaan begini… Bagaimana jika remote hilang? Bagaimana cara menghidupkan jika remote hilang? Temen temen pemilik GSX atau para mekanik diluar sana kira kira sudah tau belum ya jawabannya..? Jika belum tau yuk kitabelajar bersama sama.

Perhatikan ya temen temen, jika remote hilang sebenarnya kita tetap bisa menyalakan motor. Cara menghidupkan motor umumnya disebut dengan mengaktifkan mode darurat. Ngak di Yamaha, Honda, Suzuki dan mobil pun pasti apabila keyless hilang maka alternatifnya bisa dibuat mode darurat. Untuk bisa memulai menyalakan motor dengan mode darurat, kucinya cuma satu, kita harus ingat nomor ID remote yang hilang tersebut. Jika tidak jangan harap bisa melakukan mode darurat.

moladin

Makanya pabrikan selalu mengingatkan untuk menyimpan baik baik ID remote yang diberikan disaat pembelian, simpan dengan baik layaknya PIN ATM, dan jangan sampai diketahui orang lain. Rahasia!! Okey…. Bagaimana langkah langkah dalam menyalakan Suzuki GSX 150 jika remote hilang? Berikut silahkan diamati, langkahnya ada dua, pertama mulai masuk mode darurat dan dilanjut memasukkan ID remote. Jika perlu langkahnya di catet ya teman teman supaya ngak lupa 😀

Langkah masuk Mode “DARURAT”

(1.) Siapkan ID remote yang diberikaan saat pembelian motor, biasanya ID juga bisa dilihat di PCB remote
(2.) Tekan knob (lihat Gbr.) selama 5 detik sampai lampu LED berwarna biru di sebelah knob berkedip, setelah itu lepas. Ulangi langkah ini sampai 3x ya…
(4.) Saat langkah menekan knob 3x selesai, tunggu sampai lampu LED berwarna biru berkedip lama dan mati kembali, saat itu LED akan berkedip kembali 1x secara cepat. Itu tandanya kita disuruh mulai memasukkan no ID yang pertama dan dilanjutkan nomor ID berikutnya sampai selesai. Contoh nih ya… jika ID remote saat itu adalah 1-2-2-1. Ingat ya…. ( ID pertama = 1, ID ke dua = 2, ID ke tiga = 2, ID ke empat = 1 ). Bagaimana untuk memasukkan ID remote? Dibawah ini langkah nya.

Langkah memasuk “ID Remote ke Motor”

(5.) Tekan knob 1x dan lepas knob untuk memasukkan nomer ID pertama, habis itu tunggu sampai lampu LED berkelip dengan jeddah lama, setelah itu mati kembali dan LED akan berkedip 2x. Setelah kedip 2x itu tandanya kita disuruh memasukkan nomor ID ke 2.
(6.) Tekan kenob 2x untuk memasukkan nomer ID kedua, habis itu tunggu sampai lampu LED berkelip dengan jeddah lama, setelah itu mati kembali dan LED akan berkedip 3x. Setelah kedip 3x itu tandanya kita disuruh memasukkan nomor ID ke 3.
(7.) Tekan knob 2x untuk memasukkan nomer ID ketiga, habis itu tunggu sampai lampu LED berkelip dengan jeddah lama, setelah itu mati kembali dan LED akan berkedip 4x. Setelah kedip 4x itu tandanya kita disuruh memasukkan nomor ID ke 4.
(8.) Tekan knob 1x untuk memasukkan nomer ID keempat, habis itu tunggu sampai lampu LED berkelip dengan jeddah lama, setelah itu tungguh sampai terdengar suara solenoid knob bergerak dengan tanda suara “tak” dan ditandai juga lampu hazard menyala, saat itu kita sudah berhasil untuk menyalakan Suzuki GSX tanpa keyless. Tugas kita terakhir adalah tekan knob lagi 1x dan putar knob kearah posisi ON dan motor sudah bisa dinyalakan.

Bagaimana temen temen, sudah ngerti kan Cara menghidupkan Suzuki GSX saat remote Hilang. Semoga artikel ini bisa berguna dan tentunya bisa membantu jika pengguna GSX mengalami kehilangan remote. Perlu di ingat, cicakkreatip tidak bertanggung jawab atas semua hal apabila konten artikel ini di salah gunakan di kemudian hari. Artikel ini murni untuk edukasi dan mempermudah jika terjadi kehilangan remote atau smartkey pada Suzuki GSX. Silahkan di share apabila menurut temen temen artikel ini bermanfaat. (cicakkreatip)

3 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here