yamaha jatim yamaha jatim

Ngak semua orang mempunyai perhatian yang sama dengan pasangannya, ini sama ketika ngak semua orang mempunyai perhatian yang sama terhadap motor-nya. Contoh nih, beberapa orang pasti sangat detail dan rutin dalam hal perawatan motornya, di sisi lain ada yang ngak peduli sama motornya, pokoknya masih bisa jalan hajar… Nah temen temen, tentunya hal ini akan sangat merugikan, bukan orang lain yang merasakan kerugian, melainkan kerugian terjadi bagi diri kita sendiri dalam jangka panjang.

Pengeluaran membengkak seiring dengan kerusakan yang diakibatkan karena minimnya perawatan. Contoh… Kang Majid mau kasih contoh nyata saja, konsumen kang Majid sering telat ganti oli mesin, bahkan seringkali ketika mau ganti oli mesin oli yang keluar melalui baut tap oli tidak keluar sedikit pun alias habis. Ada yang pernah mengalami hal ini? Tau ngak temen temen, hanya karena perhatian kita yang kurang kondisi mesin motor kita kalau diibaratkan manusia pasti dalam kondisi sakit. Kalau motor kita bisa ngomong, pasti temen temen semua akan dipisuhi (di maki-maki).

moladin

Lah kenapa? Dalam perlakuan yang kita lakukan termasuk yang ada hubungannya sama oli mesin, part yang ada di mesin yang seharusnya terjaga dari gesekan, maka akan mengalami gesekan hebat secara terus menerus, imbasnya apa? Clearance mesin semakin besar, imbasnya pasti akan timbul suara kasa (noise), tenaga mesin menjadi drop, dan ujung ujungnya minta ganti part baru yang biayanya jauh lebih mahal jika dibanding sebotol oli. Ngak percaya? Dibawah ini temen temen bisa lihat, ada beberapa komponen didalam mesin rusak yang diakibatkan karena pemilik motor sering telat bahkan sering lupa untuk ganti oli mesin. Perlu di ingat, setelah melihat efek yang ditimbulkan karena telat ganti oli, maka mulai dari sekarang yuk kita perhatikan jadwal rutin penggantian oli mesin motor kita. (cicakkreatip)

*Rocker arm, platukan, temlar, kondisi aus karena gesekan antara rocker arm dengan camshaft terlalu besar. Ini karena oli mesin ngak ada untuk memberikan efek bantalan.
*Camshaft, Noken AS, profil tonjolan untuk mengatur timing valve IN dan EX kemakan karena gesekan.
*Sisi piston tergerus karena efek oli yang tidak melumasi, terjadi pemuaian dan akhirnya saling gesekan antar dinding cylinder dan piston
*Dinding cylinder baret karena gesekan dengan piston, sekali lagi karena peran oli yang tidak ada. Oli habis!

4 KOMENTAR

  1. Ngeri2 sedep kang, tetangga gua pernah revo kek gitu, abis sekitar 700 ampe 1.5 jt an kurang lebih gua lupa, buat benerin kerusakan gara2 gk pernah ganti oli gitu…

    taunya pas ane pinjem gk boleh dipake berat2 dulu, katanya inreyen again, ganti blok silinder mesin juga kaya e ya kok mehong amat ?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here