yamaha jatim yamaha jatim

Pernah denger ngak tentang ISC..? Idle Speed Contol merupakan kepanjangan dari ISC, nah ISC sendiri merupakan komponen yang ada di Throttle Body yang bertugas mengatur atau menjaga idling kendaraan bermotor secara otomatis sesuai dengan kondisi motor. Jadi ngak heran jika memakai ISC ngak ada lagi seting idling (rpm) pakai obeng spuyer. Nah ISC di beberapa motor diterapkan, mobilpun juga, ingat ngak semua! Seperti kalau di Yamaha pemakaian ISC diterapkan di motor yang memakai teknologi Y-Mjet series, seperti MioJ series, Xride, dan Xeon RC. ISC butuh dibersihkan secara berkala dan setelah di bersihkan harus di reset ke angka 0 (nol). Jika tidak maka seperti teman cicakkreatip yang satu ini.

Pak Dimas, sebutan cicakkreatip ke teman lama ini. Nah saat itu motornya Yamaha Xeon RC mengalami fenomena idling sering matian, dan saat itu beliau buka komponen ISC, memang iya, saat itu setelah di bongkar ternyata ISC kotor (Gbr. Ilustrasi diatas). Beliau paham betul tentang motor soalnya basic beliau tentang otomotif memang ada. Setelah dibersihkan saat itu masalah kelar, rpm idling ngak matian, tetapi masalah lain timbul, yakni idling terlalu besar hehehehe. Taukan penyebabnya? Setelah dibersihkan belum di reset ISC nya ke angka 0 (nol).

instagram cicakkreatip.com moladin

ISC bisa diriset memakai diagnostic tool, bisa memakai seperti di bengkel resmi bisa pula memakai diagnostic tool Yamaha versi laptop buatan Iquteche (disini..). ISC memiliki kode pemeriksaan 3 angka, angka 0,1,2. Maksudnya apa? Jika di menu ISC yang terlihat di diagnostic tool angkanya 0 artinya motor ini masih baru digunakan pertama kali atau ISC baru di reset, jika angka menunjukkan 1, berarti motor sudah dipakai dan hal ini menunjukkan kondisi normal, jika angka menunjukkan 2, ini menunjukkan kondisi ISC harus di bersihkan. Saat itu angka 2 sebagai isyarat ISC sudah mita dibersihkan karena plunger ISC sudah dalam posisi membuka penuh karena banyaknya kotoran di ruang ISC ataupun di ujung plunger ISC.

Kebetulan di markas cicakkreatip ada Yamaha diagnostic tool versi laptop buatan Iquteche, dan saat itu motor dibawah ke markas untuk di reset, karena diatas jam 19.30 Wib. Jadi sory banget foto diatas jadinya agak burem hehehe. Saat itu posisi motor di standart tengah di depan markas, tinggal tancep soket Yamaha Diagnostic Tool (Y-Diag) versi laptop buatan Iquteche di soket ECU sebelah aki, posisinya ada didepan bawah headlamp utama. Melihat di menu ISC D67, tinggal klik action 2 kali saat itu angka 2 di menu ISC berubah mejadi 0.

Karena sudah menjadi 0, maka posisi plunger ISC saat itu sudah layaknya posisi motor baru. Untuk memastikan bahwa kondisi ISC berhasil di reset maka motor dinyalakan dalam kondisi indling. Dan saat itu idling motor sudah kembali normal yakni antara 1500 – 1700 rpm. Jika teman teman butuh bantuan riset ISC dan dekat dengan markas cicakkreatip silahkan merapat 😀 Siap membantu, jika enggak silahkan dibawah ke bengkel resmi, kalau tidak jika perlu beli diagnostic tool sendiri. Okey…terimakasih atas kunjungannya, yuk sharing pengalaman di kolom komentar. (cicakkreatip)

6 KOMENTAR

  1. Pantesan setelah dibersihkan suara jadi kenceng banget idle nya, ngaktaunya harus di kembalikan ke fitrahnya pakai tools. Tq kang cicak informasinya… 😀 Next beli diag tool hahahah

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here