Multi Purpose Engine Yamaha MZ 175, Cocok nih buat yang butuh mesin tempel…

yamaha jatim yamaha jatim

Jika selama ini persepsi kita tentang pabrikan besar R2 seperti Yamaha, Honda, Suzuki hanya memproduksi kendaraan roda dua ataupun roda empat saja, berarti saat ini wawasan kita harus di tambah lagi terutama tentang product knowledge bro… kenapa? Hal ini dikarenakan pabrikan pabrikan Jepan yang ada di Indonesia rata – rata ngak cuma memiliki satu produk saja, sebenarnya banyak, seperti Yamaha Corporate, produknya banyak banget, dibagi menjadi berbagai kategory, seperti  product musik yang dikenal dengan Yamaha Musik, ada produk marine untuk kelautan yang dikenal dengan Yamaha Marine dan ada juga Power Product Yamaha, salah satunya seperti yang akan cicak bahas kali ini, Yamaha MZ 175, motor? Bukan….musik? Bukan. Yuk disimak lebih lanjut artikelnya…

instagram cicakkreatip.com moladin

MZ 175 disini merupakan salah satu nama dari produk Yamaha yang masuk dalam kategory Multi Purpose Engine. Bahasa lain tentang produk Yamaha MZ 175 ini adalah engine batangan yang bisa dimanfaatkan dalam berbagai hal, bisa dibuat untuk mesin perontok padi di sawah, buat parut kelapa di pasar, buat air compressor di bengkel, bahkan ngak sedikit buat engine perahu para nelayan. Ngak jarang kan kalau kita melihat perahu perahu kecil nelayan kita yang memakai engine tempel Yamaha. Intinya seperti nama kategory produk, engine ini merupakan engine batangan dari Yamaha yang memiliki fungsi serbaguna.

Ngak banyak yang membahas mengenai produk yang satu ini, cicakkreatip pun waktu itu ngak sengaja juga melihat engine batangan Yamaha ini di salah satu acara launching Yamaha Mio S di Surabaya Jawa Timur. Di selah selah display motor ternyata di bagian booth spare parts samping display spare parts Yamaha ada meja tumpuk tiga yang di isi power product Yamaha. Diatas ada generator set (genset) dan di bawah ada produk Yamaha MZ 175. Kalau genset Yamaha Indonesia sudah lama ada, namun kalau multi purpose engine baru kali ini dipajang, jadinya baru ngerti. Ternyata Yamaha Indonesia sudah mengambil alih urusan power product, dimana selama ini product Yamaha ini kebanyakan tersedia di toko teknik yang mengambil product via jalur importir.

Tentang Yamaha MZ 175 :

Produk multi purpose engine Yamaha yang satu ini paling banyak ditemukan di maritim, maksudnya? Rata rata ada di perahu perahu kecil para nelayan. Bukan hanya kendaraan roda dua saja yang ada seriesnya, melainkan Yamaha MZ 175 ini juga merupakan bagian dari multi purpose engine series Yamaha. Dari yang cicakkreatip ketahui Yamaha MZ 175 ini merupakan engine yang ditawarkan Yamaha dengan kapasitas (cc) paling kecil. Dengan spesifikasi Diameter x Langkah 66mm x 50mm engine Yamaha ini memiliki kapasitas  171cc. Nah berarti Yamaha MZ 175 ini merupakan versi multi purpose engine yang ditawarkan Yamaha dengan kapasitas mesin paling kecil. Dimana yang lain diatas itu ada MZ 175 ada MZ 200, MZ 250, MZ 300, MZ 360 yang paling besar. 

 

Teknologi :

Karena penggunaan engine tempel lebih ke mesin industri, kelautan, pertanian yang sejatinya ngak membutuhkan variable rpm dan power gedhe, maka engine multi purpose kebanyakan menggunakan jenis motor bakar 4 tak dengan teknologi Over Head Valve (OHV) yang cocok untuk karakter engine rpm stabil. Power Yamaha MZ 175 tembus 4.1 kW atau 5.5 HP di 4000 rpm, sedangkan torsi maksimumnya ada di 10.8 N.m di 2500 rpm. Karakter engine langkah pendek atau overbore, torsi melimpah di putaran bawah. So….karakter engine yang didesain dalam kondisi pemakaian yang konstan, ngak kayak engine R2 yang naik turun mengikuti ritme grip gas pengendara. Jadi ngak heran jika bentor, tau ya bentor/ becak motor dengan modifikasi pemanfaatan engine tempel kecepatan bentor sangat konsisten, konstan, yang ujung ujungnya melatih kesabaran bagi yang ada di belakangnya hehehe. Next artikel deh kita bedah lagi, bagaimana sih kecanggihan teknologi engine tempel ini 😀

Harganya berapa?

Terbilang di name tag saat engine di pajang yang bisa di baca harga Yamaha MZ 175 adalah Rp. 2.850.000, ngak tau ya cicakkreatip belum konfirmasi langsung kepada sales langsung, soalnya saat itu kebetulan lagi sibuk sama konsumen lain, jadi ngak tau apakah harga tersebut harga promo saat pameran atau tidak, pasalnya jika kita melihat di luar sana, harga Yamaha MZ 175 ini bisa diatas 3 dijit alias 3 jutaan. Yang sudah menggunakan produk ini bisa sharing dong di kolom komentar, atau produk lain juga boleh. Next artikel coba cicakkreatip bahas teknologi dibalik engine glondongan ini 😀 Selalu update artikel terbaru cicakkreatip ya…(cicakkreatip)

2 Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*