Ketika rem ABS rusak, Apakah rem masih bekerja? Atau jadi blong..?

yamaha jatim yamaha jatim

Artikel ini merupakan kelanjutan dari artikel sebelunya dengan judul “Efek Lampu Indikator ABS menyala terus?” Dimana dari artikel tersebut telah dijelaskan mengenai efek jika lampu indikator rem ABS menyala, saran cicakkreatip mending baca dulu artikel sebelumnya disini…supaya enak, bisa nyambung. Di artikel sebelumnya ada pertanyaan, “Ketika ABS ngak bekerja bagaimana?” Apakah rem akan blong? Kalau iya berarti gawat dong yang memakai rem ABS? Eits…jangan keburu di share dulu artikelnya, baca dulu penjelasannya dibawah ini ya…

Bagaimana jika rem ABS tidak berfungsi? Beda motor tentunya beda pula jawabannya…. Namun untuk menjawab pertanyaan tersebut cicakkreatip mengacu pada rem ABS yang digunakan oleh Yamaha. Dari mencari informasi sana sini, akhirnya ketemu jawabannya. Nah jawabannya sendiri cicakkreatip temukan di user manual motor Yamaha Aerox 155. Skutik Yamaha Aerox 155 VVA di varian tertingginya yakni versi S (smart) yang dilengkapi dengan Smart Key System (SKS) sudah dibekali dengan pengereman ABS tunggal yang ditaruh di roda depan dengan sebutan One Chanel ABS.

instagram cicakkreatip.com moladin

Jika mengutip informasi yang ada pada user manual tepatnya di halaman 8-83 maka yang cicakkreatip pahami ketika ABS bermasalah adalah akan dinonaktifkannya kerja ABS, dalam penjelasn yang dimaksud rem ABS akan berhenti bekerja namun rem beroperasi sebagai sistem pengereman normal alias sama seperti rem tanpa ABS.

Artikel ini menjadi lebih matang…. selain dijawab via user manual, beberapa hari yang lalu cicakkreatip merasakan venomena ABS abnormal, lampu indikator ABS menyala yang menandakan bahwa saat itu ABS bermasalah, ketika mencoba melakukan pengereman saat itu yang terjadi benar banget, sesuai yang diutarakan di user manual, saat itu rem ABS tidak berfungsi, meski dicoba melakukan panic braking reaksi tuas rem bergetar karena ABS berfungsi tidak cicak rasakan, namun disaat itu rem tetap berfungsi dengan baik untuk mengurangi kecepatan kendaraan, dimana saat itu rem bekerja sebagai rem normal pada umumnya.

Jadi kesimpulannya…ketika ABS bermasalah dengan ditandainya lampu ABS yang menyala terus menerus, ternyata saat itu kinerja rem ABS saja yang di non aktifkan sebagai alasan safety sampai ditemukannya masalah, untuk status rem kerjanya tetap normal layaknya rem biasa, rem biasa disini merupakan rem tanpa teknologi Antilock Baraking System (ABS). Sudah jelas bukan? Lagian ngak mungkin juga kan insinyur pabrikan menciptakan teknologi ini separo separo hehehe… Jadi sekali lagi rem masih berfungsi bro ya…. Okey, dari sini cicakkreatip kira sudah jelas, nah sekarang pertanyaan selanjutnya, kira – kira apa yang bisa menyebabkan indikator ABS menyala terus, apa penyebab rem ABS tidak berfungsi? Tentunya banyak faktor, nantikan artikel lanjutanya ya…selalu chek artikel baru cicakkreatip setiap harinya. Ingat! Artikel ini bebas di share dimanapun. Gratissss. (cicakkreatip)

8 Komentar

  1. Bahaya nih kalau gak ada indikator abs rusak atau abs error.
    Rem abs kan asal bejeg aja aman.
    Nah orang yang kebiasaan pake abs, terus abs rusak karena faktor kebiasaan asal bejeg ya fatal…

    • motor (merek) lain juga sama kok, klo ABS error rem tetep fungsi seperti biasa, semua kendaraan yang dilengkapi ABS ya pasti ada indikatornya. jangankan di motor, di mobil juga sama, klo sistem ABS gak fungsi/error ya kinerja pengereman berfungsi seperti biasa tergantung minyak rem, kampas rem, piringan, tekanan kaki, kondisi perut, baru diputusin pacar/nggak dll…dll…

      intinya jangan apatis ama teknologi

    • @ABS ERROR; Makanya disini pabrikan menyediakan indikator sebagai bentuk kontrol pengendara terhadap sistem ABS dengan mudah ? Dan rata rata malah orang yang pernah menggunakan rem ABS lebih hati hati, feeling mereka dengan tidak sadar selalu diingat kan oleh reaksi ABS di handel rem saat melakukan pengereman yang salah. Nah persoalan kebiasaan bejeg karena sudah pakai ABS berarti presepsi mereka harus dirubah, ABS sebagai tambahan safety jika dikala itu kita panic braking…. ?

2 Trackbacks / Pingbacks

  1. Efek Lampu Indikator ABS menyala terus? | cicakkreatip.com
  2. tempe bike sunday

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*