jump to navigation

Arti kode Eror-1 di Speedometer Yamaha Aerox 155 VVA? September 27, 2017

Posted by cicakkreatip in : campur , trackback
yamaha jatim yamaha jatim

Motor injeksi mempunya kemampuan untuk mendiagnosa kerusakan sistem fuel injeksi yang telah terjadi, bahasa mendiagnosa pribadi ini mempunyai istilah self diagnosis. Dengan adanya kemampuan diagnosis secara mandiri, pengendara motor bisa tau kondisi kerusakan sistem fuel injection pada motornya. Untuk perangkat self diagnosis dilakukan oleh Engine Contorl Unit (ECU), jika ECU mendiagnosa adanya kerusakan maka akan dikeluarkan kode kerusakan dan akan menyalakan lampu engine warning light di speedometer. Cicakkreatip akan berbagi wawasan tentang kode kerusakan, terutama kode yang ada di motor Yamaha Aerox 155 VVA, kode ini cicakkreatip share soalnya terbilang baru dan masih belum ada di pasaran hehehe :mrgreen: beneran coba saja browsing pasti belum ada informasi kode yang kang Majid maksud ini. Menarik bukan kalau pembaca cicakkreatip.com mengetahui hal ini lebih awal. Yuk dilanjutkan bacanya!

Yamaha Aerox 155 VVA sudah dilengkapi dengan teknologi Smart Motor Generator (disingkat dengan SMG, Gbr. dibawah), teknologi penyalaan awal motor tanpa menggunakan electrik stater namun memanfaatkan generator sebagai penggerak poros engkol. Di teknologi ini perangkat ECU jadi satu dengan regtifier regulator serta kerja ECU merangkap sebagai pengatur generator jadi stater motor dan stater motor berubah jadi generator. Karena fungsi yang lebih kompleks, disini perangkat ECU berubah nama menjadi Stater Generator Control Unit (SGCU). Kerjanya sama, jika ada kerusakan, sistem ini akan mengeluarkan kode, seperti kode yang akan kita bahas kali ini yakni kode Eror-1. Kode eror-1 akan terlihat di speedometer, biasanya kode ini bisa ditampilkan pada motor yang sudah memakai digital speedometer.

yamaha jatim

Kira kira apa ya kode eror-1 itu? Digaris bawahi ya.. kode eror-1 merupakan kode yang ditampilkan di speedometer sebagai wujud informasi bahwa terjadi malfungsi pada sistem injeksi. Nah kode eror-1 ini akan muncul apabila terdapat malfungsi pada internal Stater Generator Control Unit (SGCU). Maksudnya apa? Maksudnya adalah terjadi kesalahan signal output pada perangkat SGCU, sinyal output tidak bisa di transmisikan antara SGCU dan multifungtion meter (speedometer), kata lain hubungan antara SGCU dan multifungstion meter saat itu lagi bermasalah.

Apakah motor bisa dinyalakan jika keluar kode eror-1? Kodisi motor masih bisa dinyalakan, namun bisa juga motor ngak bisa nyala apabila SGCU mengalami malfungtion. Kira kira apa ya penyebab signal output SGCU ke multifungtion meter terganggu dan bagaimana cara memperbaikinya? Penasaran ya? Next artikel akan kang Majid bahas faktor komponen penyebab timbulnya kode eror-1. Kang Majid harap diikuti terus ya artikel educate cicakkreatip ini! :mrgreen: 😎 (cicakkreatip)

 

diagnostic tool

Komentar»

1. Nada Motorsport Pekalongan - Oktober 12, 2017

artikele kaya sinetron kang…
— To be continue —

2. cicakkreatip - Oktober 12, 2017

Hehehehee…alhamdulillah mas hehehe 😀 Next artikelnya kayak Filem hehehe 😀



%d blogger menyukai ini: