yamaha jatim yamaha jatim

Ada yang punya motor injeksi namun cuma dibungkus sama cover? Jarang dipakai bahkan cuma dipanasi saja, itupun jedahnya sangat lama, kalau dihitung satu tahun dua kali dipanasi mesinnya. Awas loh….perlakuan seperti ini bukannya bikin motor kesayangan kita awet, namun malah menjadi timbulnya perkara baru, dan fatalnya kondisi tersebut akan membawa motor pada kondisi kronis yang membuat motor kita is dead binti koid (mati) seperti kejadian ini.

Sebenarnya apa sih yang membuat motor injeksi is dead, padahal cuma jarang dipakai. Nah ini yang wajib dibedah. Satu contoh kasus yang cicak ambil dari penyebab motor injeksi mogok, ingat cuma satu kasus yang bisa menyebabkan motor injeksi kita is dead jika diparkir lama. Satu penyebab ini diakibatkan oleh satu komponen yakni fuel pump. Tau kan fuel pump? Fuel pump dalam motor injeksi bertugas untuk mendistribusikan BBM bertekanan ke injector. Kenapa dengan fuel pump? Perlu dicatat, saat motor jarang dihidupkan ternyata membuat fuel pump mengalami macet atau tidak bisa berputar, hal ini dikarenakan adanya endapan didalam fuel pump yang membuat motor fuel pump tidak bisa berputar. Lantas apa penyebabnya? Padahal cuma jarang dihidupin.

moladin

Faktor Fuel Pump Macet :

Di saat motor dibuat aktivitas, pasti bahan bakar didalam fuel tank terisi. Bahan bakar dari fuel tank di distribusikan oleh fuel pump menuju injector. Saat itu bahan bakar masih bagus, namun apa yang terjadi ketika bahan bakar dibiarkan dalam sebuah bejana (fuel tank) berbulan bulan? Sudah bisa ditebak bukan, bahan bakar mengalami reaksi kimia, bahan bakar mengalami perubahan kimiawi seiring dengan berjalannya waktu. Ngak perlu ujicoba lab, perubahan tersebut bisa dimati dari sifat fisika zat kimia antara lain wujud zat, warna, serta bau. Pernah ngak melihat bahan bakar (baca bensin) yang di diamin lama, pasti warnanya akan berubah, baunya berubah menyengat, dan tentunya nilai octane number akan berubah pula.

Semakin lama BBM didalam fuel tank (tangki bensin), maka efeknya BBM akan mengkristal atau mengendap seperti lumpur. Jika hal ini terjadi maka sudah dipastikan komponen fuel pump terutama di bagian motor/rotak akan macet. BBM cair yang terjebak didalam selah selah antara body comutator dan rotor, antara impeler dan body impeler saat motor tidak bekerja akan mengendap, semkin hari wujudnya makin keras dan kering. Disinilah saat motor mau dinyalakan kembali motor fuel pump ngak mau berputar karena macet, jika kita engarkan di dalam fuel tank saat itu ngak ada bunyi putaran fuel pump (ngiggg) yang terdengar, imbasnya mesin ngak bisa menyala alias is dead.

Lebih lanjut untuk memastikan kondisi fuel pump biasanya bengkel menggunakan alat ukur tekanan fuel pump motor injeksi (disini alatnya…). Jika tekanan memang ngak sesuai dengan standart, maka fuel pump unit sudah bisa dijadikan tersangka. Dibawah ini contoh fuel pump jenis brushless yang cicak bongkar, saat itu motor jarang dihidupkan, dibiarkan di sebuah ruangan tertutup selam 3-5 bulanan. Saat coba dihidupkan motor ngak bisa menyala, hal ini dikarenakan fuel pump macet, dibawah ini langsung bisa dilihat apa yang terjadi saat cicak bongkar motor fuel pump. (cicakkreatip)

Gbr. fuel pump :

Contact pembelian alat ukur Fuel Pump ➡

  • BBM   : 5CEC5AAC
  • WhatsApp  / Telp / SMS : 085733637733
  • Email : adm.cicakkreatip@gmail.com
  • Pembelian lewat Bukalapak.com klik DISINI…  
  • Pembelian lewat  Tokopedia.com klik  DISINI…

 

12 KOMENTAR

    • Kemungkinan besar sama..malah timbul karat didalam fuel tank mas. Nah ketika kita nguras bensin belum tentu bensi didalam motor fuel pump ikut keluar (pasti ada yang nyangkut), kan sama saja hehehe. Ini cicakkreatip coba kasih BBM tanpa timbal (pertamax plus) coba nanti kalau ada kesempatan cicakkreatiP review. Kemarin yang di artikel ini kebetulan masih pakai premium…

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here