Pasang Piggyback Iquteche di Honda CBR250R Single Cylinder…

yamaha jatim yamaha jatim

Kamis malam (3/8), ketika semua orang sedang bersiap siap tidur teryata rizeki telah dikirim gusti Allah ke rumah… Kang Majid saat itu kedatangan tamu yakni bro Michfa selaku pengguna Honda CBR250R CBU Thailand. Jadi ceritanya begini… Bro Michfa yang berdomisili di Buduran Sidoarjo Jawa Timur ini baru saja mengganti kenalpot motornya dengan kenalpot racing (brong), ternyata saat pengantian kenalpot tersebut merupakan awal dari keluarnya penyakit los power di putaran bawah (baca tarikan brebet), hal ini merupakan efek samping dari penggantian kenalpot yang dilakukan beliau namun ngak diimbangi dengan mengatur ulang nilai AFR. Power ngedrop ada di 4000 sampai 5000 rpm saat throttle di buka secara konstan, awalnya mencoba diabaikan, namun kok ya makin terasa ngak enak 😀

instagram cicakkreatip.com moladin

Seperti yang sudah sudah, penyebab timbulnya brebet tersebut karena kebutuhan suplay BBM yang ngak terpenuhi. Untuk mengatasinya wajib memasang part tambahan yakni piggyback. Piggyback difungsikan sebagai manipulator agar AFR bisa di seting ulang. Tanpa piggyback apakah ngak bisa? Perlu diketahui kebanyakan ECU standart motor tidak dibekali dengan fitur pengaturan AFR, kecuali beberapa motor keluaran pabrikan garputala, di beberapa motor ada istilah seting nilai CO. Untuk pemakaian piggyback disini tetap kang Majid rekomendasi pakai produk lokal dengan nama Fuel Adjuster buatan Iquteche Racing. Selain produksi lokal, harga juga menjadi salah satu pertimbangan kenapa diwajibkan memilih Fuel Adjuster 😀 piggyback ini harganya Rp 450 ribu.

Kebetulan pemasangan saat itu dilakukan pukul 20.30 WIB, sambil bro Michfa megang lampu senter dari powerbank (foto diatas), kang Majid coba aplikasi piggyback di motor dengan hati hati. Pemasangan piggyback di CBR250R CBU ini harus bongkar atau angkat fuel tank dari dudukannya ya, pasalnya aplikasi harus dirangkai pada kabel Injector, kebetulan posisi injector pas berada di bawah fuel tank. Kenapa di injector? Karena piggyback fuel adjuster Iquteche ini difungsikan untuk mengatur ulang debit BBM yang disuplay oleh injector. Pemasangannya bisa melihat wiring diagram dibawah ini.

Aplikasi di motor :

Kabel injector yang menuju ke Engine Control Unit (ECU) di potong, kabel injector CBR250R ada dua, pink dan hitam strip biru. Saat itu yang dipotong adalah kabel yang berwarna pink, karena kabel pink merupakan kabel yang menuju ECU. Kabel pink yang menuju ke ECU dihubungkan ke kabel piggyback warna kuning, dan kabel keluarnya yang menuju inejctor disambung dengan kabel warna biru. Intinya signal dari ECU harus masuk ke Piggyback terlebih dahulu untuk di kelola sebelum signal diberikan ke injector. Berikut foto kabel inejctor yang kang Majid maksud. Saat itu soketan kang Majid cabut untuk lebih memudahkan proses sambung menyambung :mrgreen:

Setelah dua kabel yang dihubungkan ke inejctor, ada dua kabel lagi yang harus di rangkai, dua kabel tersebut adalah kabel yang harus dihubungkan dengan arus positive (+) DC 12 Volt. Untuk mendapatkan arus positive kang Majid mengambil dari kabel body yang jalurnya kunci kontak. Bisa ikut kabel positive yang ikut kunci kontak, kenapa? Supaya On/Off piggyback bisa mengikuti kunci kontak, kalau ikut sama Battery/Aki langsung meski motor sudah di parkir (kunci kontak Off) piggyback bakal On terus, bayangin kalau motor diparkir satu minggu, pasti aki bakal tekor. Untuk kabel selanjutnya merupakan kabel negative (-) yang bisa langsung di sambungkan ke masa (ground) terdekat, bisa masa kabel body atau bisa juga langsung ke masa Aki.

Setingan dikasih berapa?

Berhubung melihat keluhannya ada di putaran menengah ke atas, maka yang di seting ada di putaran midle, antara 3500 rpm – 7000 rpm. Setingan saat itu dikasih lebih rich (kaya) 19 persen, dan untuk mengimbangi karena di putaran bawah (stasioner) yang dirasakan kurang besar, maka saat itu kang Majid tambahi 1 persen. Maksudnya angka 19 dan 1 persen itu apa? Jadi begini, penggunaan piggyback ini bisa mengakomodir setingan miskin, ideal motor dan kaya (irit-boros), jika ditambah 19 persen artinya suplay BBM dari injector dalam waktu bersamaan akan ditambah 19 persen. Tergantung setingan yang kita lakukan, kalau dibuat -19 ya saat suplay BBM akan dikurangi sebesar 19 persen, kalau 0 berarti setingan ngak berubah, mengikuti ECU motor. Begitu bro… setingan dilakukan dengan memutar potensio meter dan melihat actual setingan di android. Scren setingan kang Majid lampirkan dibawah. Jika Anda ingin mengaplikasi piggyback ini di motor kesayangan, jangan lupa setingan dilakukan disaat suhu kerja mesin sudah tercapai ya. 😀 (cicakkreatip)

   

Contact pembelian :

  • BBM   : 5CEC5AAC
  • WhatsApp  / Telp / SMS : 085733637733
  • Email : adm.cicakkreatip@gmail.com
  • Pembelian lewat Bukalapak.com klik DISINI…  
  • Pembelian lewat  Tokopedia.com klik  DISINI…

Ganti kenalpot Racing perlu Pasang Piggyback?

Pasang Piggyback di GSXR150, Ngilangin brebet efek ganti Kenalpot…

10 Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*