jump to navigation

ECU Racing Sarp buat GSX R150…. Power naik 2 dk? Juli 24, 2017

Posted by cicakkreatip in : otomotif, suzuki, Tips Motor , trackback
yamaha jatim yamaha jatim

Perangkat Engine atau Electronic Control Unit (ECU) sudah makin akrab dengan pecinta speed di motor injeksi. Kenapa? ECU merupakan komponen utama dari seluruh rangkaian sistem injeksi di motor. ECU berperan layaknya otak jika diibaratkan pada manusia. Ngak heran untuk bisa memenuhi kebutuhan maping ulang suplay BBM dan maping ulang timing pengapian wajib ganti ECU aftermarket, ECU bawaan motor ngak bisa di maping ulang oleh user, melainkan setingan sudah dibekukan (freeze) oleh pabrikan dan hanya pabrikan yang bisa merubah setingan. Makanya dalam dunia balap, ECU bawaan pabrik harus dipensiunkan dan diganti ECU aftermarket atau ECU kompetisi. Seperti ECU Sarp yang dikenalkan oleh Suzuki untuk dipakai GSX R150 dalam menunjang performa motor di lintas balap.

 

yamaha jatim

Suzuki telah memberikan fasilitas bagi penyemplak kuda wesinya dalam hal kebut kebutan. Kemarin nih sebelum berita ECU racing Sarp terlebih dulu kenalpot Sarp yang dikenalkan, part racing ini dikenalkan oleh Suzuki. Dengan penambahan kenalpot ini di claim bahwa power Suzuki GSX R150 bisa naik 1,4 PS, sedangkat torsinya bisa naik 0,4 Nm. Lumayan untuk kapasitas penggantian kenalpot saja tanpa merubah kapasitas engine. Hargan kenalpot dibandrol Rp 1,5 juta. Menariknya setelah kenalpot, perangkat ECU racing dengan sebutan ECU Sarp juga dirilis, namanya ECU racing, ECU ini bisa di seting layaknya ECU aftermarket yang sudah menjamur di pasar, dan yang menarik lagi… ECU Sarp ini bisa di seting melalui Operating System (OS) aplikasi Android.

*Gbr. Ilustrasi ECU GSXR150

Berbasis programable, dengan memakai ECU Sarp dan Kenalpot Sarp, power yang diinfokan bisa naik 2 dk. Wow….mantap! Dikutip dari tribunnews (21/7/17) “Kita belum coba di atas dyno, tapi di atas kertas, ECU programmable dan knalpot kira-kira naik 2 dk,” ungkap Riecky Patrayudha – Asst to Dept Head Aftersales & Service PT. SIS. Wah kira kira berapa ni harganya? Harga ECU Sarp sampai artikel ini disirlis (22/7/17) harga masih belum dirilis. Namun dari bocorannya harga ECU Sarp untuk Suzuki GSX R150 ini ngak sampai 2 juta, melainkan satu juta koma sedikit hehehehe 😀 . Iya koma sedikit berapa? Sabar ya, nanti kang Majid update informasinya saat sudah dirilis, perilisan nanti akan dilakukan di GIIAS 2017.

Dikarenakan ECU ini dikeluarkan resmi oleh pabrikan, maka pemasangan ECU Sarp ini ngak bakal mengganggu garansi, garansi motor tetap berlaku alias ngak hangus. ECU racing Sarp bisa menjadi rujukan bagi yang doyan ngebut, namun misalkan untuk harian selain ECU racing, alternatif murahnya kita cukup memakai piggyback, seperti piggyback fuel adjuster lokal merek Iquteche produk lokal yang lagi digemari pengguna motor harian termasuk Suzuki GSX R150 ini (Piggyback Iquteche bisa dilihat disini…), harga piggyback juga lebih pas dikantong, harganya dibawah Rp 500 ribu. Piggyback memiliki harga yang jauh dibawah ECU racing, namun kalau masalah fitur pasti lebih lengkapan ECU racing. Tinggal nyesuaikan dengan kebutuhan saja… jangan sampai berlebihan dan jangan sampai salah milih, supaya ngak jadi mubazir hehehe… :mrgreen: 😎 (cicakkreatip)

 

diagnostic tool

Komentar»

1. Imam - Agustus 24, 2017

1.999.999



%d blogger menyukai ini: