yamaha jatim yamaha jatim

Celah klep menjadi hal yang wajib diperiksa disaat melakukan perawatan berkala, sekali lagi wajib di periksa ya ngak wajib di setel. Jika dalam pemeriksaan memakai fuler gauge ditemukan diluar dari standart, maka baru saat itu wajib dilakukan standarisasi dengan melakukan penyetelan celah klep. Ngomongin celah klep, kang Majid mau ngasih informasi tentang ukuran standart celah klep Yamaha Aerox 155 VVA. Secara… motor ini merupakan skutik baru Yamaha yang lagi naik daun, siapa tau ada teman teman mekanik diluar sana yang membutuhkan informasi standart celah klep Yamaha Aerox. Kira kira ada yang tau berapa ukuran standart celah klep yamaha Aerox 155 VVA? Jika belum ada yang tau yuk dilanjutkan membacanya.

Yamaha Aerox 155 VVA merupakan motor Yamaha dengan engine 155 plus sudah dibekali teknologi valve yakni Variable Valve Actuation (VVA). Bukan berarti jika aplikasi teknologi VVA klep ngak usah di setel, tetap ya… jika ditemukan celah diluar standart harus dilakukan penyetelan. Untuk standart pemeriksaan atau penyetelan valve/klep jika mengacu pada pedoman service, pemeriksaan celakh klep Yamaha Aerox 155 VVA dilakukan setiap 7000km atau jika ukuran bulan adalah tiap 7 bulan. Nah tolong di perhatikan baik baik, jika perlu dicatat. Ukuran standart celah klep Yamaha Aerox 155 VVA adalah:

moladin
  • Klep INtake (masuk) : 0.10 – 0.14 mm
  • Klep EXhouse (buang) : 0.21 – 0.25 mm 

Lakukan penyesuaian celah sesuai ukuran standart diatas. Sebelum berhenti membaca kang Majid ada pertanyaan… Apakah pemeriksaan dan stel klep itu penting? Jawab dalam hati masing masing. Okey, sebagai tambahan informasi, pemeriksaan/penyetelan klep merupakan bagian dari perawatan kendaraan kita, jika perawatan diikuti dengan prosedure yang ditentukan maka jaminan dari pabrikan adalah operasional dan umur kendaraan lebih panjang.

Hal ini akan berimbas pada pengurangan biaya operasional dan perawatan kendaraan yang diakibatkan oleh kerusakan karena minimnya perawatan yang kita lakukan. Bagaimana jika perawatan sudah sesuai prosedur, sudah rutin… tetapi motor rusak? Kalau kita melihat buku pedoman service, service dengan teratur merupakan bagian dari syarat wajib berlakunya fasilitas garansi yang diberikan pabrikan ke konsumen, jadi jika kejadian ini terjadi, maka ngak usah khawatir, pabrikan pasti akan dengan senang hati mengganti part yang bermasalah tersebut lewat fasilitas claim. Okey mudah mudahan sedikit artikel ini bisa bermanfaat ya, artikel ini boleh di bagikan di manapun…dan kang Majid tunggu sharing informasinya di kolom komentar dibawah ya. (cicakkreatip)

11 KOMENTAR

  1. Mau tny sy pny kuda xeon rc 125 injeksi
    Permasalahannya motor setiap ampere bensin berkurang seperempat dari fuel pasti selalu endut2an jalan nya terus mati, saya stater hidup lsng hidup lagi, terus pas sy mau gas untuk jalan paling hanya setengah meter mati lagi, motor seperti itu terus sampai sy isiin bensin full baru motor normal kembali, waktu pertama lampu indikator normal, tp sdh seminggu ini lampu indikator nyala terus.
    Mohom solusi dan bimbingannya ??

    • Hallo Mas David….
      – Sebelumnya apakah keluhan tersebut sudah dibawa ke Bengkel Resmi / Umum mas? Jika belum saran saya langsung dikonsultasikan saja. Tapi sesuai cerita mas David diatas, perkiraan saya melihat kejadian yang sudah sudah bisa jadi penyebabnya :
      1. Fuel tank terisi Air saat cuci motor
      2. Kinerja fuel pump mulai lemah bisa juga dari saringan BBM yg kotor
      3. Injector kotor
      4. Filter udara kotor / tersumbat
      5. Performa busi menurun (ganti)
      6. Prihal lampu indikator nyala, bisa terjadi ketika performa aki mulai menurun.

      Tq komentarnya mas… 😀

    • Hallo mas Sulaiman… Bersih bagaimana mas? Sarans aya ngak melibihi range standart di atas mas, tapi ingat tenaga juga berpenagruh besar terhadap clearance yang pas…

  2. gini lo mas, sayA udah coba pake ukuran 14 in 21 ex, tp masih berisik, sampai saya coba 5 in 5 ex, tp hasil ny, motor mlah gk setabil, ap memang aerox in suara klep ny berisik

    • Disini saya ngak tau tingkat berisik yang di msksud levelnya bagaimana, coba deh dibandingkan sama aerox lain, sama ngak? Kalau sma itu sudah standart motor, kalau ngak, dan klep sudah di seting standart sesuai dengan anjuran pabrik, maka ada beberapa komponen penyebab lainnya. Saran saya di konsultasikan ke Yamaha Service Shop (YSS) Yamaha terdekat mas Sulaiman. TQ

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here