jump to navigation

Diam diam, Yamaha Xmax 250 ternyata basic nya sudah memenuhi Euro 4..? Juni 6, 2017

Posted by cicakkreatip in : berita motor baru, honda, otomotif, yamaha , trackback yamaha jatim cicakkreatip

Di Eropa standart euro 4 untuk roda dua ternyata sudah diberlakukan sejak 1 Januari 2016, menariknya jika selama ini aturan euro itu cuma kita kenal hanya untuk emisi gas buang saja, ternyata di regulasi euro 4 lebih dari itu, banyak yang di atur seperti syarat mutlak emisi gas buang di euro 4 harus turun 70 % dari euro 3, di euro 4 lampu utama wajib menyala saat engine on (AHO), kebisingangan kenalpot (dB), tes durability 20.000 km sebelum motor dijual, pemakaian sistem pengereman ABS pada motor 125cc keatas, 125 kebawah pakai rem terkait macam CBS Honda, dan yang paling bikin gereget, setiap motor euro 4 wajib tertanam sistem OBD. Nah disini yang kang Majid mau soroti, sebenarnya produk yang dirakit oleh salah satu pabrikan R2 di Indonesia sudah bisa dianggap masuk kategori euro 4. Beneran nih! Bisa dilihat kok ciri khas motor yang sudah spek euro 4.

Pabrikan yang kang Majid maksud adalah pabrikan besar asal Jepang dengan logo garputala. Pabrikan ini adalah Yamaha. Pasti belum pada tau bukan kalau Yamaha sudah bikin motor dengan basic spesifikasi standart euro 4. Di motor skutik premium yang baru saja lahir yakni Yamaha Xmax 250 cc ternyata sudah bisa dianggap masuk dalam spek motor euro 4. Mau bukti? Buktinya kalau dilihat dalam perangkat Engine Contorl Unit (ECU), Yamah Xmax sudah tertanam perangkat OBD, jelasnya sistem OBD yang dipakai adalah OBD 2. Nah Gbr. pemeriksaan YDT diatas merupakan bukti bahwa Yamaha Xmax ternyata sudah memakai OBD.

Kode kerusakan pada sistem injeksi yang dikeluarkan bukan lagi 2 digit, melainkan sudah 5 digit layaknya di kendaraan roda 4 yang memakai sistem OBD duluan. Hal ini membuktikan bahwa produk Yamaha ini sudah menggunakan spek euro 4, meski yang dijual di Indonesia saat ini dibuat euro 3. Jika regulasi euro 4 diterapkan di Indonesia, secara spek Yamaha Xmax sudah adem ayem, sudah siap lahir batin heheheh 😀

Sekali lagi, meski diam diam, namun hal ini sudah bisa ditebak dari komentar salah satu petinggi Yamaha beberapa waktu lalu. Walau standar emisi Euro 4 untuk roda dua belum ditetapkan, PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM), melalui GM Aftersales & Public Relation, Muhammad Abidin, kepada Beritagar.id (5/4) mengatakan sudah menyusun rencana jika peraturan tersebut diberlakukan untuk sepeda motor.

Semua pabrikan pastinya bakal beralih ke euro 4, tinggal nunggu ketokan palu dari Menteri Lingkungan Hidup. Nah untuk unit Xmax semua part sudah mendukung euro 4, termasuk perangkat elektronik sistem injeksi. Dikatakan sumber yang kang Majid terima, jika mau ke euro 4 tinggal kasih tambahan selang pernafasan fuel tank saja sudah jadi euro 4. Selang sajaa? Iya…berarti produk Xmax memang sudah dirancang untuk memenuhi regulasi euro 4. Loh kenapa di spesifikasi masih euro 3, hal ini karena di Indoensia untuk kendaraan R2 masih enggan untuk naik level ke euro 4. Yah..bisa dibilang tertinggal jauh dengan negara negara tetangga 😀 Hal ini terkait akan semua lini, terutama kesiapan BBM yang ada di Indoensia, tapi sesuai pengumuman Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan No. P.20/MENLHK/SETJEN/KUM.1/3/20172018 euro 4 di Indonesia bakal diterapin di tahun 2018. Bentar lagi..? hehehehe. (cicakkreatip)

cicakkreatip

Komen via akun Facebook....

diagnostic tool

Komentar»

1. Berapa Konsumsi BBM Yamaha Xmax 250..? | cicakkreatip.com - Juni 21, 2017

[…] Diam diam, Yamaha Xmax 250 ternyata basic nya sudah memenuhi Euro 4..? […]



%d blogger menyukai ini: