jump to navigation

Pasang Piggyback di GSXR150, Ngilangin brebet efek ganti Kenalpot… Juni 4, 2017

Posted by cicakkreatip in : otomotif, suzuki, Tips Motor , trackback
yamaha jatim yamaha jatim

Sudah yang kesekian kalinya kang Majid menerima keluhan bahwa sport fairing 150 cc terlaris dari Suzuki yakni GSXR 150 tarikan awal lemot banget. Eits…jangan berperasangka negatif dulu ya, ini semua ada ceritanya. Motor jadi lemot, hal ini berawal saat kenalpot standart diganti dengan kenalpot racing, “Setelah ganti kenalpot racing tarikan awal malah brebet kayak bensin telat, di gas awal motor masih ngak jalan”, itulah ungkapan Ary selaku owner GSXR putih kepada kang Majid. Kenapa venomena lemot ini bisa terjadi? Bagaimana solusi untuk mengatasinya? Yuk disimak dan dibaca pelan pelan penjelasan kang Majid dibawah ini.

Mendengar keluhan tersebut sebenarnya kang Majid ngak merasa heran sama sekali, soalnya kejadian ini bukan kali pertama, dan bukan hanya dialami oleh Suzuki GSXR saja, rata-rata hampir terjadi di semua motor injeksi keluaran terbaru, terutama yang sudah close loop dan tidak dilengkapinya ECU dengan fitur setting nilai CO. Kejadian yang dialami oleh Ary kali ini sama seperti yang dialami oleh bro Rizky kapan hari (disini artikelnya..), pengguna motor sport terbaru dari Suzuki GSXR 150 dan juga bagian dari GSX community chapter Bekasi ini mengalami hal serupa, saat itu masalah bisa selesai ketika nilai AFR dirubah dengan pemakaian piggyback fuel adjuster Iquteche.

instagram cicakkreatip.com moladin

Dari pengalam diatas sudah bisa ditebak, yang dialami Ary kali ini sama persis, yakni kurangnya suply bahan bakar saat awal akselerasi. Hal ini dikarenakan adanya perubahan karakter di nilai AFR seiring dengan penggantian kenalpot racing. Karena suply BBM yang ngak bisa terpenuhi (miskin), terjadilah efek mberebet saat awal akselerasi, dan biasanya hal ini diikuti dengan efek afterfire, atau letupan letupan kecil saat deselerasi. Adanya venomena ini, biasanya yang dirasakan pengendara adalah hilangnya power saat akselerasi atau awal throttle dibetot.

Solusinya bagaimana? Saat itu bro Ary memilih untuk melakukan maping ulang suply BBM dengan memakai piggyback fuel adjuster Iquteche juga, dan kebetulan untuk instalasi di motor dan sekaligus setting dilakukan oleh bengkel Mins Motorsport (MMS) yang bermarkas di Jl. Raya Bumi Sani Permai, Ds. Setia Mekar, Tambun Selatan Bekasi (telp. 08783448298). Keuntungan tersendiri dalam memakai piggyback Iquteche ini, karena seting bisa dilakukan di tiga range rpm tertentu, yakni di rpm bawah (low), tengah (midle) dan high (atas).

Memang tujuannya memperbaiki putaran bawah, jadi sudah bisa ditebak bukan, saat itu yang di setting awal adalah di kitiran bawah yakni di range 0 rpm sampai 3000 rpm. “Kita coba tahap, pertama kita naikkan +10% namun masih kurang enak tarikannya, hingga kita kasih +15% lebih boros barulah tarikan terasa enak” Ungkap Kiki Gunawan selaku mekanik andalan bengkel MMS motor yang menangani motor bro Ary. Saat itu putaran bawah sudah enak, gejala lemot atau mberebet sudah hilang dengan suply BBM ditambai lebih kaya (rich) sebanyak +15%, nah karena merasa putaran tengah dan atas butuh menyesuaikan juga, saat itu di putaran tengah dikasi +22% lebih boros dan di putaran atas yakni 7000 rpm ke atas dikasih +30%, tarikan motor terasa enteng.

“Di putaran tengah awalnya di urut, pertama pakai +10% motor kurang enak, lanjut +18% power masih nahan, dan terakhir ketemunya di +22% baru enak.” Bilang Kiki Gunawan ke kang Majid. Nah terasa nanggung, putaran atas juga di setting, saat itu langsung dikasih +20% lebih boros, namun  masih kurang, “Diurut dari +20%, ke +25%, dan +30%, ketemu enaknya di +30%,” Imbuh Kiki.

Yups…bisa diingat ya, jika perlu di save atau di share di sosmed masing masing artikel ini, terutama bagi pengguna Suzuki GSXR 150 cc, settingan di piggyback yang digunakan bro Ary pada motornya di putaran bawah (0-3000rpm) memakai setingan +15%, putaran mesin midle (3000-7000) memakai setingan +22% dan setingan di hi rpm (7000 >) memakai +30%. Motor terasa ngacir….seperti testimoni bro Ary melalui WhatsApp dibawah ini. Sampai disini artikelnya, semoga berguna, dan bisa menajadi referensi untuk pengguna motor injeksi yang ingin performa motornya lebih dari standart, yang merasa power motornya drop saat ganti kenalpot seperti kejadian diatas, resep bro Ary ini bisa dicoba. Jangan lupa sharing di kolom komentar ya. (cicakkreatip)

Testimoni :

Contact pembelian Piggyback ➡

diagnostic tool

Komentar»

1. Kobayogas7 - Juni 4, 2017
2. Imanuel - Juni 8, 2017

Wah tq banget bang refrensinya… piggyback memang membantu banget, dimana bisa untuk ngatur AFR, kalau di karbu itu kayak sepuyer, ngiritin dan borosin motor. Yang ngak ada pada motor injeksi..jadi gampang sekarang.

cicakkreatip - Juni 13, 2017

TQ juga mas… sama sama 😀

3. Scoet Qiubi Qubi - Juni 8, 2017

Keren ya, produk lokal ni, dan tentnya murah meriah hehehe. Cintai prloduk ploduk negeri… saya borong bang hehehe 😀

4. Moch Baha' - Juni 8, 2017

Kang bisa ngak buat All New CBR 150? dan apakah ada cara pemasangannya?

cicakkreatip - Juni 13, 2017

Bisa mas, pokoknya motor injeksi bia semua… dibawah ini link artikel saya yang sudah dipasang di CBR150 mungkin bisa dibuat baca bacaan atau tambahan referensi… Tq http://cicakkreatip.com/2017/04/23/ganti-kenalpot-racing-perlu-pasang-piggyback/

5. Cak Dar Warkop - Juni 8, 2017

Kang, posisi dimana? bisa saya beli terus pasang sekalian? saya di Surabaya…info ya. Sudah gatel bawa mtr lemot… info ya

cicakkreatip - Juni 13, 2017

Hallo cak Dar…posisi saya ada di Sidoarjo Jawa Timur, tepatnya di daerah Sepanjang, samping pabrik Herocyn (coronetcrown). Silahkan kalau mau pasang sekaligus seting…langsung bisa contack saya dibawah ini :

BBM : 5CEC5AAC
WhatsApp / Telp / SMS : 085733637733
Email : adm.cicakkreatip@gmail.com

6. Piggyback / Fuel Adjuster Iquteche untuk motor Injeksi, Dongkrak power? | cicakkreatip.com - Juni 21, 2017

[…] Pasang Piggyback di GSXR150, Ngilangin brebet efek ganti Kenalpot… […]

7. Pasang Piggyback Iquteche di Honda CBR250R Single Cylinder… | cicakkreatip.com - Agustus 6, 2017

[…] Pasang Piggyback di GSXR150, Ngilangin brebet efek ganti Kenalpot… […]



%d blogger menyukai ini: