jump to navigation

Pasang Piggyback di KLX 250 SF untuk usir gejala BACKFIRE… Mei 27, 2017

Posted by cicakkreatip in : otomotif, Tips Motor , trackback
yamaha jatim cicakkreatip

 

Beberapa hari yang lalu, kang Majid dapat pesan singkat melalui WhatsApp dari bro Dadan Wardana selaku pengguna Kawasaki KLX 250 SF yang berdiam di sebuah kota yang mempunyai julukan kota taman, yup kota tersebut adalah kota Bontang Kalimantan Timur. Pengguna motor Kawasaki dengan genre adventure ini sengaja menghubungi karena saat itu ingin sharing tentang pemakaian piggyback di motornya. Hal ini dikarenakan saat itu kuda besi yang ditungganginya setiap hari tersebut saat throttle di turunin secara tiba-tiba (deselerasi) motor mengalami gejala nembak nembak disertai api keluar dari ujung kenalpot, istilah teknisnya gejala ini dinamakan backfire. 

Memangnya apa sih Backfire itu? Sebelum mengulas lebih lanjut, kang Majid jelaskan dulu ya tentang asal muasal terjadinya backfire. Gejala backfire terjadi disaat mesin bekerja, umumnya backfire banyak terjadi pada motor dengan sistem karburator, namun motor injeksipun juga bisa terserang backfire jika terjadi masalah pada sistem bahan bakar nya. Venomena backfire atau letupan disertai api ini ada dua jenis, pertama backfire yang terjadi di jalur masuknya udara dan bahan bakar (intake) dan yang kedua backfire terjadi di jalur pembuangan hasil pembakaran bahan bakar (exhaust).

yamaha jatim

BACKFIRE DI JALUR INTAKE :

Backfire atau ledakan yang terjadi di jalur intake biasanya diakibatkan karena campuran udara dan bahan bakar didalam karburator tidak sempurna, campuran saat itu terlalu miskin / kurus. Perbandingan bahan bakar dan udara lebih banyak udaranya, sehingga membuat campuran bahan bakar dan udara tersebut mengalami keterlambatan saat proses pembakaran, faktor lain adanya abnormal pada valve (terganjal). Imbasnya saat klep (valve) exhaust membuka untuk proses pembuangan, panas yang dihasilkan akan membakar bensin yang tidak terbakar tadi, ketika panas itu mulai membakar bensin, saat itu valve intake membuka untuk proses pemasukan bahan bakar, hasilnya terjadilah ledakan yang apinya bisa menyulut menyebar sampai ke filter udara dalam sekejap.

BACK FIRE DI JALUR EXHAUST :

Sedangkan backfire yang terjadi di jalur exhaust / pembuangan, penyebabnya adalah kebalikannya, yakni karena campuran bahan bakar dan udara terlalu kaya (boros). Hal ini menyebabkan bahan bakar yang tidak terbakar ketika keluar melewati kenalpot terbakar kembali karena panas di kenalpot. Faktor lain selain campuran bahan bakar, backfire di jalur exhaust ini juga bisa diakibatkan karena timing pengapian yang ngak pas (terlambat).

PENANGAN BACKFIRE :

Imbas backfire ini ujung ujungnya karena aplikasi kenalpot freflow (racing), disetiap pemakaian kenalopt racing pada motor injeksi rata rata diikuti dengan permintaan nilai air fuel ratio (AFR) yang berbeda. Kang Majid sering menjumpai, bikers melakukan ganti kenalpot malah ngak enak…dan ujung ujungnya setelah ditelisik hal ini karena AFR di putaran bawah yang ingin lebih kaya, akhirnya pakailah piggyback fuel adjuster (lihat disini…) untuk mengatur ulang nilai AFR. Perlu diketahui bahwa disetiap motor dengan pemakaian jenis kenalpot yang beda maka kebutuhan nilai AFR juga berbeda. Ngak bisa disamakan dengan kenalpot standart.

Kalau kita pernah melihat film aksi Amerika yang disutradarai oleh F. Gary Grayyakni, yakni “The Fate of the Furious”, venomena backfire ini terlihat keren, bayangkan saja…kenalpot bisa keluar api ketika mau start (akselerasi), tetapi kalau untuk motor harian jangan berani bilang keren ya…hehehe, karena kejadian backfire ini efeknya sangat merugikan untuk urusan performa motor…terutama mesin menjadi kehilangan tenaga dan konsumsi bahan bakar yang bros.

Karena sudah tau tentang gejala backfire, maka yang dilakukan Dadan Wardana saat itu adalah mengatur ulang AFR, pastinya settingan dibuat kurus terutama di putaran bawah. Dan dari komentarnya venomena letupan di kenalpot atau backfire yang terjadi selama ini sudah hilang. Tidak hanya itu, performa motor juga makin mantap. Hem..seperti apa testimoni dari bro Dadan Wardana…langsung saja bisa dilihat screnshoot percakapan kang Majid yang sudah ada dibawah ini. Sebelumnya kang Majid ucapkan terimakasih banyak kepada bro Dadan Wardana atas foto dan testimoni yang diberikan. Maturnuhon 😀 (cicakkreatip.com)

Contact pembelian Piggyback  ➡

cicakkreatip
diagnostic tool

Komentar»

1. Piggyback / Fuel Adjuster Iquteche untuk motor Injeksi, Dongkrak power? | cicakkreatip.com - Juni 21, 2017

[…] Pasang Piggyback di KLX 250 SF untuk usir gejala BACKFIRE… […]

2. Pasang Piggyback di Vespa LX 150! Berikut testimoninya… | cicakkreatip.com - Agustus 9, 2017

[…] Pasang Piggyback di KLX 250 SF untuk usir gejala BACKFIRE… […]



%d blogger menyukai ini: