jump to navigation

Cara pasang Piggyback Fuel anduster Iquteche di motor satu silinder… Mei 26, 2017

Posted by cicakkreatip in : otomotif, Tips Motor , trackback
yamaha jatim yamaha jatim

Part after market piggyback kian hari makin diminati bagi pengguna motor fuel injection, piggyback kini sudah menjadi jajanan wajib bagi motor injeksi yang membutuhkan suplement supaya larinya lebih kencang. Bukan hanya itu, piggyback juga dibutuhkan guna memenuhi Air Fuel Ratio (AFR) motor terutama yang sudah memakai kenalpot racing. Trend pemakaian piggyback tentunya juga seirama dengan mulai masuknya pengetahuan teknologi fuel injection di kalangan bengkel umum yang ada di Indonesia, bisa dibuktikan kok…product piggyback lokal buatan Iquteche sudah ada dari beberapa tahun yang lalu, namun di tahun tahun inilah mulai terlihat distribusi piggyback yang sangat besar.

Dalam perkara piggyback kebanyakan difungsikan sebagai maping ulang suplay BBM serta pengapian yang tidak bisa dilakukan disaat masih mempertahankan ECU standart. Piggyback merupakan rangkaian electronic yang mempengaruhi sistem injection, pemasangannya-pun harus sabotase sistem kelistrikan fuel injection. Kang Majid kasih contoh satu saja pemasangan piggyback lokal yang lagi naik daun, yupz…piggyback ini namanya fuel adjuster yang diproduksi oleh Iquteche Racing. Aplikasi ke motor, harga piggyback serta setting yang mudah membuat piggyback ini kian diminati di negeri sendiri. Nah kira kira bagaimana profil jalur pemasangan piggyback fuel adjuster ini? yuk yang ingin tau langsung disimak Gbr. wiring diagram ada dibawah.

yamaha jatim
 

A post shared by cicakkreatip.com (@cicakkreatipblog) on

Sengaja untuk gambar wiring kang Majid ambil dari Instagram, kalau mau follo instagram kang Majid monggo disini…hehehehe sekalian promosi yak. Oke langsung penjelasan, sudah bisa dimengerti kan jalur pemasangan piggyback Iquteche diatas? piggyback ini termasuk jenis pengolah data akhir, makusdnya? dalam piggybac biasanya dipasang sebelum ECU dan ada yang dipasang sesudah ECU. Artinya apa? jika terpasang sebelum ECU berarti piggyback difungsikan sebagai pemanipulasi data laporan sensor yang diberikan ke ECU, laporan di manipulasi sesuai setingan yang kita lakukan, imbasnya si ECU akan bertindak sesuai laporan tadi. Nah kebetulan piggyback Iquteche yang kali ini kita bahas merupakan piggyback yang dipasang sesudah ECU, artinya data aktual perintah kerja yang diberikan oleh ECU akan diolah kembali di piggyback sesuai dengan yang kita harapkan. 

Piggyabck buatan Iquteche diatas kerjanya memanipulasi kembali data dari ECU yang mau disampaikan ke Injector. Makanya di wiring terlihat jelas, kabel signal dari ECU yang menuju Injector di potong terus dimasukkan terlebih dahulu ke piggyback dengan disambung kabel piggyback yang aberwarna kuning. Signal dari ECU yang menuju injector saat itu dikelola di piggyback, setelah itu dikeluarkan ke Injector dengan kondisi perintak 9signal) yang sudah berubah. Karena ini basic-nya mainan voltase, maka untuk bisa melakukan kerja dengan baik, kabel hitam sama merah dihubungkan ke Aki/Battery. Hitam berarti negative (-), merah berarti positive (+), bisa langsung diikutkan kabel main switck (kunci kontack). Baca lebih lengkap Piggyback / Fuel adjuster Iquteche disini…

Kang Majid kira ngak susah dalam pemasangannya, bagi yang suka bongkar motornya sendiri yakin gampang sekali pasang piggyback ini. Harganya sangat jungkir balik, Iquteche bandrol Rp. 450 ribu. Ngak pakai OTR ya hehehe 😀 Sebagai penutup, intinya kerja piggyback yang kita bahas ini bisa dibuat untuk menambah dan mengurangi suply BBM yang dilakukan oleh Injector. Dan menariknya setting bisa kita lakukan di tiap rpm tertentu, jadinya setingan yang kita lakukan minim sekali berimbas di putaran kerja mesin yang ngak kita kehendaki. Yupz..dibutuhkan sekali secara jenis injeski sekarang kebanyakan tipe close loop, yang mana nilai AFR di setiap kerja engine tetap stabil bahkan bisa dikatakan sama. Benar tuntutan standar emisi gas buang bisa tercapai, tuntunya efisiensi (ECO) pemakaian BBM bisa dipenuhi, namun kalu untuk kencang kencangan, ngak deh hehehe. Makanya butuh piggyback, atau minimal sebuah manipulator 02 sensor. (cicakkreatip)

Contact pembelian :

 

diagnostic tool

Komentar»

1. Imam - Mei 30, 2017

Ra mudeng

2. Jayakartaa Giri - Juli 11, 2017

mo nyeting melalui laptop gmn caranya, urutannya.
ini sy beli disitu ada cd tp ko kosng ga ada sofeware nya jadi hanya cd kosong, kumaha atuh.

3. cicakkreatip - Agustus 3, 2017

Hallo mas Jayakarta…. Caranya sama seperti nyeting di android. Prihal CD kosong biasanya CDroom dari komputer kita pembacaannya sdah menurun, bisa dicoba di laptop lain mas.



%d blogger menyukai ini: