jump to navigation

Pasang Injector GSXR150 di Satria FI, katanya lebih kencang… Mei 5, 2017

Posted by cicakkreatip in : otomotif, suzuki, Tips Motor , trackback
yamaha jatim cicakkreatip

Suzuki GSX-R150 memang mempunyai power puncak yang gedhe banget, bisa dibilang diatas kompetitor. Jika ditelusuri lebih dalam, engine yang dipakainya juga ngak jauh jauh seperti yang dipakai Suzuki Satria FI. Tapi, kenapa larinya lebih kencang? Sebelumnya perlu diketahui bahwa engine GSX-R150 memang hasil pengembangan dari basic engine Satria FI, namun tentunya ada part yang dirubah, dimana part inilah yang juga berpengaruh besar pada power yang ada.

Kang Majid ngak sebutin banyak, satu saja part yang beda dengan Suzuki Satria FI, part tersebut adalah Injector. Yup injector merupakan part penyuplay BBM ke ruang bakar, antara Suzuki Satria FI dan Suzuki GSX ternyata injectornya berbeda, lubang injector lebih banyak punya GSX-R150. Nah disinilah yang jadi pembasan utama, karena untuk mengejar speed, injector GSX dikanibal untuk dicangkok di Suzuki Satria.

yamaha jatim

BEDA LUBANG BEDA FLOW RATE :

Beda injector beda flow rate, pasti! Lubang injector Suzuki Satria jumlahnya ada 4 lubang, untuk injector Suzuki GSX ada 10 lubang. Untuk memenuhi asupan BBM di high rpm maka wajar Suzuki GSX dipasang injector dengan lubang yang lebih banyak, harapannya suply BBM makin terpenuhi. Injector GSX berwarna hijau, kodepart-nya 15710-23K00-000, harganya sendiri dibandrol Rp 130 ribu.

Dari hasil pengujian flow rate yang dilakukan oleh Otomotif dengan pemberian BBM bertekanan 3 bar dan dilakukan selama 15 detik, BBM yang mampu dikeluarkan oleh injector Satria sebanyak 4,25 cc, sedangkan punya GSX-R150 mampu mengeluarkan 47,5 cc. Hitungan flow rate biasanya per menit, makanya dari hasil perhitungan tinggal dikalikan 4 saja. Ketemunya injector Suzuki Satria memiliki flow rate 170 cc/menit, sedangkan Suzuki GSX-R150 190 cc/menit. Nah selisih bukan? selisih 20 cc/menit-nya.

POWER JELAS NAIK :

Motor yang di ujicoba kali ini sudah menggunakan beberapa rombakan mulai kenalpot, piggyback dan lain sebagainya. Nah saat itu jika memakai injector standart ketemu powernya 12,526 dk@9.806 rpm dan torsinya 9,64 Nm@8.568 rpm, ketika dilakukan penggantian injector milik GSX-R150 hasil power yang didapat sebesar 13,973 dk@10.955 rpm dan torsi 9,85 Nm@9.133 rpm. Lumayan bukan perubahannya? Sebagai catatan saja saat pemasangan injector saat itu diperlukan piggyback Juicebox dari Two Brothers sebanyak 5% untuk seting ulang AFR, target AFR saat itu adalah 13:1. Pilihan lain selain Juicebox, bisa juga memakai Piggyback Fuel Adjuster dari Iquteche racing.

Yups itulah hasil dari oprek injector. Injector memang berperan penting dalam urusan performa, injector bertugas menyuplay BBM ke ruang bakar secara homogen. Intinya yang diaMbil dari injectro Suzuki GSX-R150 kali adalah flow rate yang lebih besar ketimbang injector bawaan Suzuki Satria FI. Cocok nih untuk pemburu speed, mau coba pakai injector GSX? (cicakkreatip)

Gbr. Otomotif

cicakkreatip
diagnostic tool

Komentar»

1. Kobaykreatif - Mei 5, 2017

Bisa dianggap ini yg terakhir ya.. Pasokan bensin diperbanyak karena injector std udah gak mumpuni…

cicakkreatip - Mei 5, 2017

Hehehe..tapi ya gitu, tamba piggyback lagi buat ngatur AFR hehehe 😀



%d blogger menyukai ini: