jump to navigation

Jaringan Bengkel Mitra Suzuki mulai diperbaiki… April 5, 2017

Posted by cicakkreatip in : otomotif, suzuki , trackback
yamaha jatim cicakkreatip

Sedikit demi sedikit Suzuki Indonesia (SIS) mulai kembali berkompetisi dengan pabrikan Jepang lain. Kita semua tau bahwa di tahun 2017 ini Suzuki mulai menunjukkan keberadaannya, sedikit demi sedikit mulai berbenah, mulai dari produk, promosi hingga, marketing dan layanan after sales. Kini produk Suzuki sendiri sudah mulai kembali terlihat di pasaran, bahkan sekarang ini kian terdengar suara keberhasilan sport 150cc Suzuki GSX 150. Sukses dengan produk baru! sekarang giliran menyelesaikan PR yang sudah mulai harus dikerjakan, pekerjaan rumah yang dimaksud adalah jaringan layanan after sales.

Saat kondisi penjualan Suzuki turun drastis jaringan shop dealer di berbagai daerah memilih tidak memperpanjang MOU kerjasama alias tutup. Kenapa? bagi pengusaha melihat saat itu bisnis dengan Suzuki sudah tidak menguntungkan lagi. Ngak heran jika saat itu banyak dealer yang kukut (tutup). Nah saat ini beda cerita, spirit untuk tumbuh Suzuki sangat bagus. Sekarang ini disaat unit baru Suzuki kondisinya sudah mulai membaik, produknya sudah mulai banyak di pasar, team service division PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) secepatnya harus menyiapkan jaringan bengkel untuk layanan aftersales.

yamaha jatim

Untuk memenuhi layanan after sales yang baik. Sekarang ini Suzuki sudah menyiapkan setrategi. Suzuki berkomitmen membuka jaringan bengkel mitra, dari pemberitaan di media sendiri, kata Yohan Yahya, Department Head Marketing and Sales 2Wheel PT SIS kepada Otospirit di Jakarta. “Kami sudah melakukan kerjasama dengan bengkel mitra, kebanyakan dari dealer-dealer ini dikelola oleh mantan mekanik-mekanik Suzuki. Kami sudah menyiapkan 300-an bengkel mitra sampai bulan Maret 2017. Jika digabungkan dengan bengkel non-mitra, jumlahnya mencapai 694 dealer”.

Profil Bengkel Mitra :

Hampir semua pabrikan mempunyai bengkel rekanan atau disebut dengan bengkel mitra, umumnya bengkel mitra dipilih karena keberadaan suatu daerah yang jauh jangkauannya dari bengkel resmi (rural). Untuk urusan yang ada pada Suzuki kali ini bengkel mitra dipilih sebagai upaya mengembalikan performa layanan after sales dengan cepat, hal ini dilakukan karena banyaknya jaringan Suzuki yang sudah tidak memperpanjang MOU kerjasama lagi. Bengkel mitra sendiri umumnya merupakan bengkel umum yang menjadi mitra resmi jaringan bengkel dari suatu pabrikan seperti Suzuki. Nah disini mungkin Bro sumua punya bengkel umum bisa tuh ngajukan sebagai bengkel mitra Suzuki.

Layanan Bengkel Mitra :

Dalam hal pelayanan, bengkel mitra bisa menerima service layaknya di bengkel resmi Suzuki. Cara kerja mekanik juga sesuai dengan SOP yang diterapkan oleh Suzuki meski tidak semua SOP bisa berjalan. SOP yang dimaksud mulai dari sistem kerja, kelengkapan dan standart tools yang digunakan, hingga sumber daya manusia sesuai dengan SOP yang ada. Karena dari pihak Suzuki sendiri telah memberikan training terlebih dahulu sebelum bengkel mitra beroperasi.

Bedanya Bengkel Mitra :

Yang namanya bengkel mitra cuma sebatas bengkel rekanan, tidak semua SOP di bengkel resmi bisa dijalankan, jadi tidak semua regulasi bengkel resmi digunakan. Kalau kita mengunjungi bengkel mitra jangan heran kalau semua motor dari segala merek masuk bengkel, pasalnya bengkel mitra sebenarnya sama seperti bengkel umum, semua motor boleh masuk, tetapi yang menjadi pembeda adalah bengkel mitra bisa menangani service gratis motor baru yang masih menggunakan kupon gratis.

Yang menjadi pembeda lagi penanganan motor Suzuki di bengkel mitra lebih diperioritaskan dan tentunya segala hubungan mengenai technical, SOP dan cara penanganan motor pasti lebih baik jika dibandingkan bengkel non mitra (umum). Hal ini karena mekanik di bengkel mitra sudah melewati fase training dari Suzuki. Terakhir yang jadi pembeda lagi di bengkel mitra adalah akses ke Suzuki, akses bengkel sendiri lebih mudah, jadi kalau masalah waranty, ketersediaan sparepat harusnya lebih bagus jika dibanding bengkel non mitra.

Dengan adanya bengkel mitra sekaligus menjadi solusi mudah agar PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) bisa memperbaiki jaringan after sales dengan cepat tanpa menunggu owner mengajukan bengkel resmi. Masalah bengkel mitra di Jawa sendiri bisa ditemukan di beberapa provinsi. Nah untuk pengecekan lokasi atau alamat bengkel mitra Suzuki caranya adalah dengan melihat langsung daftar bengkel mitra yang sudah menjadi rekanan Suzuki di website reminya disini. Semoga bisa membantu bagi yang membutuhkan layanan service motor Suzuki, semoga di tahun ini Suzuki bisa maju bersaing di pasar nasional. Amin….(cicakkreatip)

cicakkreatip
diagnostic tool

Komentar»

1. wrdblog - April 6, 2017

mending bengkel resminya aja dulu di perbanyak, berikan insentif buat bikin beres dengan standar pabrikan

http://wrdblog.com/pcx-lokal-di-pending/

2. cicakkreatip - April 6, 2017

Nah ini masalahnya, tidak gampang ngajak juragan yang banyak duit untuk buka bengkel resmi. Setidaknya butuh proses, nah saat ini product Suzuki sudah mulai banyak…jalan satu satunya ajak bengkel mitra. 😀



%d blogger menyukai ini: