Yamaha QBIX… Memang Asli Kotak skutik baru ini

yamaha jatim yamaha jatim

Kalau kita jelih mengkuti perkembangan dunia otomotif, gak cuma teknologi saja yang berkembang dengan baik, namun masalah tampilan juga kian hari makin menarik. Yamaha Thailand baru saja memperkenalkan motor matic Yamaha terbaru bernama Qbix. Menjadi sorotan pada skutik ini adalah menganut garis desain yang berbeda dengan skutik pada umumnya. Yamaha Qbix memiliki desan kotak kotak yang keluar dari garis desain meruncing. Apa saja yang menarik dari Yamaha Qbix, yuk dilanjutin bacanya.

instagram cicakkreatip.com moladin

Filosofi Garis Desain :

Peluncuran Yamaha Qbix dilakukan di Bangkok International Motor Show (BIMS) 2017 di Impact Challenger, Pak Kret, Thailand. Nama Qbix sendiri terinspirasi dari nama mainan puzzle ‘Cubic’, dimana mainan yang serba kotak kotak tersebut menggambarkan bentuk desain yang dianut oleh skutik baru Yamaha ini. Di Thailand, Yamaha QBIX dijual dalam 3 varian, yakni versi Standar, S, dan ABS.

    

Headlight Full LED :

Lampu depan Yamaha Qbix sudah menggunakan LED. Yang unik desain lampu memiliki bentuk persegi panjang, kebayang ngak kesan futuristiknya?. Kalau cicakkreatip pribadi desaink serba kotak tersebut kesannya moderen dan lebih ke arah desain motor zaman digital. Yamaha Thailand memberi tagline skutik ini dengan sebutan ‘The Digital Automatic Bike’. Nah karena tagline nya seperti itu, sudah bisa ditebak bahwa untuk konsumen yang dituju mengarah pada kalangan muda yang hidupnya tak bisa lepas dengan gadget. Anda termasuk gak Bro??.

Full LED Taillight :

Bukan hanya lampu depan saja yang harus menggunakan LED, lampu belakang termasuk lamu kota dan rem sudah memakai LED. Kesan yang di timbulkan saat semua lampu menyala sangat menarik sekali. Penekanan yang menarik karena tidak menggunakan lampu bohlamp atau lampu Incandescent, maka konsumsi pemakaian listrik lebih hemat. Bayangkan saja, biasanya pakai lapu bohlam bisa sampai 35 watt, pakai LED cuma 5 watt saja.

Full LCD Digital Meter :

Coa deh amati foto diatas. Cari speedometer nya…coba jawab apa yang Anda pikirkan? Kotak seperti gadget hehehe 😀 . Tidak hanya body namun piranti informasi display juga memiliki desain kotak. Desainnya berbentuk gadget, desain ini merupakan desain inovatif yang searah dengan garis desain. Ingat, digital meter atau speedo meter diatas sudah Full LCD.

Mobile Charger Socket :

Penelitian dari SecurEnvoy telah menemukan bahwa kurang lebih 66 persen dari pengguna ponsel mengidap Monophobia?. Monophobia sendiri merupakan jenis fobia yang ditandai dengan ketakutan berlebihan ketika meninggalkan ponselnya, memeriksa ponselnya hingga 34 kali per hari, dan ketakutan juga ketika kehabisa battery. secara kebutuhan pabrikan sadar banget mengenai konsumen konsumennya tersebut, jadi jangan heran kalau Yamaha Qbix ini juga dilengkapi dengan MobileCharger Socket / Electric Power Socket 12V yang bisa digunakan pengendara untuk charger ponsel dengan motornya sendiri.

Bagasi 22.5 L :

Yamaha Qbix di desain dengan ukuran bagasi dengan ukuran  22.5 L. Helm In terutama helm bawaan seperti terlihat pada gambar diatas. Ukuran bagasi ini memang lebih besar jika dibandingkan dengan matic entry level Yamaha lainnya. Namun kalau dibandingkan dengan matic premium Yamaha Nmax dan NVX selisih sedikit ya 😀 .

Remote Open Key & Answer Back :

Yang ke sekian kalinya di matic Yamah, baik itu di Indonesia maupun di Thailand. Yamaha Qbix dilengkapi dengan fitur remote seperti yang digunakan pada All New Fino di Indonesia. Remote ini bisa di buat untuk mencari posisi motor saat di parkir, istilah nya Answer Back. Ke dua remote bisa difungsikan untuk membuka penutup kunci. Makin moderen, dan tentunya praktis.

Fitur Stop & Start System (SSS) :

Sudah menjadi standart Yamaha jika sekarang ini skutik terbarunya terutama yang di launching pada tahun 2017 ini telah menggunakan fitur Stop Start System atau disingkat dengan SSS. Fitur yang satu ini diterapkan juga di Yamaha Qbix, fitur ini bekerja untuk mematikan engine secara otomatis (tanpa kunci kotack off) saat pengendara berhenti selama 5 detik, motor yang sudah memakai fitur ini ketika fitur aktif untuk menghidupkan engine cukup dengan memutar handel grip / gas. Di Indonesia sendiri SSS sudah diterapkan pada Yamaha Mio M3 SSS, All New Soul GT SSS serta Yamaha Aerox 155 VVA. Dengan aplikasi fitur ini konsumsi bahan bakar makin irit, pasalnya fitur ini mampu mengurangi bahan bakar yang terbuang sia – sia. Dengan tambahan fitur ini setidaknya bahan yng terbuang bisa ditekan 7% nan. Untuk penejlasan cara kerja fitur SSS bida dibaca pada artikel cicakkreatip dibawah ini.

Syarat Fitur Stop Start System (SSS) Yamaha bisa Aktif…

Aplikasi ABS di 125 cc :

Ini yang cicak asli pertamakali menjumpai bahwa matic dengan kapasitas engine 125 cc sudah memakai ABS, secara di Indonesia sendiri baru matic 150cc ya. Yamaha memberikan safety yang lebih pada Qbix dengan mengaplikasi sistem pegereman Antilock Braking System (ABS). ABS diharapkan mencegah terjadinya kecelakaan akibat pengendara melakukan pengereman secara mendadak. Dengan ABS akan mencegah kampas rem agar tidak mengunci terus menerus disaat kondisi pengendara sedang panic braking. Sekali lagi karena urusan safety ABS dipasang, meski secara kalau merunut regulasi Euro 4 motor 125 cc cukup pakai kombi brake saja. Tanda bintang, *untuk yang memakai sistem pengereman ABS bukan semua versi, cuma khusus versi ABS saja. Versi standart tanpa piranti ABS.

Ukuran Ban dua versi :

Yamaha Qbix hadir dengan 3 varian. Nah ternyata ukura ban berbeda, untuk yang versi standart memakai ukuran roda depan 100/90-12 dan belakang juga 110/90-12. Untuk yang versi S dan ABS ukurannya ban depan 130/70-12 dan belakang 140/70-12. Yamaha memberikan penawaran menarik, ingin yang gambooth ya wajib pilih versi S atau versi ABS. Karena pemakaian ban yang berbeda otomatis berat tiap varian juga berbeda?. Menurut Anda yang paling berat yang mana?. Karena ada tambahan elektronik ABS maka yang paling berat adalah versi ABS yakni 108kg, versi standart 103kg, versi S 106 kg.

Smart Key System (SKS) :

Wow…ini jawaranya. Sudah melihat Yamaha Aerox 155 VVA versi S? kalau sudah pasti Anda bakal menjumpai fitur Smart Key System atau disingkat SKS. Fitur ini juga diterapkan pada Yamaha Qbix versi ABS. Fitur ini merupakan aplikasi bentuk dari kunci canggih yang diterapkan pada matic Yamaha. Smart Key System dalam kata lain pengendara dalam menghidupkan motor tanpa memakai anak kunci konvensional, melainkan hanya cukup membawa Smart Key yang berbentuk remote berdekatan dengan motor. Untuk On / Off , kunci kemudi serta buka bagasi, isi bensin cukup memutar knob yang ada di motor. Sebagai catatan, knob dapat di operasikan kalau Smat Key kita bawa dan jarak dengan motor kurang lebih 10 cm. Canggih bukan!.

Engine Blue Core :

Mesin tadi di klaim oleh Yamaha Thailand merupakan mesin yang irit bahan bakar dan ramah lingkungan. Mesin yang pakai sudah menggunkan teknologi Blue Core dengan kelebihannya yakni membuat konsumsi BBM lebih efisien, Bertenaga serta Handal bro!. Yamaha QBIX dibekali mesin 125 cc, eninenya kalau di lihat basicnya persis seperti mesin milik Mio M3. Power puncak bisa mencapai 9,5 dk di 8.000 rpm dan torsi 9,6 Nm di 5.500 rpm.

Harga Yamaha Qbix :

Di Thailand Yamaha Qbix dibandrol Rp. 23 jutaan. Rinciannya Yamaha Qbix versi standart dihargai 53500 baht atau setara Rp.20,7 jutaan. Varian kedu versi S berada pada kisaran 56000 baht atau setara Rp.21,7 jutaan. Terakhir, harga Yamaha Qbox versi ABS dihargai 59900 baht, setara dengan Rp.23,2 jutaan.

Lengkap deh tentang Yamaha Qbix. Memang masih dirilis di Thailand, bisa jadi kalau animo peminat Yamaha Qbix di Indonesia bagus, mungkin mungkin saja nantinya YIMM juga bakal merilis Qbixkh di Indonesia. (cicakkreatip)

Gbr. yamaha-motor.co.th, naikmotor, xe.thinte.vn

2 Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*