jump to navigation

Injector Cleaner… Tools Pembersih Injector motor Injeksi… Februari 8, 2017

Posted by cicakkreatip in : campur , trackback
yamaha jatim cicakkreatip

Sudah menjadi hal yang wajib bongkar pasang karburator disaat service berkala. Kenapa? hal ini perlu dilakukan untuk membersihkan endapan kotoran pada komponen Main jet & Pilot jet. Apakah perlakuan ini sama pada motor injeksi? pasalnya dalam motor injeksi sendiri sudah tidak ada karburator, melainkan penyuplai bahan bakar dilakukan oleh komponen Injector…?

Memang tidak ada komponen karburator, namun bisa dibilang injector merupakan komponen pengganti Main jet & Pilot jet, komponen injector sama sama dilalui bahan bakar. Bedanya jika di motor karburator bahan bakar jadi kabut karena adanya perbedaan tekanan…jika injector karena adanya tekanan tinggi dari fuel pump (pompa BBM). Jika dibandingkan…untuk perawatannya karburator butuh di bongkar, untuk motor injeksi sebenarnya tanpa bongkar pun sudah bisa di bersihkan, memang pembersihan injector lebih praktis. Mau tau caranya? Yuk dilanjutkan bacanya…

yamaha jatim

Pembersihan injector bisa lebih praktis jika dibandingkan pembersihan pada Main jet & Pilot jet karburator, hal ini karena alat Injector Cleaner (pembersih injector) sudah sangat mendukung dan tentunya lebih modern. Jenis Injector Cleaner yang beredar di Indonesia sendiri memang ada bermacam macam, ada lokal ataupun mendatangkan dari negeri Tiongkok atupun USA.

Yang lebih di kenal saat ini ada dua macam injector cleaner, pertama injector cleaner dengan metode pembersihan dengan cara melepas injector dari motor, sedangkan yang kedua tanpa melepas, melainkan langsung membersihkan injector dalam posisi injector masih nempel di motor. Lebih jelasnya dibawah ini contoh Injector Cleaner.

1. INJECTOR CLEANER & TESTER :

Ini yang cicakkreatip bilang tadi, gambar diatas contoh saja ya.…produk Launch diatas merupakan injector cleaner yang digunakan untuk membersihkan injector dengan metode melepas injector dari motor. Pembersihan dilakukan dengan memakai ultrasonic untuk mengangkat kerak yang ada di lubang kecil injektor. Selain itu injector cleaner tersebut bisa memeriksa keseragaman semprotan injector (spry), uji run time, volume injector dalam kurun waktu tertentu. Injector cleaner ini mirip seperti yang digunakan oleh bengkel resmi Yamaha, bedaya di Yamaha fungsinya sebagai cleaner (tanpa ultrasonic), uji volume (jetamount), dan semprotan (spray). Lebih komplit, namanya saja injector cleaner & tester….pembersihan sekaligus pengujian. Pemakaian alat ini memang lebih lama, harga alat juga enggak murahan loh. 😀

2. INJECTOR CLEANER INFUS :

Kalau Injector cleaner diatas pakai lepas injector ya…nah yang model satu ini tanpa melepas Inejctor. Injector Cleaner model infus ini umumnya dipakai di bengkel resmi. Komponen nya meliputi regulator tekanan, selang tekanan tinggi, cairan pembersih dalam kaleng, serta liquid pressure gauge. Untuk mereknya injector cleaner macam ini banyak, tinggal milih…namun untuk bengkel resmi biasanya milih produk ternama dari USA yakni 3M yang mana untuk pembelian 1 kaleng cairan pembersih bisa diatas Rp 100 ribu.

Injector Cleaner model infus ini metode pemberihannya menggunakan bahan bertekanan dengan nilai oktan tinggi serta aditif pembersih yang sudah dimasukkan kedalam kaleng. Cara kerjanya yakni dengan mengalirkan cairan pembersih ke injector secara langsung dengan mesin menyala. Menariknya bukan hanya injector yang bersih, namun komponen yang dilalui cairan pembersih juga ikut bersin, termasuk kerak di bibir valve, kerak didalam ruang bakar dan kerak diatas piston.

Perlu diketahui, ternyata bukan hanya brand mancanegara yang tersedia saat ini, sekarang ini brand lokal pun sudah menjadi pilihan, termasuk bengkel umum sendiri. Brand yang cicakkreatip maksud adalah Injector Cleaner Daytona Care Engine. Untuk bengkel umum mungkin bisa pakai injector cleaner ini, dimana produk dari PT Fasindo Dwi Utama ini merupakan produk lokal namun secara kualitas formula bisa disetarakan dengan brand mancanegara. Harga satu kalengnya juga lumayan terjangkau, dengan ukuran isi 285 gr dibandrol 95.000/kaleng, sedangkan untuk ukuran kaleng isi 150 ml dibandrol 40.000/kaleng. Untuk Pembelian Injector Cleaner Daytona Care Engine bisa langsung lihat DISINI ya…..

Okey…setidaknya dua macam Injector cleaner diatas yang digunakan di bengkel. Bagusan yang mana? tergantung kebutuhan…kalau mau komplit bisa beli yang Injector Cleaner & Tester, pakai yang ini lebih memunculkan kesan wow ke konsumen, namun kalau tujuannya untuk Injector Cleaner, butuh simpelnya, butuh efisiensi waktu pemakaian, dan hasil maksimal, bisa coba pakai Injector Cleaner mode Infus.

Lumayan juga loh buat tambahan penghasilan bengkel, pasalnya melihat yang sudah pakai, untuk ukuran 289 gr dengan harga 95.000/kaleng bisa digunakan untuk 6-7 motor dengan waktu pembersihan 6-7 menit. Tinggal di hitung saja, umumnya Injector Cleaner ongkosnya 30.000 – 45.000, tinggal kalikan untungnya berapa #Eh. 😀 Okey..kemungkinan nanti cicakkreatip coba review pemakaian Injector Cleaner dari Daytona Care ini, biar tau…heheheh. (cicakkreatip)

cicakkreatip
diagnostic tool

Komentar»

1. menyan - Februari 15, 2017

Untuk yang infus buat artike cara penggunaanya donk mas

2. cicakkreatip - Februari 16, 2017

Siap mas..insya Allah saya bikin 😀 Tq ta… 😀



%d blogger menyukai ini: