Ini dia Yamaha R15 Facelift 2017… Sudah pakai Assist & Slipper Clutch…

yamaha jatim yamaha jatim

Dealer meeting Yamaha memang menjadi langganan info menarik untuk tau kuda wesi yang bakal dilaunching. Pasalnya sudah menjadi hal yang wajib disaat dealer meeting produk baru dikenalkan ke bos-bos jaringan dealer resmi Yamaha se-Indonesia. Info terbarunya, bersumber dari lokasi dealer meeting adalah adanya sosok Yamaha YZF R15 versi 2017. Yang semula banyak kena jepret saat melakukan test jalan, kini wujud Yamaha ZFF R15 2017 ini sudah jelas, lihat foto-nya diatas, sangar bukan?. Tidak hanya itu…R15 versi 2017 ini bahkan sudah memakai teknologi Assist & Slipper Clutch loh… Asyik kan!.

instagram cicakkreatip.com moladin

Perkenalan produk ke publik yang terbatas ini (intern Yamaha) telah mendatangkan duo pembalap Yamaha MotoGP 2017, Yup.. Valentino Rossi dan Maverick Vinales. Duo gambreng yang menjadi tim garpu tala di musim ini terlihat merilis Yamaha YZF R15 facelif 2017 secara internal, dan terlihat jelas R15 yang dikelankan mempunyai warna hitam dan biru. Bukan hanya itu…keren-nya dari penjelasan Rossi R15 facelift ini sudah memakai Assist & Slipper Clutch yang umumnya sering digunakan di kelas engine 200 cc keatas. Slipper Clutch Sendiri sebenarnya dikembangkan di arena speed (balap), dan menariknya teknologi yang dicangkok pada sistem pemindah tenaga atau kopling ini membuat laju motor makin mulus, terutama saat oper gigi atau pidah gigi.

Assist & Slipper Clutch mempunyai dua cam (assist cam dan slipper cam). Nah…kerjanya di saat penggunaan secara normal nih, assist cam berfungsi sebagai self servo dengan menarik clutch hub serta mengoperasikan pelat kopling bersamaan untuk tekan plat kopling. Nah disinilah imbasnya beban per kopling berkuran, efek samping nya pengendarakan tuas kopling sangat ringan. Tidak hanya itu…disaat pengendara melakukan engine brake saat menurunkan gigi percepatan, biasanya kan terjadi back torque nih, berhubung saat itu komponen slipper clutch yakni slipper cam akan bekerja, part ini akan membuat clutch hub dan pelat kopling terpisah, hal ini membuat tekanan pada plat kopling berkurang. Makanya saat itu tidak ada gejala skid (mengunci).

Menarik ya… Jika ada yang minder dengan sosok R15 terbaru Yamaha ini memang wajar….sosok terlihat moge look banget dan merupakan motor sport 150 cc yang sudah aplikasi teknologi Assist & Slipper Clutch!. Selain Assist & Slipper Clutch, fitur lain pada R15 versi 2017 ini sudah memakai shock depan Up Side Down (USD), headlamp Ligh Emmiting Dieode (LED), dan banyak lainnya. Hem, jadi penasaran berapa ya harganya? tertarik dengan Yamaha R15 versi 2017 ini? tenang jangan terburu buru hehehe… Bocorannya paling cepat bulan Maret kuda wesi akan di distribusikan. Keren gak R15-nya??. Untuk spek…ditunggu saja, selain assist & slipper clutch ada hal yang mengejutkan lagi dari sisi engie.? 😀 (cicakkreatip)

*Update spesifikasi…(23/1/17) bisa dilihat disini mas bro…Spek All New Yamaha R15…. Sayang untuk dilewatkan?

Pilihan warna All New R15 :

 

2 Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*