About these ads
jump to navigation

Mengatasi suara kasar di CVT Honda Vario 110 Oktober 3, 2016

Posted by cicakkreatip in : honda, otomotif, Tips Motor , trackback yamaha jatim diagnostic tool

suara-kasar-di-cvt-honda-vario-cicak-kreatip-com

Pernah mengalami suara kasar di bagian CVT…? Suaranya persis persinggungan gigi yang kurang pas, suara ada disetiap rotasi putaran mesin (rpm). Mungkin kejadian ini sama seperti apa yang kang Majid alami, suara CVT kasar kang Majid alami pada motor Honda Vario 110cc lansiran tahun 2009. Sudah tau penyebab munculnya suara gaduh tersebut? Suara berisik yang cukup mengganggu tersebut ternyata diakibatkan oleh part slider yang ada pada unit Continuously Variable Transmission (CVT) tepatnya di bagian primary. Part tersebut mengalami aus, hal ini membuat gerakan plat roller menjadi seperti tanpa peredam (oblak).

suara-kasar-di-cvt-honda-vario-cicak-kreatip-com-5

diagnostic tool

Setiap motor matic pasti mempunyai plat penekan untuk roller. plat penekan roller di bagian primary mempunyai komponen peredam, part peredam tersebut biasanya disebut dengan slider atau damper (Gbr. dibawah), seperti milik Honda Vario yang dilengkapi dengan tiga biji slider dengan profil warna gelap. Damper ini difungsikan sebagai peredam gerakan plat penutup yang sejatinya bergerak maju mundur seiring dengan kondisi rotasi putaran mesin (rpm), apabila tanpa slider atau damper sudah oblak, maka efeknya akan menimbulkan suara ketukan layak persinggungan gigi yang tidak pas. Terus…kenapa damper bisa oblak?

suara-kasar-di-cvt-honda-vario-cicak-kreatip-com-1

Seperti part lainnya yang habis karena pemakaian, bisa dibilang damper (piece slide) yang satu ini masuk kategori part fast mofing. Dengan pemakaian yang terus menerus, ditempa dengan suhu ekstrem dari rambatan ruang bakar dan gesekan maju mundur yang diterima slide membuat terjadinya deformasi atau perubahan bentuk. Makanya tak heran jika kita mengganti roller dan Vbelt beberapa bengkel menganjurkan ganti sekalian damper, pasalnya dalam penggantian Vbelt yang diperhatikan konsumen cuma pemberian grease, ganti roller, dan Vbel. Untuk part piece slide ini sendiri tidak masuk hitungan. Hem…terus  solusi untuk mengatasi suara kasar nya bagai mana? Yuk dilanjutkan bacanya…

suara-kasar-di-cvt-honda-vario-cicak-kreatip-com-2

Untuk menghilangkan suara kasar tersebut sudah pasti harus dilakukan penggantian part, kode part piece slide tersebut adalah 22011 – GCC – 770. Harga dari part tersebut dijual per biji, setiap bijinya dibandrol Rp 14 ribu rupiah, 14 ribu dikali 3 biji, total Rp 42.000,- lumayan bukan meski cuma sebuah damper kecil hehehe 😀 Dengan penggantian part kinerja plat penekan menjadi prima lagi (suara noise hilang).

Tambahan, untuk part tersebut sama seperti yang digunakan oleh Honda BeAt Series. Setidaknya itu yang kang Majid temukan saat Honda Vario 110 diserang suara kasar di bagian CVT unit, meski penyebab suara kasar banyak faktor, ya minimal artikel diatas bisa menyumbang satu faktor hehehe. Semoga artikel kali ini bisa berguna…jangan lupa share opini anda di kolom komentar dibawah ini ya…terutama tentang suara kasar atau noise. Artikel ini bebas di share dimanapun, termasuk sosmed seperti facebook, whatsapp dll. (cicakkreatip)

About these ads

Komen via akun Facebook....

diagnostic tool

Komentar»

1. potretbikers - Oktober 4, 2016

Kalau mau murah, ganjel aja pakai karet(bahan khusus) 😆

————————————–

nitip >> http://potretbikers.com/2016/10/04/ikuti-real-action-adventure-sun-premiere-customer-gathering-dan-boyong-hadiahnya-bray/

2. aspeed - Oktober 4, 2016

memang kalau sudah uzhur motor atic bakal ganti slider, kalau enggak bikin kuping gatal….

3. Ahsan - Oktober 4, 2016

Kalau yang pernah saya alami sih rollernya kang, dimana roller sudah aus dengan disertai logam dan karet yang oblak. Suara juga sangat berisik pada cvt..

4. AHAS - Oktober 5, 2016

Nambahi saja pengalaman kang seusai pengalaman, suara kasar di CVT biasanya terjadi karena…
1. slider aus
2. roller aus
3. kampas ganda aus
4. per ganda sudah lembek
5. bearing gear box

5. feri - Oktober 5, 2016

Makanya kalau saya pribadi ganti v-belt harus ganti slider sekalian..



%d blogger menyukai ini: