yamaha jatim yamaha jatim

speedometer

Temen temen… 46 disini bukan nomor nya Rossi ya hehehe… 46 disini merupakan kode kerusakan yang terdekteksi oleh sistem fuel injection pada kendaraan bermotor. Kode 46 memiliki arti bahwa terdapat masalah pada power supply ke fuel injection. Kode 46 bisa dilihat melalui kedipan lapu indikator lewat speedometer (disini caranya..) dan bagi yang mempunyai alat Diagnostic Tool (seperti ini..) bisa melihat kode ini pada mode pemeriksaan.

Meski kode ini tidak menyebabkan motor mogok… namun kode ini wajib diselesaikan, pasalnya kode ini muncul sebagai awal dari kegagalan pada sistem pengisian (battery sering drop) yang mempengaruhi kinerja sistem Injeksi dan selanjutnya motor akan berhenti bekerja pada kondisi yang tidak kita sangka. Ingin memperbaiki? Tenang dulu… langkah pertama kita harus tau apa yang membuat kode ini muncul? Makanya silahkan disimak artikel ini sampai tuntas, jangan ada yang terlewatkan ya!

moladin

yamaha-diagnostic-tool-cicak-kreatip-com

Kang Majid bisa cerita mengenai kode ini soalnya baru kemarin teman cewek yang pakai Yamaha MioJ keluaran tahun 2012 mengeluh karena motornya kadang kala mberebet pada putaran rendah, dan sesekali lampu warning light yang ada di speedometer berkedip cepat, padahal usai service (kerja sensor tidak maksimal, karena suply arus tidak normal). Hal ini awalnya dibiarkan saja, pasalnya kejadian ini tidak membuat motor sampai mati total atau MOGOK!. Dipakai jalan terus, namun kok risih… akhirnya beliaunya konsultasi ke saya. Kira kira apa  ya penyebab aki sering drop (rusak) disertai munculnya kode 46? Lihat rinciannya dibawah ini. Baca juga Cara Membaca Kedipan Lampu Indikator Kerusakan di Speedometer Motor Injeksi…!!

Penyebab munculnya kode 46 

Power supply ke sistem Fuel Injection tidak normal menjadi problem masalahnya, hal ini disebabkan karena Regulator (kiprok) tidak berfungsi dan Battery (aki) tidak terisi dengan sepenuhnya atau terlalu over pengisiannya (over charging). Kerusakan komponen tersebut menjadi biang kerok munculnya kode 46 sebagai kode kerusakan bahwa terdapat masalah pada power suply.

Yang perlu diperiksa 

  • Cek kondisi fisik battery dan voltase nya, jika volates battery  dibawah 12 Volt silahkan di charger
  • Cek tegangan pengisian, jika dibawah 14 Volt (standart input battery) silahkan cek lebih lanjut komponen pengisian lain seperti Regulator (kiprok) dan komponen lainnya
  • Cek kondisi Regulator (kiprok) terutama massa dan kondisi soket
  • Cek kondisi Lighting Coil (spoel) terutama tahanan-nya (ohm)
  • Jika poin nomor 1-4 diatas hasilnya normal semua, baru cek electrical circuit (kabel kabel) dan sambungan seperti terminal battery, kabel body, massa, sekring dan soket atau connector penghubung yang dimulai dari paling mudah dijangkau seperti dari battery ke kiprok sampai kiprok ke Lighting Coil (spoel)

Pastikan 5 point diatas di cek satu persatu dengan telitih dan santai (jangan terlalu ambisius dan terburu buru) pasalnya kalau terlalu terburu buru yakin masalah akan terlewatkan. Terakhir  perlu saya ingatkan kembali dan kembali, hal ini ada di poin nomor 5, kenapa saya ingatkan kembali? karena hal ini sepele namun sering diabaikan, termasuk penyebab munculnya kode 46 yang kang Majid alami ini. Setelah ganti battery berkali kali, ganti regulator baru, dan ternyata battery masih drop dan kode 46 muncul lagi (kata tetangga harus ganti Motor 😀 ). Pemeriksaan dilakukan lebih detail, dan ternyata masalah kode 46 muncul hanya disebabkan karena “KARAT JAHANNAM” yang nempel pada soket Lighting Coil (spoel pengisian). Tuh kan, sepele banget ya. Sekali lagi jangan terburu buru, cek dengan teliti dan rasakan…(jangan dilihat SAJA), pasalnya “Listrik tidak bisa dilihat, namun bisa dirasa..” gitu toh theory-nya 😛 (cicakkreatip)

23 KOMENTAR

  1. Motor mio j saya juga begitu mas muncul kode 46 , klo distater gk bisa. Bisanya di kick stater, trs sekarang malah di kick stater juga gk bisa? Kerusakanya tuh apa mas? Coba di beri saran . Terima kasih

  2. Ok… Monggo di chek poin poin dibawah ini mas : Cek kondisi fisik battery dan voltase nya, jika volates battery dibawah 12 Volt silahkan di charger
    Cek tegangan pengisian, jika dibawah 14 V (standart input battery) silahkan cek lebih lanjut komponen pengisian lain seperti Regulator (kiprok) dan komponen lainnya
    Cek kondisi Regulator (kiprok) terutama massa dan kondisi soket
    Cek kondisi Lighting Coil (spoel) terutama tahanan-nya (ohm)
    Jika poin nomor 1-4 diatas hasilnya normal semua, baru cek electrical circuit (kabel kabel) dan Sambungan seperti terminal battery, kabel body, massa, sekring dan soket atau connector penghubung yang dimulai dari paling mudah dijangkau seperti dari battery ke kiprok sampai kiprok ke Lighting Coil (spoel)

  3. Bang klo motor sy muncul kode 46 cuma pas lg di jalan doang nanti klo di matiin mesin trus di istirahatkan beberapa saat ga muncul lg tuh kode, trus nanti klo udh jl. Rada jauh muncul lg dah, kira kira apa y ya bang ?
    Makasih.

    • Makasih atas komennya… Sebelumnya jawaban saya sudah ada diatas, dimana 46 muncul merupakan masalah yang ada pada power suply / sistem pengisian. Bisa di lakukan pengecekan. Atau jika perlu silahkan dikonsultasikan pengalaman yang dialami mas nya ke bengkel remi terdekat… TQ

  4. […] Terbukti kan, ketika dicabut businya dan coba di star pakai engkol (kick starter) kompressi sangat lemah…(push push bunyinya), kala itu pakai jempol gauge untuk cek tekanan kompressi. Dilakukan dengan menutup lubang busi pakai jempol tangan (darurat). Kompressi hilang, harus bongkar? seharusnya iya, namun sementara supaya motor bisa diajak jalan ke bengkel, ilmu mujarapnya adalah dengan cara cekoki ruang bakar dengan oli mesin secara langsung melalui lubang busi. Oli diambil dari oli mesin bekas ataupun baru, namun misalkan ditengah perjalanan enggak ada oli bekas, bisa pakai oli mesin yang diambil dengan sedotan lewat lubang masuk oli mesin (darurat juga). Baca juga : Aki sering drop ? Kode 46 Muncul Pada motor Injeksi, ini penyebabnya.. […]

  5. ommm.. mw tanya om.. motor saya jupiterz1 …saya service rutin… tapi lampu injeksinya nyala mulu… apalagi kalo habis kena hujan atau d cuci pasti nyala terus

  6. Assalammualaiku,mau tanyak,Motor mio j saya sering mogok mendadak setelah gas kecil ,sebulan ada 4 kali masuk bengkel pinggir jalan bukan di bengkel resmi yamaha,.

  7. Om, saya pake aerox 155. Kemaren asang flasher touring. Habis pasang itu yg biasanya tegangan pengisian stabil di angka 14.4, sekarang naik trun 14.2 – 14.3 – 14.4, itu normal kah? Terus kalo saya nyalain mode hazard (fitur flasher touringnya) itu tegangannya drop jadi 14,1. Tp abis itu naik lagi. Aman kah?

  8. Tegangan ac output spul vixion yg normal brpa ya,karena vixion pnta saya voltasenta sampai 16 g dan voltase dc ke aki sampai 18 v

  9. Mas mau tanya. Saya habis dari beres yamaha disuru ganti torthle body padahal saya cek indikator kedipan kodenya 46. Apakah betul demikian dan nyambung? Soalnya harga torthle body nya tidak murah. Jadi mau di crossceck dulu. Terimakasih

  10. Yang paling gua suka di blog kreatif ini adalah kata kata” KARAT JAHANAM” BRUAKAKAKKAKAKAKAKA geli amat sumpah hahahaahhaah😄😄😄😄

  11. bang aku udah ganti aki udah cek dengan teliti kabel body cek soket dan spoel pengisian sekring udah ganti jg tapi kok masih muncul kode 46 nya?
    mohon balasan nya yahh bang secepat nya karna aku udah pusing mikirin motor wkwkwk

    • Hallo mas aidil…. Saran saya untuk memastikan apakah betul sistem pengisian di motor bermasalah, coba deh chek tegangan pengisian, pakai avometer DC Volt. Buka gas sampai 6000rpm amati, jika 14 volt maka ngak ada masalah pada sistempengisian, bisa jadi aki yang bermasalah. Jika dibawah itu misalkan 11-12 V berarti fig masalah pada pengisian, bisa jadi kiprok, masa kiprok, spoel, soket-soket. Coba di chek.

  12. Bang punyaku NMAX., akinya sdh di ganti., kiproknya sdh di ganti., cek soket kabel2 nda ada x karatan., kira2 masalahnya dimana bang???

  13. Hallo Mas. Motor saya Scoopy injeksi. Kondisi aki saya baru 2 bulan ganti. Semuanya normal, sampai saya pasang voltmeter dan speedometer + ampere bensin aftermarket. 1-2 hari pertama, tegangan saat mesin dikontak ada di angka 12,0 V, dan saat mesin running masih normal di 14 – 14.8 V. Di hari ke 3 baru muncul masalahnya. Saat mesin dikontak tegangan pada voltmeter tertera 9 – 10 V. Dan saat motor jalan, pengisian tegangan hanya pada angka 13 V (Maksimal.) Dengan kondisi demikian, kira2 apa yang bermasalah, mas? Wiring atau Kiprok? Mohon pencerahannya.

    Terima kasih,

    • Hallo mas, hallo mas, untuk masalah pengisian bisa di chek kondisi aki, aki bukan dilihat masa penggantain, kalau bisa di chek tanggal produksi dan charging, soalnya banyak aki yang rusak gara gara tanggal produksi / cahrging dengan pemakaian terlalu lama (lama di toko).

      Kedua bisa dilihat regtifier regulator (RR) kiprok, kiprok sebagai pembatas, dan penyearah arus AC-DC, tapi umumnya kalau kiprok rusak voltage pengisian malah over, jika melihat kronologi jauh dari permasalahn kiprok.

      Ke tiga di chek tahanan regulator (spoel) ini yang menjadi pembangkit listrik di motor, kalau tegangan pengisian kurang 12v bisa juga disebabkan karena hambatan di regulator besar. Silahkan di chek mas.

      Eh iya, jangan lupa tahanan setiap kabel, connector, bisa juga tahanan besar karena karat atau kabel putus.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here