Kepepet… Trik Mekanik Perpanjang Pemakaian Filter Udara…!

yamaha jatim yamaha jatim

filter-udara-kotor-cicak-kreatip-com

Filter udara di motor kita merupakan salah satu part fast mofing bukan ❓ part yang harus diganti dalam jarak tempuh tertentu. Filter udara umumnya harus dilakukan penggantian setiap 9000 kilometer, perlu digaris bawahi…semakin besar tingkat polutan atau debu udara suatu daerah, maka semakin cepat pula penggantiannya. Seperti judul buku…”power of kepepet”, powernya akan keluar jika kepepet (entah kepepet apa…) power ini ternyata bisa kita jumpai pada mekanik dalam memperlakukan filter udara motor konsumennya.

Cerita konsumen suruh ngakal pokoknya bisa digunakan sementara sampai gajian atau sampai ada uang yang mencukupi sudah tidak menjadi rahasia, kejadian ngakal ini ternyata berlaku pada penggantian filter udara. Saat filter waktunya ganti, wujudnya sudah enggak karuan, debu atau kotoran sudah banyak nempel pada elemen filter, apabila tetap digunakan, saluran udara dari luar menuju ruang bakar akan terhambat…kalau sudah begitu bayangkan saja, jika hidung banyak upil terus disuruh lari…sesek bukan ❓

instagram cicakkreatip.com moladin

gambar box filter

Apakah kotoran tidak bisa dibersihkan? Rata rata filter udara sekarang pakai element kertas dengan dilumuri cairan pengikat partikel yang ikut bersama udara, hal ini umumnya disebut filter basah…filter basah tidak bisa dibersihkan pakai udara bertekanan dari air compressor ASLI ataupun compressor MANUAL  (ditiup pakai bibir masing masing 😛 )  pasalnya cairan pengikat debu dalam filter tidak bisa dengan mudah lepas dari material filter. Dan kalau alternatif di rendam pakai cairan bensin dan sejenisnya, dijamin kotoran akan rontok…namun perlu digaris bawahi, hal ini bisa menyebabkan pori pori dalam filter makin mampet atau bisa juga pori porinya deformasi menjadi segede lubang hidung kita…lag materialnya dari kertas, kertas kalau kena cairan gimana? Ajurrrrr bukan….? (intinya gak bisa pakai cairan..)

Walhasil karena konsumen ngeyel dengan jurus “pokoknya bisa dipakai sementara – Mas” mekanikpun pakai jurus ewessss – ewesnya…. Enggak pakai filter resiko, pakai filter enggak memenuhi syarat…yaudah, akhirnya tetap pakai filter namun material kertas filter dilubangi pakai cutter, dilubangi beberapa bagian supaya hambatan udara yang masuk ke ruang bakar tidak terlalu besar. Apakah kerja filter tidak menurun? Jelas…jelas banget, jelas menurun…udara yang melewati lubang buatan los filter, kotoran dalam udara tidak sepenuhnya kesaring…namun masih lebih baik jika dibandingkan tanpa filter atau melepas filter…(lubang kreasi gambarnya paling atas..).

Power of kepepet versi mekani….ya itulah rahasia umum yang sudah menjadi hal wajib jika konsumen pakai jurus “pokoknya bisa dipakai sementara -Mas” mungkin disini ada yang mempunyai trik lain? atau ada yang melakukan praktek tersebut ❓ Atau…ada pembaca cicakkreatip yang pernah memakai jurus pokoknya sementara? Cussss….yakinilah pasti ada 😛 (cicakkreatip)

  • Yang mau seduluran di Facebook.com, Like Fans Page cicakkreatip gan disini…

4 Komentar

  1. direndam/rebus pakai air detergen panas dg posisi bagian dalam ada di atas..
    setelah itu bilas dg air bersih dari bagian dalam.

2 Trackbacks / Pingbacks

  1. Fans Boy Bule asal Perancis, Dari beli RX King lanjut Beli R25 sampai gabung Komunitas… | cicakkreatip.com
  2. Ini wujud Surat Tilang Slip Biru bagi penerobos Jalur Bus Way… | cicakkreatip.com

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*