jump to navigation

Perawatan Motor injeksi… Cairan setan jadi daya pikat saat servis berkala… Februari 10, 2016

Posted by cicakkreatip in : otomotif, Tips Motor , trackback
yamaha jatim yamaha jatim
injector-cicak-kreatip-com-8

Angga Dwi N. (SA Yamaha Sentral Dupak – Surabaya)

PERAWATAN DARI JAMAN-NYA KARBU KE INJEKSI

Bisa dibilang sudah gak jamannya pakai motor karbu. 3 alasan untuk semua itu, motor injeksi lebih efisien, lebih bertenaga, dan tentunya emisi gas buang lebih ramah lingkungan. Kendati 3 hal tersebut didapat, bagaimana untuk perawatan motor injeksi…? 

Diambil satu contoh saja. Dahulukala seringkali kalau kita mau membersihkan spuyer (main-jet, pilot-jet) di karburator pastinya harus overhaul dulu, dibongkar karbunya baru bisa dibersihkan, hal ini juga sama seperti membersihkan silinder head, bongkar dulu..baru bisa digosok sampai kinclong.

yamaha jatim

Sekarang spuyer kecil di karburator bisa kita samakan dengan injektor…sama kerja-nya, sebagai pengkabut bahan bakar. Bedanya dalam service berkala, dalam pembersian injektor gak pakai acara bongkar pasang, namun cuma bermodal cairan setan (zat pembersih) tinggal colok di coupler saluran injektor, nyalakan motor (-/+) 6 menit, injektor dan ruang bakar bersih.

injector-cicak-kreatip-com-6

CAIRAN SETAN MAKIN DIMINATI KONSUMEN

Cairan yang cicak maksud banyak variannya, mulai dari produsen lokal macam MTR sampai produk luar negeri. Yang cukup memiliki predikat baik di mata pabrikan baik R2 dan R4 adalah cairan pebersih merk 3M. 3M kita kenal produk Amerika, namun kalau kita coba cari di bengkel resmi pasti nemu. Menariknya “Orang yang sudah tau sekali saja mengenai 3M biasanya setiap service berkala malah mintak sendiri tanpa ditawari” bilangnya Angga Dwi Nugroho, SA bengkel resmi Yamaha Sentral Dupak Surabaya.

Pengaruhnya sebesar apa cairan pembersih ini? “Dari animo pengguna sendiri bilangnya tarikan lebih enteng” imbuh Angga. Lantaran bisa enteng kenapa..? dilihat kerjanya, 3M sendiri merupakan cairan pembersih bertekanan plus BBM beroktan tinggi.

Komponen yang dilewati oleh cairan 3M meliputi selang tekanan tinggi injektor, lanjut ke injektor sendiri dan terakhir ke ruang bakar. Pengaruh yang paling besar ada di injektor, harusnya lubang injektor yang ukurannya sebesar serabut kabel ini rawan mampet, kalau mampet flow rate bbm bakal terpangkas, walhasil power motor juga mampet. Namun benarkah ijektor bakal bersih? Lihat pembuktiannya dibawah ini, kita test asupan bbm plus bentuk spray-nya.

#sebelum dibersihkan

injector-cicak-kreatip-com-1

#sesudah dibersihkan

injector-cicak-kreatip-com

Motor yang di test adalah Yamaha SoulGT, kondisinya sudah hampir 3 tahun namun belum pernah di cleaning. Kondisi engine masih hangat langsung dibongkar injektor dari posisinya di intake manifold. Injektor diukur bentuk spray-nya dan asupan bbm per menit dengan alat njektor cleaner & testret di beres Yamaha sentral dupak. Bentuk fisik sebelum dan sesudah dibersihkan dengan cairan 3M. Nampak kerak yang nempel di injektor terkikis. Hal ini bisa dilihat dari logam yang terlihat lebih kinclong, plus keempat lubang injektor yang makin jelas.

Bentuk spray setelah dan sesudah dibersihkan. Lingkar spray injektor juga terlihat makin tegas, hal ini membuktikan bahwa pengaruh cleaning tadi makin kentara. Cairan membersihkan lubang yang ada sehingga membuat asupan BBM yang keluar lebih maksimal. Jika di ukur flow rate-nya bagimana?

#sebelum dibersihkan

injector-cicak-kreatip-com-4

#sesudah dibersihkan

injector-cicak-kreatip-com-3

Pengukuran flow rate atau bahan bakar yang bisa disuplay oleh ijektor dalam kurun waktu tertentu. Kebetulan alat ukurnya sudah di set dalam kurun waktu 60 second. Dengan tekanan fuel pump (-/+) 300Kpa, perbedaan disinilah yang membuktikan bahwa peran cleaning tadi memang berpengaruh untuk sikat kerak, buktinya flow rate atau ketinggian BBM dalam tabung pengukur antara sebelum dan sesudah dibersihkan mempunyai selisih ½ strip.

Beda bukan? Itu baru pembersian injektor, ruang bakar pastinya juga ikut clean. Pantas saja konsumen bilangnya tarikan makin enteng. Bisa disimpulkan hal ini karena kinerja injektor dalam mensuplay BBM kembali ke fitrahnya (mendekati baru), walhasil tidak ada BBM yang dicekik, powerpun makin mendekati masa remaja 😀

Perawatan di beres jika memakai 3M ini dibandrol Rp 45,000 (menyesuaikan). Bahkan ada juga beberapa beres yang menggunakan sistem paket yang sudah include harga service berkala. Feling konsumen bilang enteng? artikel selanjutnya kita ukur pakai mesin Dynotest…benar ngak ngefek di power? Supaya gak rasan rasan 😀 nanti dibuktikan.

Jika artikel ini dianggap berguna, jangan sungkan sungkan untuk disebarkan lewat sosmed dan sejenisnya…itung itu ikut menambah wawasan teman teman lainnya, dan mudah mudahan dapat pahala ilmu bermanfaat (amin…). Jangan lupa part ke dua kita coba bahas pengukuran pakai Dynotest. Like Fans Page cicakkreatip di facebook.com gan disini…(cicakkreatip.com)

diagnostic tool

Komentar»

1. motomazine - Februari 10, 2016
ninja150ss - Februari 10, 2016
uhabangetblog.com - Februari 16, 2016
2. kudo78dk - Februari 10, 2016
3. Mase - Februari 10, 2016
4. Perawatan mobil ... Iblis injeksi cair begitu menarik ketika layanan reguler ... - My Blog - Februari 12, 2016

[…] Source : Perawatan mobil … Iblis injeksi cair begitu menarik ketika layanan reguler … […]

5. Harga Kredit Motor - Februari 16, 2016

sangat bermanfaat 🙂
kunjungi juga mas http://kreditmotorblog.wordpress.com/

cicakkreatip.com - Februari 17, 2016

siap….

6. Gathering Max Owners Jawa Tengah… Wanita ngikut | cicakkreatip.com - Maret 2, 2016

[…] Ngomongin wanita, bukan tidak mungkin kalau diajak aktivitas komunitas yang positif harus nolak, buktinya dalam acara Safety Riding dan Gthering Max Owners Jawa Tengah dan Yogyakarta beberapa waktu lalu sosok keibuan-nya ikut berbaur memeriahkan acara tersebut. Baca juga : Perawatan Motor injeksi… Cairan setan jadi daya pikat saat servis berkala… […]

7. Ulang tahun pertama Komunitas Yamaha Xride Sidoarjo… | cicakkreatip.com - Maret 4, 2016

[…] Baca juga : Perawatan Motor injeksi… Cairan setan jadi daya pikat saat servis berkala… […]



%d blogger menyukai ini: