jump to navigation

Aturan baru pemerintah… Helm dan Ban sekarang tidak harus SNI. Pembeli dipaksa wajib pintar…. Desember 25, 2015

Posted by cicakkreatip in : campur , trackback
yamaha jatim yamaha jatim

image

Jadi bingung juga dikala pemerintah hapus pemakaian ban dan helm SNI. Untuk peraturan pemerintah terbaru ini tertuang dalam pertauran terbaru-nya nomor 76/M-IND/PER/9/2015 dan nomor 79/M-IND/PER/9/2015. Efek dari pembebasan SNI ini pastinya helm-helm yang murah meriah yang non SNI bakal makin mewarnai pasar. Tidak hanya itu helm-helm luar negeri, helm yang memiliki standart tinggi layaknya DOT, SNELL, dll. pastinya bakal makin rame pula, alasannya tidak susah-susah test jadi SNI.

yamaha jatim

Wah berarti pakai ban non SNI, ban cacing juga boleh?? hem…ini yang salah tafsir 😀 ban cacing itu kudunya masuk dalam kategori modifikasi, masuk dalah kategori tidak layak jalan. Padahal ketentuan pemerintah untuk urusan layak jalan ini sudah tertuang dalam pasal 48 ayat 1 UU No. 22 tahun 2009 tentang lalu lintas dan angkutan jalan. Setiap kendaraan bermotor yang dioperasikan di jalan harus memenuhi persyaratan teknis dan layak jalan.

Untuk ban sendiri masuk dalam kategori teknis yang diatur dalam pasal 68 PP No. 55 tahun 2012 dan Pasal 73 PP No.55 tahun 2012 yang mengatur bahwa kuncup roda depan dengan batas toleransi lebih kurang 5 mm/m, serta ketentuan  yang menyatakan bahwa kedalaman alur ban tidak boleh kurang dari 1 mm.

image

Sekalilagi jangan ditelan mentah-mentah akan peraturan pemerintah mengenai SNI ini.  Helm dan Ban yang tidak harus SNI, siapa yang tidak tau bahwa SNI dibuat dengan tujuan agar barang tersebut memang bebanar-benar safety sesuai dengan kegunaan-nya, jika bebas dari pengawasan SNI, ya…pastinya konsumenlah yang mempunyai peranan meng SNI-kan barang-nya masing masing, atau bahasa kasarnya kalau beli kudu cari sendiri barang yang bagus… jika ada insiden karena kualitas buruk, jangan harap bisa komplain, lebih-lebih membawa ke badan hukum…lag wong sudah enggak ada SNI lagi….apa yang mau dituntut??(cicakkreatip.com)

diagnostic tool

Komentar»

1. Pakdhe Atim - Desember 25, 2015
2. Mas Sayur - Desember 25, 2015
Pakdhe Atim - Desember 25, 2015
cicakkreatip.com - Desember 25, 2015

monggo pakdhe…..tapi kita dituntut harus pinter sendiri loh jika mau beli suatu produ…

Pakdhe Atim - Desember 25, 2015

Betul…

cicakkreatip.com - Desember 25, 2015

wkkkk….ya itulah kang, konsumen sekaran diwajibkan pinter pinter…

3. Pakdhe Atim - Desember 25, 2015
4. Munivmotoblog - Desember 25, 2015
5. Adventuriderz.com - Desember 26, 2015

Ealah habis dikejar-kejar pakai helm SNI sekarang malah dihapus. Bakal ada helm abal-abal 50 ribuan lagi nih. Setelah ban dan helm SNI dihapus mungkin nanti pemerintah ngejar knalpot brong harus SNI :mrgreen:

6. Aturan baru pemerintah… Helm dan Ban sekarang tidak harus SNI. Pembeli dipaksa wajib pintar…. | Where The Limit Out of Exhousted - Desember 26, 2015

[…] Source: Aturan baru pemerintah… Helm dan Ban sekarang tidak harus SNI. Pembeli dipaksa wajib pintar…. […]



%d blogger menyukai ini: