Kenapa kipas radiator menyala kalo mesin sudah panas ?? Pertanyaan pembaca…

yamaha jatim yamaha jatim

kipas radiator

“Sore mas bro…mau tanya nih..!!! Kenapa kipas radiator menyala kalo mesin sudah panas ??? Kenapa muter gak dari awal mesin on ?? Kalo di ibaratkan payung…udah basah kuyup baru pake payung !!! Kenapa gk sedia payung sebelum hujan…hehe…” pengirim (rickyahmad74xxx@gmail.com).

Sore mas Ricky…pertanyaannya menarik sekali. Memang enggak manusia ataupun mesin pendinginan sangat diperlukan, manusia jika suhu badannya panas, keluarlah keringat sebagai pendingin…karena suhu yang menyenangkan akan memudahkan kita dalam bekerja. Mesinpun begitu, panas butuh didinginkan, pasalnya jika panas berlebihan maka sebagian tenaga akan hilang karena panas.

instagram cicakkreatip.com moladin

Baca Juga : Kenapa Kipas Radiator Tidak mau berputar..!! Penyebabnya??

Jika melihat tipe pendinginan, maka ada 3 pilar utama yang muncul…pertama pendinginan udara alami…pendinginan yang mengandalkan udara bebas, ditandai dengan cylinder yang terdapat sirip sirip. Kedua ada udara tekan, pendinginan udara yang dipaksa masuk karena kondisi mesin tertutup cover (baca didalam Red.) ciri cirinya ada tambahan kipas, sedangkan terakhir ada pendinginan liquid. Pendinginan ini menggunakan cairan / liquid untuk pendinginan mesin.

kipas radiator berputar

Kenapa kipas radiator menyala kalo mesin sudah panas ?? pertanyaannya dibalik, apakah fungsinya maksimal jika kipas nyala di awal dalam kondisi mesin dingin?? Kipas radiator berputar jika kondisi panas berlebihan, cenderung hal ini lebih berfungsi ketika berkendara dalam kondisi jarak jauh dan lebih lebihnya dalam kondisi jalan macet yang membuat suhu mesin bisa naik dengan cepat. Kipas radiator bekerja difungsikan untuk mengurangi panas yang berlebihan tadi, dalam hal mengalirkan udara kedalam kisi kisi radiator supaya suhu mesin tetap bisa stabil.

Suhu dikatakan over ada di 100 derjat celcius keatas… Sesuai ujicoba yang cicak lakukan beberapa waktu lalu (disini artikelnya…), kipas menyala bisa juga diawali 100˚C keatas. Hal ini dikarenakan sifatya kipas untuk menekan suhu yang over tadi supaya suhu mesin tetap setabil.

Fungsi Thermo Sensor..?? Fungsi Sensor motor injeksi yang satu ini apa ya?

Kenapa tidak dimuali dari awal?? Banyak pertimbangan, contohalnya kalau dimulai dari awal mesin start kipas menyala malah kurang berfungsi, pasalnya dalam kondisi start awal atau menengah pendinginan dari air radiator saja suda memadai, jika ditambah kipas nyala opo enggak mubazir, toh pengaruh juga pada daya listrik yang dipakai, imbasnya beban generator untuk sumbang listrik makin berat.

Satu lagi…perlu diketahui disaat start awal malah pendinginan dicekal oleh thermostart, air radiator tidak dialirkan ke radiator…air yang dipompa water pump hanya disirkulasikan dalam waterjacket saja, hal ini tujuannya untuk mempercepat suhu kerja mesin (-/+ 85˚C) kalau kipas dari awal menyala apa suhu kerja mesin enggak susah tercapainya ❓

Seiring dengan kerja mesin secara terus menerus, pendinginan yang baik adalah menjaga suhu kerja mesin biar tetap stabil, bilang kata suhu dinging dibuat cepat panas suhu panas dibuat cepat dingin. Pasalnya jare wong pinter jargonnya begini, kalau mesin bekerja pada temperatur rendah setidaknya Hilang tenaga, Pemakaian BBM Boros, Bagian part mengalami keausan. Kebalikannya jika terlalu panas..terjadilah pembakaran lebih cepat, piston macet dan lain sebagainya. Baca juga : Pendindinginan tipe radiator menjadi kurang maksimal jika hal seperti ini terjadi 

Kayak diibaratkan payung, jika mau basah karena air hujan, barulah pakai payung. Jangan hujan belum turun sudah pakai payung? hehehehe 😀 mubazir**  – cicakkreatip.com

Jika para pembaca mempunyai motor keren, unik dan ingin dimuat di cicakkreatip.com, silahkan kirim foto dan modifikasi yang dilakukan lewat alamat Email : adm.cicakkreatip@gmail.com, atau bisa juga lewat Whatsapp : 085733637733 atau…bisa juga melalui Black Berry Messenger (BBM) : 7D7DBA51. “Bukan hanya modif saja, jika mau sharing tentang motor juga bisa lewat kontak diatas.

6 Komentar

  1. Kalo dianalogikan ke tubuh manusia. Kalo kepanasan tidak bisa kerja maksimal sebaliknya juga kalo lagi kedinginan juga gak bisa maksimal adanya menggigil dan bersin melulu… uhuiiiii….

13 Trackbacks / Pingbacks

  1. Yamaha, Honda dan BMW Motorrad kerjasama buat sistem C-ITS | cicakkreatip.com
  2. Panduan Seting Jam digital di Speedometer Yamaha N-Max! | cicakkreatip.com
  3. IRRC Seri 5, Yamaha Juara Nasional kelas 150 & 250cc… | cicakkreatip.com
  4. Stt…ada Survey kepuasan New Honda Sonic, Yang Punya Keluhan dan Saran bisa corat coret..! | cicakkreatip.com
  5. Google Izin Uji Internet Balon Udara di Idnonesia? Opo meneh iki.. | cicakkreatip.com
  6. Masuk ruang dynotest Laboratorium ITS… Jebule medeni… | cicakkreatip.com
  7. Ganti velg Yamah Mio M3 dengan punya Xride… Tips bro Ridwan penguna Mio M3, Madiun | cicakkreatip.com
  8. Honda Cyti Adventure…!! Walag kayak begini…jos :) | cicakkreatip.com
  9. Daftar UMK Jawa timur tahun 2016…! Monggo diintip… | cicakkreatip.com
  10. Suzuki Satria Injeksi aplikasi ABS Versi Murah.. Iki Opo mene…. | cicakkreatip.com
  11. Review Action Cam Kogan kayak di TV… Bukan untuk ngintip log yo… (part 1) | cicakkreatip.com
  12. Kenapa pakai airan Radiator ASLI bukan Air sumur..? | cicakkreatip.com
  13. Mengatasi Speedometer Yamaha Nmax Eror…(efek air) | cicakkreatip.com

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*