jump to navigation

Yamaha MioJ enggak bisa stasioner, Bersihkan ISC-nya saja… September 22, 2015

Posted by cicakkreatip in : otomotif, pengetahuan, Tips Motor, yamaha , trackback
yamaha jatim yamaha jatim

idle speed control - isc

Kejadian motor tetangga kemarin, dimana disaat motor dihidupkan gas enggak dibetot sedikit maka mesin akan mati, baik itu dalam kondisi diam, kondisi deakselerasi ataupun saat berhenti di lampu merah. Dalam kejadian ini ternyata disebabkan oleh Indle Speed Control (ISC) yang kondisinya dililit kotoran.

Layaknya pilot screw di karburator,  komponen ISC bekerja mengatur asupan udara yang masuk kedalam ruang bakar, bedanya dengan pilot screw di karburator, untuk memperoleh asupan udara yang pas, maka setingan dilakukan secara manual dengan  memutar pakai obeng (-/+), tetapi jika ISC kerjanya secara otomatis diatur oleh Engine Contol Unit (ECU). Baca juga: Buat tarikan Mio M3 Makin Enteng Lagi… Ganti Per CVT milik Xeon Karbu saja!!

yamaha jatim
idle speed control - isc2

Gbr. kotoran menempel pada bagian plunger yang dilingkari

Perangkat ISC Terdiri dari sebuah plunger dengan bentuk ujung meruncing yang terbuat dari bahan plastic, sebagai penahan plunger dibekali juga dengan pegas didalamnya, dan sebagai penggerak ada sebuah servo motor yang bisa bergerak berlawanan arah untuk menggerakkan plunger maju atau mundur sesuai dengan kebutuhan kerja mesin saat itu.

Ganti Busi Resistor dengan busi Non Resistor pada motor Injeksi…hati2 efek sampingnya..!!

Seiring pemakaian terus menerus, maka kotoran yang terbawa udara akan menempel di bagian ujung dari plunger yang bergerak. Hal ini didapati setelah cicakkreatip bongkar ISC unit. Kotoran menempel di bagian ujung plunger, hal inilah yang menyebebakan ruang plunger menjadi semakin sempit, meski plunger bergerak membuka saluran udara, udara yang masuk enggak bisa lewat maksimal sesuai yang diharapkan, pasalnya ruang masuk saluran udaranya semakin sempit karena tertutup oleh kotoran, makanya motor enggak bisa stasioner (matian Red.).

idle speed control - isc3

Gbr. Proses pembersihan plunger dengan majun bersih

Melihat kotoran yang nempel, fisik kotoroan bersifat lengket, untuk membersihkannya bisa pakai cotton buds yang sudah diberi cairan carbon cleaner. Atau jika enggak ada, bisa pakai majun bersih, sambil di pelintir ujung plunger sembari menghilangkan kotoran yang menempel layaknya tindakan yang cicakkreatip lakukan diatas. Bukan hanya plunger saja, rumah plunger yang ada di throttle body juga kudu dibersihkan, bisa pakai cotton buds atau majun halus. Hati hati disaat membersihkan, jangan sampai kotoran yang dibersihkan masuk dalam lubang ISC.

Image

idle speed control - isc1

Gbr. Proses pemasangan plunger..amati pegas dan Oring..jangan sampai terlipat atau miring

Setelah dibersihkan, pasang kembali dengan memperhatikan pegas dan sil O-Ring. Jangan sampai pegasnya enggak pas tengah lurus dengan lubang, soalnya bisa menggangu pergerakan plunger jika miring. Terus usahakan juga O-ring enggak terlipat, supaya enggak ada udara luar yang bisa masuk ke dalam ruang ISC, kencangkan baut pengikat dengan obeng plus (+) besar. Setelah terpasang, coba nyalakan kunci kontak…bila rpm stasionernya tinggi, matikan kunci kontak dan hidupkan lagi..start lagi..pasti jrenggg motornya.

Efek kabel speedometer Yama Soul GT putus..! Injeksi meledak??

Pembersian ISC bisa dilakukan disaat perawatan berkala, ISC akan semakin cepat kotor tergantung kualitas dari udara yang masuk. Pelepasan filter juga sangat berpengaruh besar pada cepat kotornya ISC. (cicakkreatip)

diagnostic tool

Komentar»

1. Mase - September 22, 2015
cicakkreatip.com - September 22, 2015

kalau bisa sendiri juga gpp 😛

yoyo - Juni 27, 2016

Boss, kalo bongkar isc ga perlu reset setting pake diagnostic tool ya,
Pengin coba, tapi baca artikel lain musti di reset kalo abis dibongkar

2. Siapa Bilang Yamaha dan Honda enggak akur?? Ni buktinya… | cicakkreatip.com - September 22, 2015

[…] Yamaha MioJ enggak bisa stasioner, Bersihkan ISC-nya saja… […]

3. Yamaha Riders Federation Indonesia Bagikan masker untuk warga di Bangka.. | cicakkreatip.com - September 25, 2015

[…] Yamaha MioJ enggak bisa stasioner, Bersihkan ISC-nya saja… […]

4. Warna Baru YZF-R3 di Eropa… R25 menyusul? | cicakkreatip.com - September 25, 2015

[…] Baja juga : Yamaha MioJ enggak bisa stasioner, Bersihkan ISC-nya saja… […]

5. Pertanyaan pembaca, fungsi setelan udara di Yamaha Vixion itu apa? | cicakkreatip.com - September 30, 2015

[…] Baca juga tip yang ini : Yamaha MioJ enggak bisa stasioner, Bersihkan ISC-nya saja… […]

6. Aldth - Oktober 1, 2015

Kalo diberes termasuk servis ringan ya om ?

cicakkreatip.com - Oktober 1, 2015

betul sekali 😀

7. IAT motor - Oktober 1, 2015

motor matic injeksi harus dilakukan perawatan secara rutin hal ini guna menghindari kerusakan permanen pada system injeksinya.

cicakkreatip.com - Oktober 1, 2015

sipp…. 😀

Abd - September 4, 2016

Bang mau tanya masalah isc mio j,kalo misalnya pernya itu ga kepasang itu pengaruh ga?

8. karno tell - Oktober 2, 2015

sekalian tanya..klo buka n servis sdri throttle injeksi tanpa sarung tangan khusus injeksi gapapa, Om?

dulu smpat baca di tabloid motor klo servis injeksi harus mggnkan sarung tangan khusus tsbut krn jk tidak akan mengacaukan aluran gas..bla bla bla..

mohon pencerahannya om cicakkreatif.

9. Abidin - September 8, 2016

Ass,kang per isc saya ilang,kira2 per yang masuk ke isc mio j apa ya?mohon infonya

10. cicakkreatip - September 15, 2016

@Karno : Sebenarnya sih kalau pengalaman saya enggak apa apa, namun untuk menghindari kinerja sensor yang ada di throttle kurang sensitive karena adanya kotoran dari tangan kita ya lebih baik pakai sarung tangan…

11. cicakkreatip - September 15, 2016

@Abidin : Wah kalau itu kebetulan saya belum pernya nyobain, tapi temen cicak jurnalis Otoplus pernah nyba buat alternatif pakai pernya bolpoint 😀

Abidin - September 17, 2016

Oh gitu,ok kang makasih infonya ntar saya coba pake per bolpoint

12. cicakkreatip - September 18, 2016

Abidin : Sama sama….tq kunjungannya 😀

13. Amin - Oktober 6, 2016

Salam kenal boss saya kan servis isc mio gt di beres eh pas mau di pasang lagi jadi erorr langsam nya ndut2 an kaya mobil toronton lama banget tuh si mekanik ngerjain nya sampe kepala mekaniknya yang ngerjain tetep aja ga bisa,tapi pas per nya ga di pasang sama mekanik itu jadi normal,tapi saya takutnya macet kalo kotor lagi isc nya,sebenernya bisa ga sih itu per nya di pasang lagi,soalnya mekaniknya bilang,kalo isc udah di lepas itu waktu di pasang per nya ga ikut di pasang,gimana tuh boss?

cicakkreatip - Oktober 6, 2016

Salam mas Amin…. pengalaman saya, kalau ISC sudah dibersihkan supaya RPM tidak ndut ndutan, atau supaya tidak tinggi, maka ISC harus di reset ke angka 00. Bisa dibaca di artikel saya disini… http://cicakkreatip.com/2016/08/24/yamaha-mioj-tidak-stasioner-reset-isc-saja-belum-cukup/

14. Amin - Oktober 6, 2016

Kalo di reset isc nya ke 00 sudah bos sama mekaniknya,tapi tetep aja erorr,apa isc saya nya kali ya yang eror jadi ga bisa normal tuh langsamnya,tapi yang aneh nya kalo pernya ga di pasang normal,jadi bingung bos saya mah ini,giman bos solusinya?

15. cicakkreatip - Oktober 10, 2016

Kalau boleh tau di bengkel resmi atau bengkel umum service-nya?
Selain reset pastikan lubang ISC tidak ada kotoran yang kebawa disaat memasang, seal O-ring enggak kelipat, Posisi pemasangan ISC pas, Per ISC tidak miring…. ada juga penyebab ISC gagal fungsi.. http://cicakkreatip.com/2016/09/21/selang-isc-robekmotor-mati-mendadak-saat-berhenti-traffic-light/

16. Amin - Oktober 11, 2016

Saya dulu servis nya di bengkel resmi boss,kalo isc sama lubang nya sih sudah di bersihin pake pertamax yang di ambil dari tanki saya,tapi tetep aja ga bisa,coba ntar saya seris nya di bengkel resmi yang lain lah siapa tau bisa,ok boss trimakasih atas saran dan infonya,poko nya lanjut trus boss ngeblog nya info nya bermanfa’at banget.

cicakkreatip - Oktober 12, 2016

Siap mas Amin…tq juga sudah mau membaca artikel – artikel saya hehehehe 😀

Atho' - Januari 10, 2017

Bang cicak kl langsam trus membesar atau bantol (jawa) apa ISC ny yg d sett ?

17. iwan - Februari 7, 2017

mau nanya bos… klo mio j langsam ok..d gas dikit aja ga bisa… skali dapet gasnya getar bgat bos…abis itu ngendat ndat ga bisa d gas… apa itu isc nya ya bos… tapi alat saya ga ad untuk reset k 00 bos..bisa manual ga… cara2 gmana bos

cicakkreatip - Februari 8, 2017

kalau riset isc gak ada manual mas…adanya pakai diagnostic tool. ada kok diagnostic tool lokal yang murah..bisa lihat disini mas…http://cicakkreatip.com/2016/08/16/yamaha-dan-honda-diagnostic-tool/

18. Rio devani - Juli 14, 2017

Bang mau tanya ni.. aku udah bongkar iscnya mio j.. tpi tetep aja gak mau normal hidupnya.. mlahan tmbah susah hidup.. mohon bantuannya kang

19. cicakkreatip - Juli 14, 2017

Hallo mas Rio, setelah di bongkar dan dibersihkan, sudah diriset belum ISC nya jadi 00. Coba baca artikel lanjutan tentang ISC disini mas.. http://cicakkreatip.com/2016/08/24/yamaha-mioj-tidak-stasioner-reset-isc-saja-belum-cukup/

20. marsugeng baib - Juli 25, 2017

bang mio j saya langsam tinggi kira kira apanya ya bang

21. cicakkreatip - Juli 25, 2017

@marsugeng baib : Tingginya bagimaa mas? tiba tiba tinggi atau tinggi setelah di service? bisa dijelaskan lebih detail?

22. alfian - Agustus 30, 2017

Bang, mio soul gt ane abis di service injektor, per di isc nya ga dipasang lgi sama mekanik, alhasil ilangtuh per, dan tarikan motor jadi berat, maksimal 60km/h dan boros. Mau nerapin pake per pena, tapi takut malah rusak. Ada solusi ga?

23. septian - Oktober 6, 2017

mas mau tanya soal mio gt,
1. kalo gasnya dimainin kayak tarik lepas tarik lepas, itu kayak yang mau mati setelah tarik dan dilepas, sebabnya apa ya?
2. kalo pas riding kadang mati mendadak misal pas lewat jalan lubang atau poldur, apakah sebabnya sama kayak pertanyaan 1?
fyi saya sudah ke beres tapi sepertinya tetap dan saya bongkar sendiri ga ada masalah pada kabel kabel, pernah ngalamin motor lain kabel hampir putus digigit tikus. minta tolong saran mas, makasih sebelumnya, sukses terus bloggingnya.. 🙂



%d blogger menyukai ini: