yamaha jatim yamaha jatim

Shell Advance Ultra With PurePlus

Benda yang bergerak pasti menimbulkan gesekan, gesekan pasti memicu keausan. Hal ini bisa dikaitkan dengan logam yang bergerak didalam mesin motor kita, dari pergerakan tersebut telah menghasilkan keausan, makanya untuk mengurangi gesekan dibutuhkanlah sebuah pelumas atau Oli mesin.

Tuntutan ekonomis dan efisiensi setidaknya membuat insinyur yang bergerak dalam bidang tersebut makin peras otak, hal ini bertujuan untuk menciptakan oli yang bisa memenuhi kebutuhan para pengguna masa kini. Layaknya Oli baru yang dikembangkan oleh Shell Lubricant dengan teknologi Shell Advance Ultra With PurePlus technology yang baru dirilisnya.

instagram cicakkreatip.com moladin

Selaku produsen Oli yang juga ikut sumbangsih dalam peredaran oli motor di pasaran ini telah menghadirkan oli baru, sebagi mana “Dalam pemakaian Oli mesin dibedakan menjadi dua hal, ada oli mesin untuk motor matic dan ada oli mesin untuk motor manual, dua duanya beda” tegas Zaki, Technical PT Shell Indonesia dalam acara presskon Shell Advance Ultrazone di lapangan Delta Plaza Surabaya, (8/8/2015).

Tipe busi Resistor dan tidak..?? Ingat…beda di kode dan beda aplikasinya di Motor..!

Lah bedanya apa? dalam hal ini “pembedanya bisa dilihat pada kode JASO-nya, motor matic memakai Jaso MB, sedangkan motor manual pakai Jaso MA” Imbuh Zaki. Dalam dunia oli kita wajib mengenal dua kode, ada kode API Service (american petrolium institute) Institusi Amerika yang menetapkan “grading” atau kemampuan sampai mana oli bisa bertahan. Sedangkan yang ke dua adalah kode JASO yang merupakan kepanjangan dari (Japanese Automotive Standar Association).

JASO merupakan lembaga dari Jepang yang mengecek dan menguji kualitas oli untuk kendaraan buatan jepang. Bedanya Jaso MA dan MB ada pada zat aditiv yang terkadung, JASO MA mempunyai zat aditiv agar senyawa dengan kampas kopling, hal ini ditunjukkan agar kopling tidak mudah selip, hal ini meningkatkan daya gesekan pada kopling.

Untuk JASO MB kebalikannya, karena dipakai untuk jenis kopling terpisah, kopling tidak terendam oli mesin alias kopling kering (motor matic), maka oli diberi kandungan molybdenium, atau zat aditiv “friction modifier”, hal ini menambah tingkat kelicinan oli sehingga dapat meningkatkan performa motor matic.

API Service pada Spek Oli… wajib dimengerti sebelum menerapkan Oli pada motor kita…!!

Kalau oli matic dipakai pada oli manual gimana? sudah dipastikan enggak disarankan, bakalan selip. Lah wong zat aditiv-nya beda gan..!! lebih baik memakai oli rekomendasi dari pabrikan, atau..bisa memakai oli lain yang jenisnya sama. Masih berani pakai oli sembarangan? MA dan MB jangan dilupakan bro ya!! 😀 semoga menambah wawasan – cicakkreatip.com

17 KOMENTAR

  1. Bru tau oli mtor yg murahan dikasih moly. Klopun dikasih palingan se’ucrit. Trus klo oli bt racing kaya motul 300v kan ada molynya.brrti bkin slip donk,pdhl dipake bt balap di motor kopling basah

  2. […] Jika memantau perkembangannya di beberapa derah yanga da di Jawa…mulai dari Nouvo Lele (Nouvo IT) dan Nouvo Z banyak diburu. Harganya juga makin selangit…coba cek harganya di toko online macam OLX. Harganya sekarang jadi jual mahal…rata rata mulai dari 3 sampai 9 juta’an pasarannya… itupun kalau kita hubungi konsumennya belum tentu ada, alias sudah terjual. Keren kan?? Baca juga : Apa boleh Oli Matic dipakai di Motor Manual..?? Baca saja..! […]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here