yamaha jatim yamaha jatim

pembacaan kode injeksi2

Sedikit berbagi wawasan kepada para pembaca setia cicak, dimana seiring dengan perkembangan motor injeksi dengan pernak pernik peralatan maintenance yang serba canggih, serba komputer dan hanya bisa dimiliki bengkel resmi saja. Jangan salah..motor injeksi juga bisa kita ketahui kondisinya trouble atau tidak, meski hal ini dilakukan dengan modal mata telanjang saja tanpa alat canggih!!

Sebagai konsumen kita bisa melihat kerusakan sistem fuel injection (FI) pada motor kita, dimana caranya dengan membaca kedipan lampu kerusakan yang muncul di speedometer. Cara baca kedipannya sudah cicakkreatip jelaskan pada artikel kemarin lusa (disini…). Untuk sekarang ini kita perdalam lagi cara membaca kode kerusakan dengan praktik langsung menghitung kode kerusakan melalui video yang sudah cicakkreatip buat, asyik kan!!

moladin

Baca juga: Ganti Busi Resistor dengan busi Non Resistor pada motor Injeksi…hati2 efek sampingnya..!!

Perlu diingat lagi, dalam melihat kerusakan bisa kita lakukan dengan memposisikan kunci kotak dalam posisi ON, lampu akan menyala kurang lebih 3 detik setelah itu mati, jika setelah itu enggak ada nyala lampu, hal tersebut menunjukkan kodisi fuel injection (FI) motor kita dalam kondisi normal. Tetapi..jika setelah itu disusul kedipan lagi, maka siap siap saja membaca kode kerusakan yang terdeteksi.

Perlu diingat lagi, nyala lampu ada 2 varian. Pertama…nyala lampu dengan durasi 1,5 detik (koversi angka kerusakan jadi nilai 10), dan nyala lampu dengan durasi 0.5 detik (koversi angka kerusakan jadi nilai 1). Istilah lain biar mudah membacanya, nyala lampu durasi 1,5 detik kita bilang saja nyala lampu lama, dan sebaliknya…nyala dengan durasi 0.5 detik kita baca nyala cepat, biar lebih mudah (lebih jelasnya baca artikelnya disini…).

pembacaan kode injeksi3

Paraktik kali ini cicakkreatip coba lepas soket sensor oil temperature milik Yamaha MioJ. Dalam hal ini kode kerusakan oil temperature sensor 28 akan muncul, berarti lampu durasi lama (1,5 detik) akan menyala dua kali dan lampu durasi cepat (0.5 detik) akan menyala sebanyak 8 kali.

Baca juga: Fungsi Thermo Sensor pada motor Injeksi….!!

Jika ditotal 1,5 detik x 2 = 10 x 2 hasilnya 20 dan 0.5 detik x 8 = 1 x 8 hasilnya 8 jika ditotal jumlahnya adalah 28. 28 merupakan kode kerusakan oil temperature sesor (suhu mesin). Coba sekarang dibaca kode kerusakan melalaui tayangan video dibawah ini supaya lebih jelas, silahkan di share jika sekiranya artikel ini berguna!! Jangan lupa artikel ini ada lanjutannya, diikuti terus artikelnya – cicakkreatip.com

Hp bisa melihat disini…

 

27 KOMENTAR

  1. Nanya donk om… Ada kemungkinan nggak yang rusak nggak cuma satu sensor aja dalam sekali pengecekan? Umpama ada 2 sensor yang rusak, kedipan yang muncul berurutan tiap sensor yang rusak atau gimana?

    Mohon pencerahannya… 🙂

  2. tanya dong om,

    apakah nilai varian di atas itu sama untuk semua merek motor( nyala lampu dengan durasi 1,5 detik
    (koversi angka kerusakan jadi nilai 10), dan nyala
    lampu dengan durasi 0.5 detik (koversi angka
    kerusakan jadi nilai 1).

    jika uji coba melepas salah satu sensor, berati akan timbul kedipan di spedometer, kemudian memasang kembali apakah perlu mereset ecm nya (kondisi motor sehat) maff ya om banyak tanya,terimakasih

  3. […] Setelah interview menggunakan jurus diatas, disini ditemukan bahwa teman kang Majid ini memakai motornya terus menerus untuk bekerja namun jarang masuk bengkel (jarang service). Jarang service termasuk jarang cek battery, jarang ganti oli, Jarang bersihkan filter udara, jarang gati busi juga dan lain sebagainya…bahkan menurut jawaban beliau, ketika ditanya kapan terakhir ganti oli? tau jawabnnya apa? lupa..beliaunya sampai lupa kapan terakhir ganti oli hehehe, bisa dibilang hampir satu tahunan yang lalu ganti olinya (kalau gak salah).  Dari kesimpulan diatas, bisa ditebak bahwa motor Xride yang dikendarainya tersebut mati mendadak (mogok) dikarenakan persoalan maintenance (jarang service). Baca juga : Belajar membaca kerusakan motor injeksi lewat kedipan lampu speedometer..! ni videonya.. […]

  4. Motor saya Soul GT 125 Tahun 2015 bln 12 permasalahannya kalau dinyalahkan kemudian digas pertama maka akan mati seperti motor kehabisan bensin dan lampu injeksinya nyala terus. Kedipan panjang 1 kali kedipan pendek 5 kali jadi total kedipan 15. Mohon saran dan penjelasannya pk. Makasih

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here